Izin Ujicoba Lawan Persebaya Tidak Keluar

Rencana uji coba Persibo Bojonegoro menjamu Persebaya yang ikut Liga Primer Indonesia (LPI) pada 30 Desember lusa, akhirnya gagal dilakukan. Sebab, izin dari kepolisian sampai Selasa (28/12/2010) masih terganjal dan belum keluar. Bahkan, dengan tegas Polres Bojonegoro menolak karena alasan kerawanan.

Kepada beritajatim.com, Kapolres Bojonegoro AKBP Widodo mengatakan, jika izin yang masuk ke pihaknya sangat mendadak, yakni hanya dua hari sebelum pertandingan. Setelah mempelajari permohonan izin itu, akhirnya pihaknya telah memutuskan untuk tidak mengeluarkan izin pertandingan yang rencananya digelar di Stadion Letjen H Soedirman.

“Tingkat kerawanannya cukup tinggi, sehingga kita tidak izinkan,” katanya.

Sebab, menurut masukan dari intelejen, saat pertandingan digelar akan banyak memunculkan reaksi. Itu terbukti saat pertandingan di Surabaya juga tidak disetujui.”Akhirnya pertandingan di lempar ke Bojonegoro, dan kami jelas mempertimbangkan semuanya itu,” terangnya.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kapolres KP3 Tanjung Perak itu menerangkan, jika alasan lain yang lebih mendasar adalah terbatasnya personil keamanan di pihaknya.
Sebab, sekarang ini semua personil sudah diposkan ke beberapa titik untuk operasi lilin yang sifatnya lebih nasional.

“Kami tidak ingin mengambil resiko dengan melaksanakan kegiatan lokal seperti sepakbola ini,” tambahnya.

Apakah pihaknya mendapatkan kontak dari Polda Jatim ? Widodo membantah. Jika pihaknya mempertimbangkan karena aspek keamanan semata, bukan yang lainnya.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Menejer Persibo Letkol Inf Taufiq Risnendar,” lanjutnya.
Menurutnya, tidak mungkin pengamanan sepak bola seperti itu hanya dari TNI saja. Sebab, pihaknya yang bertanggungjawab atas keamanan penyelenggaraan.

“Kalau setelah tahun baru mungkin beda ceritanya, dan kemungkinan kita juga bisa mengizinkan. Semua ini tidak ada masalah,” sambungnya.(dul/ted/beritajatim.com)