Hadapi Piala Gubernur, Libur Dikurangi

Jatah libur para pemain Persibo Bojonegoro diperpendek. Itu sebagai bentuk persiapan untuk terjun ke Piala Gubernur Jatim IX yang bakal digelar mulai 21 Agustus mendatang.

”Kalau rencana awal, libur awal puasa akan saya buat seminggu,” kata pelatih Persibo, Sartono Anwar.

Dia menuturkan, karena adanya Piala Gubenur itulah akhirnya ada perubahan rencana dan jadwal latihan. Mantan pelatih timnas Indonesia itu menjelaskan, untuk libur awal puasa sendiri dimulai kemarin pagi. Sementara pada Jumat sore (13/8) para pemain sudah akan mulai latihan rutin kembali. ”Jadi liburnya hanya lima hari,” tuturnya.

Mengenai persiapan untuk terjun di Piala Gubernur, Sartono memastikan Persibo tidak ada masalah. Bahkan, ajang tahunan tersebut bakal dimanfaatkan untuk melengkapi skuadnya karena akan banyak pemain seleksi yang diterjunkan. Dia juga bakal menerjunkan sejumlah pemain muda Bojonegoro dalam ajang tersebut. ”Kalau nggak ada, tentu kami akan pakai pemain yang ada termasuk pemain magang dan hasil binaan kompetisi internal,” ungkapnya.

Sartono berharap dalam beberapa hari kedepan Persibo sudah bisa menambah pemain. Namun, dia enggan menjelaskan pemain yang dimaksud.

Mantan arsitek PSIS Semarang itu merasa diuntungkan dengan dekatnya Piala Gubernur. Alasannya, sejumlah pemain yang kini sudah resmi direkrut mayoritas merupakan pemain lama Persibo saat di Divisi Utama. ”Jadi mereka masih solid. Kalaupun ada perubahan ya satu dua pemain,” kata dia.

Meski ada jatah libur, namun para pemain tak bisa berleha-leha. Sebab, Sartono memberikan menu latihan pengganti untuk dilaksanakan di rumah sehingga saat kembali latihan nanti kondisi para pemain masih terjaga. ”Dan puncaknya saat Piala Gubernur mereka sudah siap,” imbuhnya.

Dalam ajang Piala Gubernur tahun ini, Persibo masuk Grup D bersama Persik Kediri, Mojokerto Putra, dan Persekam Metro FC Malang.