Kandas Oleh Penalti

Indonesia Super League: Persema vs Persibo 1-0
Gol tunggal dari tendangan penalti Seme Pierre Patrick pada menit ke-94, mengantarkan tuan rumah Persema Malang meraih kemenangan tipis 1-0 (0-0) atas Persibo Bojonegoro pada pertandingan Liga Super Indonesia di Stadion Gajayana Malang, Sabtu malam.

Wasit Iis Isya Permana menghadiahkan tendangan penalti di masa “injury time” untuk tuan rumah Persema, setelah tangan kapten tim Persibo Victor Da Silva menyentuh bola di kotak terlarang.

Tendangan penalti yang dilakukan Pierre Seme Patrick harus diulang dua kali, karena wasit melihat adanya pergerakan dari salah seorang pemain sebelum eksekusi penalti yang pertama.

Sebenarnya tendangan penalti kedua Seme Patrick mampu ditepis kiper Persibo Saefudin, namun bola tetap meluncur ke dalam gawang karena tendangan pemain asal Kamerun itu cukup kencang.

Pada babak pertama Persibo mampu mengimbangi permainan tuan rumah, bahkan hingga 45 menit berakhir kedudukan imbang 0-0.

Memasuki 45 menit babak kedua tuan rumah mulai keteteran dengan serangan dan tekanan-tekanan yang diperagakan anak asuh Sartono Anwar tersebut. Bahkan, beberapa kali peluang emas nyaris membobol gawang Persema yang dikawal Sukasto Effendi.

Apalagi setelah masuknya Dicky Firasat yang menggantikan Euguine Dadi, serangan Persibo semakin tajam dantuan rumah “Laskar Ken Arok” semakin kesulitan menahan gempuran lawannya.

Menit ke-71, tim tamu mendapat peluang emas ketika tendangan bebas Cucu Hidayat membentur tiang gawang. Sayang, bola muntah gagal dikonversi oleh Dicky Firasat yang baru masuk beberapa detik sebelumnya.

Dicky kembali membuang peluang ketika tendangannya yang sudah di mulut gawang pada menit ke-74 melambung. Menit ke-78 tendangan Reza Mustofa masih bisa diblok Saefudin.

Pada babak kedua, pelatih Persema maupun Persibo tak mau menyia-nyiakan kesempatan tiga kali pergantian pemain. Di kubu Persema tiga pemain yang diganti pelatih Timo sceunemann itu adalah Yogi Alfian digantikan M Kamri, Bima Sakti diganti Isac Wanggai, dan Ngon Mamoun digantikan Syamsul Huda.

Sementara di kubu Persibo Bojonegoro, tiga pemain yang diganti itu adalah Eugiune F Dadi digantikan Dicky Firasat, Sumardi diganti M Hamzah dan Cucu Hidayat digantikan Iswadi Dai.

Peluang satu poin yang sudah di depan mata dan akan di bawa pulang Persibo akhirnya melayang, setelah tendangan penalti Seme Patrick pada menit ke-94 mampu merobek gawang Saefudin.

Sepanjang 90 menit pertandingan wasit Iis Isya Permana mengeluarkan tiga kartu kuning, masing-masing untuk Jefri Dwi Hadi dan Ngon Mamoun (Persema) dan Achmad Sumardi (Persibo).

Susunan Pemain

Persema Malang: Sukasto; Yogi Alfian, Seme, Abanda, Khasan Sholeh; Reza Mustofa, Jefri Dwi Hadi, Robbie Gaspar, Bima Sakti; Irfan Bachdim, Ngon Mamoun.

Persibo: Saefudin; Achmad Sumardi, Aries Tuansyah, Eduardo Bizarro, Nurhidayat; Slamet Nurcahyo, Cucu Hidayat, M Irfan, Victor Da Silva; Eugene Dadi, Samsul Arif.