Kecewa dengan Kepemimpinan Wasit

Manajemen Persibo Bojonegoro kecewa dengan kepemimpinan wasit Iwan Sukoco dalam babak delapan besar Divisi Utama grup B melawan Deltras Sidoarjo, kemarin (23/5) sore. Dalam pertandingan tersebut, Persibo kalah 1-2 atas Deltras. “Kami kecewa dengan kepemimpinan wasit,” tegas Manajer Persibo Bojonegoro Letkol Inf Taufik Risnendar, kemarin petang.

Meski kalah, Persibo tetap lolos ke babak semifinal Divisi Utama dengan posisi runner up grup B. Persibo mengantongi nilai 6 dari tiga kali main dengan dua kali menang. Sementara Deltras menoreh nilai 7, dari tiga kali main, dua menang dan sekali seri, dan pemimpin grup B.

Taufik mengaku kekecewaan manajemen berlipat ganda. Selain mengalami kekalahan, sejumlah pemain Persibo juga menerima kartu kuning dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo itu. Bahkan, Melky Pelkey, pemain Persibo, harus keluar lapangan pada menit 63 akibat kartu merah.

Menurut dia, wasit pengkhianat pertandingan tersebut. Sebab di depan penonton, wasit bersikap tidak adil saat memimpin pertandingan. “Kepemimpinan wasit luar biasa. Dan itu pengkhianat bangsa,” ujarnya Dandim 0813 Bojonegoro itu.

Meski demikian, Taufik meminta agar manajemen dan para pemain tetap optimistis dan menatap pertandingan semifinal. Dia berharap, Aris Tuansyah dan kawan-kawan tidak terpancing dengan ulah wasit dalam pertandingan tersebut. Optimisme pemain harus tetap dijaga, karena sebagai modal menghadapi pertandingan mendatang. “Kita yakin lolos ke ISL (Indonesia Super League),” ujar mantan striker PSAD ini.

Sementara itu, pertandingan kemarin berlangsung dalam tensi tinggi. Sejumlah pemain kerap berbenturan di lapangan hijau. Sehingga kartu kuning kerap dikeluarkan wasit.

Bahkan, terjadi insiden kecil yang mengakibatkan Melky Pekey mendapat kartu merah, karena sebelumnya sudah mengantongi kartu kuning.

Di menit-menit awal, Laskar Angling Dharma membuat Stadion Gelora Delta Sidoarjo tak bersuara. Saat pertandingan baru dimulai, si bundar putih masuk ke gawang Deltras Sidoarjo yang dijaga oleh Dwi K. Gol pertama ini akibat bunuh diri yang dilakukan oleh pemain belakang The Lobster, julukan Deltras, saat hendak menghalau tendangan dari Perry S. Kollie.

Gol ini membuat pertandingan kian panas. Pada menit 34, Deltras mendapatkan penalti. Tendangan 11 meter ini berhasil masuk ke sarang Charles, penjaga gawang Persibo. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua laga kembali memanas. Hingga antar pemain berbenturan. Kartu kuning kembali keluar dari saku Iwan Sukoco dari Malang. Pada menit 84, wasit menunjuk titik putih lagi untuk kali kedua kepada Deltras, setelah penyerang Deltras berbenturan dengan Jajang Paliama. Melalui kaki Fahmi Amiruddin, Deltras mengungguli Persibo 2-1. Skor ini bertahan hingga laga berakhir. (rij/fiq)

33 Responses to “Kecewa dengan Kepemimpinan Wasit”

  1. www.facebook.com/syarief87
    May 24, 2010 at 11:13 am #

    Ayo Boromania, kita oranyekan Stadion Manahan Solo.

    [Reply]

  2. paser metropolis tangeran
    May 24, 2010 at 11:31 am #

    begitulah adanya deltras, dulur. main ra tau sportif&fair play. njaluk pinalti terus…
    jan ra mutu bgt.

    [Reply]

    Anoman Reply:

    Bner bgt dulurrr…
    Sgt disayangkan semua ini…
    Mereka meraih kemenangan dg cara yg tdk sportif dan haram…
    Buat paserbumi,keep your spirit braderr!!!

    [Reply]

  3. www.facebook.com/syarief87
    May 24, 2010 at 11:40 am #

    Biarlah rakyat Indonesia yg menilai sendiri kinerja wasit yg telah mencoreng dan mencederai fair play yg didengungkan sebelum pertandingan. PSSI seolah tak mau tahu dan menutup mata serta telinga, Perangkat Pertandingan (termasuk di dalamnya wasit dan asisten, dll) mjd aktor penting dlm menentukan kemenangan sebuah tim melalui keputusan2 yg kontroversial dan merugikan serta menguntungkan salah satu pihak, sedangkan ANTV sbg stasiun yg mpy hak siar penuh seolah-olah menutupi kekurangan dgn melakukan cutting (sensor) saat wasit memberikan keputusan kontroversial seperti tdk melakukan replay baik saat terjadi pelanggaran yg kontroversial maupun saat terjadi penganuliran gol serta saat pemain terjebak offside.
    Ketiga elemen inilah yg mencederai fair play, Trio Dajjal.

    [Reply]

  4. G0nDr0nG____E&.
    May 24, 2010 at 11:46 am #

    Sabarlah kawan memang bisax lg begitu..!
    Allahlah yg membalasx….!
    Ibarat Nasi sdh menjadi bubur.
    Yg penting ISL.
    Ayo Oranyekan manahan SOLO.
    DAMAI BERSAUDARA SE INDONESIA.

    [Reply]

  5. Orange_Army
    May 24, 2010 at 12:06 pm #

    Kita buktikan bersama-sama bahwa Wasit PSSI tidak bisa mengalahkan Persibo, sesungguhnya pertandingan semifinal mendatang lawan Persibo bukan Persiram melainkan iblis2 PSSI itu…!!!

    ISL were Coming…!!!

    [Reply]

  6. Boro 'ngatam'
    May 24, 2010 at 12:15 pm #

    khusus group B 8 besar liga joss dipimpin oleh wasit yang bobrok mentalnya, dimana para petinggi pssi hari minggu sore, apakah menonton siarang langsung deltras vs Persibo ataukah lagi weekend di anyer / sukabumi, mana hinca panjaitan ketika wasit dilecehkan supporter pihak klub di denda tanpa boleh banding, tapi bagaimana bila klub dilecehkan oleh wasit yang memimpin pertandingan. Ora enek pantese blas bendera fair play di bentangkan sebelum pertandingan bila wasitnya kayak ta…

    [Reply]

  7. Swip_g "njArjo"
    May 24, 2010 at 12:22 pm #

    PSSI (Persatuan Setan Setan Indonesia)
    WASIT (WAni SIliT)

    [Reply]

  8. BoRovers
    May 24, 2010 at 1:07 pm #

    yg parah itu oknum pssi…jangan salahkan pssi..

    [Reply]

  9. www.facebook.com/syarief87
    May 24, 2010 at 1:14 pm #

    Setitik nila meminum air sebelangah, meskipun yg melakukan segelintir orang/oknum tapi yg mendapat sorotan negatif dr masyarakat dan media baik cetak /pun elektronik tetap PSSI. Kinerja PSSI nol (0) besar. Mosi tidak percaya.

    [Reply]

    sweedia Reply:

    lagi ngerti aku pepatah iki 😀
    gak plempoken kui si nila wkwkwk

    [Reply]

    BoRovers Reply:

    Yo ra to kang…kan minume setitik…wkwk.

    [Reply]

  10. www.facebook.com/syarief87
    May 24, 2010 at 1:14 pm #

    Setitik nila meminum air sebelangah, meskipun yg melakukan segelintir orang/oknum tapi yg mendapat sorotan negatif dr masyarakat dan media baik cetak /pun elektronik tetap PSSI. Kinerja PSSI nol (0) besar. Mosi tidak percaya…

    [Reply]

  11. gus wbl
    May 24, 2010 at 1:21 pm #

    BIKIN SURAT PROTES RESMI KE PSSI dan Kase tembusan ke KPK klo da indikasi suap (Mafia Wasit)..

    [Reply]

  12. Dsantos
    May 24, 2010 at 3:03 pm #

    tolong jika para petinggi PSSI melihat pertandingan persibo kontra deltras, apakah wasit seperti itu yg di pilih oleh PSSI????? kapan mau maju persepakbolaan indonesia,ayo kita benehi persepakbolaan indonesia junjung tinggi seportifitas biar anak2 bangsa bisa maju dan lebih baik lagi.

    [Reply]

  13. DANUE
    May 24, 2010 at 3:14 pm #

    TOLONG….PSSI….DI BENAHI DULU KINERJA WASIT…JANGAN ASAL DENDA BUAT KLUB….WASIT KAYAK…..TA……DI SURUH MIMPIN PERTANDINGAN…..

    [Reply]

  14. Hendra
    May 24, 2010 at 4:07 pm #

    Tolong PSSI PECAT semua wasit yang tidak Fair PLAY….

    [Reply]

    Mbah jogoleksono yunior Reply:

    Setuju kang, pokoknya wasitnya.. Wasit kok mbelgedhez tenanan.

    [Reply]

  15. Herwin
    May 24, 2010 at 4:34 pm #

    Payah wasit Indonesia, kalau masih seperti ini ulah Perwasitan di Indonesia
    jangan mimpi PSSI bisa berlaga pentas Dunia atau minimal Asia Tenggara.
    Jangan pemain saja yang kena kartu merah ! Wasit yang Korup dan Suap Harus di Kartu Merah bahkan Kartu Hitam kelam sekelam baju Wasit.

    [Reply]

  16. kempet boromania suroboyo
    May 24, 2010 at 4:50 pm #

    Tolong Buat Management Persibo & Boromania Layangkan Protes ke Komosi Disiplin PSSI,bahwa pertandingan 8 besar Divisi Utama sarat dengan kecurangan yang di lakukan oleh wasit.
    management Persibo & Boromania jangan diam saja,Secara resmi kita harus ajukan protes scr resmi,karena jika tidak kita sama saja mengamini pertangdingan kemarin.
    Buat KANG BASAR tolong disampaikan aspirasi pecinta Persibo di seluruh dunia.
    Harga Diri Bangsa kita lewat sepak bola telah dihancurkan oleh wasit-wasit yang tidak netral & selalu kalah dengan uang.
    Sudah saatnya kita bangkit dari terpuruknya sepak bola indonesia.
    PERSIBO & BOROMANIA HARUS/WAJIB PROTES KE KOMDIS PSSI TENGTANG KEPEMIMPINAN WASIT SECARA RESMI (PER-SURAT) BUKTI KECURANGAN TELAH NYATA DISAKSIKAN DISELURUH DUNIA DAN PASTI ADA COPY PERTANDINGAN KEMARIN.HANCURKAN WASIT YANG KORUPTOR YANG BISA KONG KALIKONG YANG ADA DI PSSI.

    [Reply]

    bojesz Reply:

    PERCUMA klo protes ke BLI, LANGSUNG LAPOR KE FIFA aja. berkaca dari persikad vs psmp

    [Reply]

  17. Paserbumi Kemusuk
    May 24, 2010 at 6:16 pm #

    selamat berjuang di semifinal-final dulur boromania-persibo, awas musuh terberat team kalian adlh wasit a*u , paserbumi mendukungmu, team yg mengedepankan sportifitas….boro-bumi one heart one soul

    [Reply]

  18. wiejoeyoe
    May 24, 2010 at 6:32 pm #

    Apa salahQ apa salah kotaQ hingga kau(wasit)membela Deltras??????

    [Reply]

  19. Mbah jogoleksono yunior
    May 24, 2010 at 6:41 pm #

    Perjuangan memang penuh dengan onak dan duri.

    [Reply]

  20. BoRovers
    May 24, 2010 at 7:08 pm #

    klau protes ditrima..trus 8 bsr diulang gimana?..saatnya fokus ke solo…mudah2an bs jadi saksi lngsung go to isl..

    [Reply]

  21. Boro gank" irenk
    May 24, 2010 at 7:53 pm #

    Budal yo ke solo 5 x nyuwun sewu pasopati nggih boromania mau tret tret ke manahan

    [Reply]

  22. mashuric_boromania di sragentina
    May 24, 2010 at 8:00 pm #

    sudah terbukti kan, ga usah terlalu emosi, kasian dpt kartu merah. mungkin kalo bersabar hasilnya laen yg diberikan Allah..

    [Reply]

  23. akhmad suryadi
    May 24, 2010 at 8:02 pm #

    PSSI kalau ingin sepakbola Indonesia ke pentas dunia tolong benahi wasit-wasitnya atau mungkin gaji wasit masih indonesia masih kurang sehingga mereka cari obyekan yang dapat menghasilkan uang, cara apapun halal yang penting uang, kalau begitu jangan harap tim merah putih akan berkibar didunia, asean saja saya rasa berat……..

    [Reply]

  24. deltamania
    May 24, 2010 at 8:10 pm #

    dulurku kabeh, kalau kalian bilang wasit kurang bagus saya setuju, tapi kalau kalian semua bialng deltras tukang suap saya tidak setuju, deltras lagi kesulitan keungan dulur, untuk bayar peamain aja deltamnia sampai bantu carikan sumbangan, terus untuk nyogok wasit???? pakai uang apa???
    salm damai deltamania…..

    [Reply]

  25. ngArep Stadion
    May 24, 2010 at 11:05 pm #

    WASITTTTTTTTTTTTTT……………..SEPERTI ITU
    ADA IJAZAH NYA GAK YA…………..
    GAK LAYAK PAKAI.
    SEMUA MATA SEINDONESIA MELIHAT DIRIMU YANG GAK PECUS.SIT WASITTTTTTTTTTTT

    [Reply]

  26. yus_garisKERAS
    May 25, 2010 at 4:52 am #

    Kita semua mendukung kebenaran,fairplay di lapangan,kita galang aja dukungan agar PSSI mau benahin sistem perwasitan yg ada di indonesia, agar para wasit cukup dengan gaji yg ia terima,bukan mencari sampingan dengan menerima SUAP,,,mari kembali fokus untuk ke manahan solo,kita tunjukkan totalitas dan militansi BOROMANIA di mata warga Indonesia bahwa di dimana PERSIBO berada BOROMANIA selalu bersamanya…… dan lebih baik apabila wasit berulah lagi…….. WASITE dan*** DIBUNUH SAJA…..

    [Reply]

  27. Kerja cerdas
    May 26, 2010 at 9:24 am #

    Strategi memang di perlukan. tapi kalau Strateginya Curang gitu perlu di hancurkan. bangkit PERSIBOku tercinta..

    [Reply]

  28. doel
    May 27, 2010 at 9:09 am #

    pastilah semua warga indonesia yang meyaksikan kecewa atas kinerja wasit yang pinpin pertandingan persibo vs deltras.
    bagaimana suporter nga brutal klau pertandingan dipimpin wasit kaya gitu….?

    [Reply]

Leave a Reply