Johar: Sembilan Tim Layak Masuk Liga Profesional

Sembilan tim telah dinyatakan layak masuk dalam liga profesional yang akan diwacanakan oleh PSSI di musim mendatang, kata Ketua Umum PSSI Johar Arifin Husin, Senin.

Kesembilan tim itu adalah enam dari Liga Super Indonesia (LSI) yakni Sriwijaya FC, Semen Padang, Arema Indonesia, Deltas Sidoarjo, Persib Bandung serta Pelita Jaya, dan tiga di antaranya dari Liga Primer Indonesia (LPI) meliputi Persema Malang, Persibo Bojonegoro dan PSM Makassar.

“Untuk tim lain bukan berati tidak layak, namun berdasarkan pengamatan saya sembilan tim itu sudah sangat layak jika masuk dalam kompetisi profesional mendatang,” kata Johar dalam kegiatan “Menapak Masa Depan Sepak Bola Indonesia” di Kota Malang, Jawa Timur.

Djohar menjelaskan, kalayakan tim tersebut dinilai dari lima syarat yang telah ditetapkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), yakni aspek legal, finansial, administrasi personal, “supporting” dan infrastruktur.

Sementara bagi tim yang tidak bisa memenuhi kelima syarat, ada dua pilihan, yakni menjadi klub amatir atau digabung dengan salah satu klub di LPI.

Djohar mengatakan, kelima syarat yang ditetapkan oleh AFC tersebut sudah tiga tahun lalu disampaikan ke Indonesia, namun apabila tidak dilakukan hingga 14 Oktober 2011, Indonesia terancam tidak bisa berlaga di ajang internasional.

Oleh karena itu, Djohar mengatakan, format kompetisi mendatang akan diserahkan sepenuhnya pada klub, apakah mengikuti ketetapan AFC atau tidak.

“Kalau mengikuti maka nantinya akan ada pembagian wilayah pula, karena pembagian wilayah bertujuan untuk meminimalisasi pengeluaran anggaran,” paparnya.

Sebab, selama ini anggaran klub banyak terserap pada pengeluaran transportasi, karena jarak yang ditempuh antarkota dan pulau sangat jauh.

“Untuk itu, nantinya akan kita bagi dengan berbagai wilayah, hal ini untuk menghindari borosnya anggaran pada transportasi, disamping itu juga akan didata berdasarkan urutan profeisonal klub tersebut,” katanya.(antarajatim)