Hadapi Aktor dibalik Provokator

Pengirim: Purnomo , fphoer_ring@yahoo.com

Seiring dengan perjalanan waktu, jumlah visitor di http://persibo.bojonegoro.com semakin ramai, pengunjung itu tidak hanya dari anggota Boromania Cyber Community (BomBer) melainkan juga teman-teman Boromania yang lain, bahkan ada juga beberapa pemain Persibo yang berkunjung ke sini untuk bertegur sapa dengan pendukungnya lewat dunia maya. Selain itu kelompok suporter kesebelasan lain juga tidak jarang meluangkan waktunya untuk berkunjung ke sini.

Sisi positif dari banyaknya tamu yang berkunjung ke sini adalah menjadikan komunitas kita semakin dikenal. Tapi perlu diingat bahwa tamu yang berkunjung ke sini tidak selamanya memiliki niatan baik. Ada juga pengunjung yang ke sini hanya berniat untuk menebarkan fitnah, rasa antipati, serta kebencian dan dendam. Mungkin mereka inilah yang bisa disebut dengan provokator.

Kemudian pertanyaannya, apa yang harus dilakukan dalam menghadapi seorang Aktor dibalik Provokator? jawabannya adalah dengan ilmu, kecerdasan, dan tentu saja tanpa menggunakan kekerasan. Mengapa? jika kita menghadapi seorang provokator dengan menggunakan “kekerasan”, maka permasalahan yang ada akan sulit untuk dapat segera diselesaikan. Bahkan bisa jadi pertikaian akan tidak bisa dihindarkan.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh seorang Dewan Penasihat Boromania Cyber. Beliau mengatakan “Kita ini bukannya mudah diprovokasi, melainkan hanya ingin beradu argumentasi, siapapun orangnya pasti akan tersinggung kalau ada pihak lain yang melayangkan kata-kata kurang berkenan/tidak sopan. Namun jangan sampai menghadapinya dengan kekerasan melainkan lewat bahasa tulisan atau perkataan. Ingat pada dasarnya kita ini suporter yang cinta damai serta anti anarkis. Tapi bukan berarti kalau kita diprovokasi hanya diam saja, itu salah besar. Tunjukkan pada dunia bahwa kita ini komunitas suporter yang terdidik dan tidak suka menjadi aktor seorang provokator”.

22 Responses to “Hadapi Aktor dibalik Provokator”

  1. Hamid
    May 13, 2009 at 5:42 pm #

    Awas onde2 mambu…wkeke

    [Reply]

  2. d'bobo
    May 13, 2009 at 5:44 pm #

    Harusnya tulisan ini ditaruh halaman depan
    Atau postingan palin atas

    Tulisan yang bagus
    Dan saya pribadi setuju dg apa yg di kemukan mas pur di atas

    [Reply]

    Hamid Reply:

    Ki yo ws nuk ngarep kok bo..ngarep no 2.lak yo to mas wid??

    [Reply]

  3. Ngip
    May 13, 2009 at 5:45 pm #

    HATI-HATI aja menghadapi Provokator…
    Secara Pribadi Aku juga sering membuat WEB ini rusuh, kisruh or rame tapi aku tidak ada niat untuk memprovokatori teman-teman sampai membuat marah orang laen tetapi niat aku agar kita semakin akrab satu sama lain dengan menggunakan bahasa yang cenderung Bercanda…

    SAYA PRIBADI MENGUCAPKAN MAAF JIKA MEMBUAT KATA-KATA yang BERSIFAT MEMPROVOKASI REKAN-REKAN

    BERJUANG TERUS BROTHER…….

    [Reply]

    Hamid Reply:

    Nyadar jebule..wkekeke

    [Reply]

  4. apri BORO KALTIM
    May 13, 2009 at 5:47 pm #

    # 1

    [Reply]

    Hamid Reply:

    Apane sg # 1??

    [Reply]

  5. El ninu
    May 13, 2009 at 6:50 pm #

    Iyo kadang aq yo ra nyambung ma omongan ne temen2,soale kadang pembicaraan di YM di tulis di koment,jadina bnyk temen2 yg gak sering nimbrung di Conference YM pada bingung,jg kadang pda ngeluh”MALES”..soalna gag ngerti

    [Reply]

  6. boromania anti LA-ultras
    May 13, 2009 at 6:55 pm #

    saduk iwae sing provokator kui

    [Reply]

  7. prashommer
    May 13, 2009 at 8:07 pm #

    Provokator merupakan ujian bagi kita dalam menuju kemajuan persibo pd umumnya dan web kita pd khususnya…

    [Reply]

  8. Doellah
    May 13, 2009 at 10:02 pm #

    Resikone wong gnteng..terkenal..populer yo bs dimaklumi..PERSIBO PERSIBO…TUNJUKKAN TAJIMU.

    [Reply]

  9. Anoman
    May 13, 2009 at 10:07 pm #

    @elninu
    Se7 dab!

    [Reply]

  10. Sanun
    May 13, 2009 at 10:46 pm #

    Aku sangat respek banget ama web ini, tp yg aku ngak suka (mls) akhir2 ini banyak komen2 yg mengundang permusuhan dg suporter lain, kayak yg di atastu gak usah pakai anti suporter lain. Walaupun aku jg gak suka ama LA mania tp gak usah ditls spt itu piss.

    [Reply]

  11. nogo5amin
    May 13, 2009 at 10:47 pm #

    Hadapi aktor dibalik kolor dengan kalkulator naik motor tanpa vibrator

    [Reply]

  12. Doellah
    May 14, 2009 at 1:30 am #

    Caiyo..!!dgn ktekunan dan ksbran serta kemauan pasti bisa?!!!
    @nogosamin
    koq pke kolor,??hikz..

    [Reply]

  13. DIMZ
    May 14, 2009 at 5:17 am #

    Provokator = BANCI..

    [Reply]

  14. DIMZ
    May 14, 2009 at 5:20 am #

    @all

    tp kata2q kmrn gk mnunjukan klo aq terprovokasi lo.aq hanya coba membalaz apa yg mreka lakukan..lagian kata2q g ada misuh e.cuma ngetrek2 tog..

    [Reply]

  15. vela boromania
    May 14, 2009 at 5:21 am #

    benar apa yang ditulis mas pur.dalam menanggapi kommentar yang sifatnya memprovokasi.sebenarnya kita sendiri yang harus pinter2 nanggepinnya,kalo bisa gak usah pake bahasa yg kotor2………salam kenal buat cyber boromania smua dari saya BOROMANIA X-TIDU.tq

    [Reply]

    nogo5amin Reply:

    @ vela
    Pean kalitidu ndi?
    Aku mayanggeneng boz

    [Reply]

  16. BoRovers
    May 14, 2009 at 7:51 am #

    Provokator..tetangga damai bersaudara.

    [Reply]

  17. Ojie
    May 14, 2009 at 10:21 am #

    Mesti kui sing ga seneng karo persibo

    [Reply]

  18. vela boromania
    May 14, 2009 at 4:14 pm #

    ayoo@ nogo5amin
    Sorry bos baru online. aq X-tidu ngraho mas….. udah lama tinggal di surabaya walaupun aq udah ber-KTP surabaya tp aq cinta mati ama persibo tim tanah kelahiranku.berjuang terus persibo juara copa n persebaya juara div.utama……tq

    [Reply]

Leave a Reply