Inginkan Gelandang Asing

Pelatih Persibo Bojonegoro Sartono Anwar menginginkan gelandang asing jika memang aturan memperbolehkan memiliki empat pemain asing dan tiga di antaranya diperbolehkan main dalam suatu pertandingan.

“Ya, kalau misalnya ada aturan membolehkan, saya akan tambah posisi gelandang serang,” kata Sartono Anwar kemarin.

Hanya, dia menjelaskan saat ini belum ada aturan pasti mengenai hal tersebut. Sartono kemudian menuturkan saat ini banyak sekali suara dari masyarakat mengenai tim Persibo Bojonegoro yang intinya memberikan saran. Salah satunya, menurut dia, meminta agar Victor Da Silva dikembalikan ke posisinya sebagai pemain belakang. “Jika demikian maka kita bisa memainkan pola 3-4-3 saja,” tuturnya.

Sebab, biasanya pemain asal Brasil itu ditempatkan sebagai gelandang jika Persibo memainkan pola 4-4-2. Namun, meski demikian jika dia menemukan gelandang yang bagus maka pilihan menempatkan Victor di belakang juga tidak ada masalah.

Mengenai hasil evaluasi di turnamen segitiga Piala Kampoeng Semawis di Semarang, dia menjelaskan ada beberapa faktor. Di antaranya adalah grafik pemain yang tak maksimal saat kalah adu pinalti dari PPSM Magelang. “Saat itu kita main bagus hanya 20 menit saja,” kata dia.

Sementara saat lawan tuan rumah PSIS, intinya adalah penyelesaian akhir yang kurang bagus. Sebab, meski memiliki banyak peluang emas namun gagal membuahkan gol. “Sementara tuan rumah hanya punya dua peluang dan salah satunya jadi gol,” tuturnya.

Hal ini, lanjut dia, dikarenakan saat ini materi latihan yang dilakukan adalah tahap finishing touch (penyelesaian akhir). Karena itu, dia masih melihat wajar banyaknya peluang yang tak jadi gol saat melawan PSIS Semarang.

Sementara, sore ini tim Persibo akan kembali berlatih rutin setelah libur dua hari usai babak belur di turnamen segitiga Piala Kampoeng Semawis. (ade/jpnn)