Kecewa dengan Kepemimpinan Wasit

Manajemen Persibo Bojonegoro kecewa dengan kepemimpinan wasit Iwan Sukoco dalam babak delapan besar Divisi Utama grup B melawan Deltras Sidoarjo, kemarin (23/5) sore. Dalam pertandingan tersebut, Persibo kalah 1-2 atas Deltras. “Kami kecewa dengan kepemimpinan wasit,” tegas Manajer Persibo Bojonegoro Letkol Inf Taufik Risnendar, kemarin petang.

Meski kalah, Persibo tetap lolos ke babak semifinal Divisi Utama dengan posisi runner up grup B. Persibo mengantongi nilai 6 dari tiga kali main dengan dua kali menang. Sementara Deltras menoreh nilai 7, dari tiga kali main, dua menang dan sekali seri, dan pemimpin grup B.

Taufik mengaku kekecewaan manajemen berlipat ganda. Selain mengalami kekalahan, sejumlah pemain Persibo juga menerima kartu kuning dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo itu. Bahkan, Melky Pelkey, pemain Persibo, harus keluar lapangan pada menit 63 akibat kartu merah.

Menurut dia, wasit pengkhianat pertandingan tersebut. Sebab di depan penonton, wasit bersikap tidak adil saat memimpin pertandingan. “Kepemimpinan wasit luar biasa. Dan itu pengkhianat bangsa,” ujarnya Dandim 0813 Bojonegoro itu.

Meski demikian, Taufik meminta agar manajemen dan para pemain tetap optimistis dan menatap pertandingan semifinal. Dia berharap, Aris Tuansyah dan kawan-kawan tidak terpancing dengan ulah wasit dalam pertandingan tersebut. Optimisme pemain harus tetap dijaga, karena sebagai modal menghadapi pertandingan mendatang. “Kita yakin lolos ke ISL (Indonesia Super League),” ujar mantan striker PSAD ini.

Sementara itu, pertandingan kemarin berlangsung dalam tensi tinggi. Sejumlah pemain kerap berbenturan di lapangan hijau. Sehingga kartu kuning kerap dikeluarkan wasit.

Bahkan, terjadi insiden kecil yang mengakibatkan Melky Pekey mendapat kartu merah, karena sebelumnya sudah mengantongi kartu kuning.

Di menit-menit awal, Laskar Angling Dharma membuat Stadion Gelora Delta Sidoarjo tak bersuara. Saat pertandingan baru dimulai, si bundar putih masuk ke gawang Deltras Sidoarjo yang dijaga oleh Dwi K. Gol pertama ini akibat bunuh diri yang dilakukan oleh pemain belakang The Lobster, julukan Deltras, saat hendak menghalau tendangan dari Perry S. Kollie.

Gol ini membuat pertandingan kian panas. Pada menit 34, Deltras mendapatkan penalti. Tendangan 11 meter ini berhasil masuk ke sarang Charles, penjaga gawang Persibo. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua laga kembali memanas. Hingga antar pemain berbenturan. Kartu kuning kembali keluar dari saku Iwan Sukoco dari Malang. Pada menit 84, wasit menunjuk titik putih lagi untuk kali kedua kepada Deltras, setelah penyerang Deltras berbenturan dengan Jajang Paliama. Melalui kaki Fahmi Amiruddin, Deltras mengungguli Persibo 2-1. Skor ini bertahan hingga laga berakhir. (rij/fiq)