Kami Ingin Sepakbola Fair Play

Dikirim oleh : Darto S.Pd I, fanzboromania (dar_to_82@yahoo.co.id)

Kami ini hanyalah kelompok masyarakat yang membutuhkan hiburan.
Kami hanyalah kelompok masyarakat yang ingin melihat sepak bola berjalan dengan sportifitas dan fairplay.

Tetapi keinginan seperti itu belum juga dapat saya nikmati di Liga Indonesia, masih banyak terjadi kejanggalan disana-sini, entah itu dari supporter atau dari sebuah klub. Banyak keputusan-keputusan yang di ambil otoritas pemegang sepak bola Indonesia yang kalau kita pikir jauh dari fair play. Dari oknum supporter sering kali berbuat anarkis akibat tidak terima dengan kekalahan timnya dengan alasan wasit kurang tegas dan memihak salah satu tim.

Dari klub itu sendiri sering kita jumpai sesuatu yang berbau tidak fair play, apakah itu ada hubungan dengan PSSI dan BLI yang terhormat, mereka yang tahu. Sebut saja kejadian pemberian hukuman pada pemain dan klub PSIR dengan enaknya dianulir dan diberi kebebasan, apakah ini suatu keputusan yang mendidik (lihat kasus Italia tidak pandang tim besar jika terbukti bersalah ya dihukum) ada apa dibalik keputusan itu?

Dengan alasan apapun kejadian kerusuhan itu tidak bisa dijadikan pembenaran atas tindakan anarkis. Tetapi BLI sebagai otoritas pemegang LIGINA juga harus melihat dan mencermati penyebab kenapa suporter sering berbuat anarkis, apa yang salah dibalik itu. Lihat dulu, pelajari dulu, bersikap objektif itu perlu. Kemudian sebuah klub bisa bebas dari hukuman kenapa bisa pertimbangannya apa? pantaskah keputusan itu dikeluarkan?. Setiap ada akibat pasti ada sebabnya tidak mungkin rokok menyala tanpa disulut dengan api. Jangan jadikan sepak bola sebagai branding politik hancur akibatnya dunia sepak bola Indonesia fair play akan tinggal slogan saja..