Iswandi Da’i Optimis Menang

Copa IndonesiaNada optimistisme tetap muncul di dalam tim Persibo Bojonegoro. Meski kalah telak 0-5 dari Sriwijaya FC Palembang pada leg pertama 8 Besar Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009, namun Persibo tak ingin menyerah begitu saja.

Mereka tetap akan memberi perlawanan meskipun tidak harus bertanding di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada leg kedua babak 8 Besar, Senin (15/6). Hanya, Persibo menyadari butuh keajaiban bila ingin mengejar defisit lima gol.

“Kami yakin menang, tapi untuk mengejar lima gol jelas tidak mudah. Meski segala kemungkinan masih bisa terjadi, tapi sulit bagi kami untuk mengalahkan mereka dengan skor besar,” kata kapten Persibo Iswandi Da’i. “Situasinya mungkin berbeda kalau kami hanya kalah 1-2 atau 0-2. Kami bisa mengejar ketinggalan gol,” lanjutnya .

Persibo memang membuat kejutan besar dengan melaju ke 8 Besar. Hanya, mereka sudah harus bertemu dengan Sriwijaya FC yang berstatus juara bertahan.

Meski demikian, Laskar Angling Darmo sempat memberi perlawanan pada pertemuan pertama di Palembang. Apalagi, striker Samsul Arif mencetak gol meski akhirnya dianulir. Sejak itu, moral pemain langsung anjlok sehingga mereka tak mampu memberi perlawanan terhadap Sriwijaya FC.

“Kami tak bisa bangkit. Padahal, saat itu saya yakin kami masih bisa memberi perlawanan. Bahkan saat kebobolan gol pertama, kami tetap optimistis,” jawab gelandang berusia 28 ini.

Semangat pantang menyerah diperlihatkan pasukan Sartono Anwar untuk mengimbangi permainan menyerang Laskar Wong Kito. Menurut Iswandi, kunci utama menghadapi tim-tim Liga Super adalah kemauan keras memenangkan pertandingan. Terbukti, kemauan keras Persibo sukses menjungkalkan tim-tim Liga Super seperti Arema FC Malang dan Pelita Jaya Jabar.

“Mereka memang memiliki keunggulan teknik. Tapi terpenting adalah kemauan keras saat menghadapi mereka. Itu kuncinya,” tandas Iswandi yang belum berpikir meninggalkan Persibo meski mendapat tawaran dari klub-klub Liga Super.(dss)

Tags: