Kekalahan yang ‘Menggembirakan’

Dua partai tandang Persibo Bojonegoro ke Malang menyuguhkan fakta yang cukup kontras. Pekan sebelumnya meradang karena merasa dikerjai Persema Malang, pekan selanjutnya senyum mengembang kala dijamu Arema FC.

Padahal dua pertandingan sama-sama berakhir kekalahan. Ya, kubu Persibo memang tak pantas menyesali kekalahan atas Arema FC 4-2 di Stadion Kanjuruhan, Minggu (17/10/2010) malam. Sebab, Persibo sudah jauh mengalami perkembangan dan itu menggembirakan.

Dibanding tiga lawan sebelumnya, penampilan Persibo cukup mengundang perhatian. Bertarung melawan tim pemegang status juara bertahan, Victor da Silva tampil dengan jantan. Berangsur-angsur tim berjalan normal seperti yang direncanakan.

Selain sudah menemukan karakter permainan, pemain anyar milik Laskar Angling Dharma sudah jauh lebih baik. Striker Eugene Dadi dan gelandang Kang Hyun telah memberikan gairah tersendiri di tim yang baru promosi ke Liga Super Indonesia (LSI) ini.

“Saya selalu yakin tim ini akan berkembang. Pemain punya semangat untuk menang walaupun hasilnya belum maksimal. Saat menghadapi Arema kemarin (Minggu), kekalahan memang karena lawan lebih baik. Tapi permainan kita juga membaik,” kata pelatih Sartono Anwar.

Dua gol di Stadion Kanjuruhan dihargai sangat tinggi. Sebab gol tersebut bermakna sebuah harapan bagi tim oranye untuk lebih produktif. Maklum, di tiga pertandingan sebelumnya mereka hanya mampu menciptakan satu gol kala ditahan imbang Persiba Balikpapan di Stadion Brawijaya Kediri.

Selain memberikan apresisasi terhadap tim secara umum, Sartono memuji dua pemain asing barunya yakni Eugene Dadi dan Kang Hyun. Dadi mengalami grafik peningkatan cukup berarti dibanding manghadapi Persema.

Walau tak mencetak gol, aksinya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pertahanan Singo Edan. Sedangkan Kang Hyun memberikan gairah di lapangan tengah dengan permainan yang penuh semangat dan tak mengenal lelah.

“Sekarang tugas kita adalah mempertahankan penampilan yang seperti itu. Kalau minimal bisa bermain seperti di Kanjuruhan, saya yakin kita bisa mendapatkan poin di pertandingan selanjutnya. Apalagi kita akan bermain di kandang,” ujar pelatih yang baru saja dipanggil PSSI ini.

Pada partai selanjutnya, Persibo masih bertarung di Stadion Brawijaya Kediri yakni menjamu Persiwa Wamena (24/10/2010), yang disusul lawan Persipura Jayapura, tiga hari berikutnya. Di pertandingan inilah harapan membubung tinggi.

Apalagi anak-anak Bojonegoro kembali bisa diperkuat bek Eduardo Bizarro yang absent di Kanjuruhan karena akumulasi kartu kuning. Lini tengah juga bakal lebih padat dengan perkiraan kembalinya gelandang Cucu Hidayat. (far/okezone.com)