Kekalahan yang ‘Menggembirakan’

Dua partai tandang Persibo Bojonegoro ke Malang menyuguhkan fakta yang cukup kontras. Pekan sebelumnya meradang karena merasa dikerjai Persema Malang, pekan selanjutnya senyum mengembang kala dijamu Arema FC.

Padahal dua pertandingan sama-sama berakhir kekalahan. Ya, kubu Persibo memang tak pantas menyesali kekalahan atas Arema FC 4-2 di Stadion Kanjuruhan, Minggu (17/10/2010) malam. Sebab, Persibo sudah jauh mengalami perkembangan dan itu menggembirakan.

Dibanding tiga lawan sebelumnya, penampilan Persibo cukup mengundang perhatian. Bertarung melawan tim pemegang status juara bertahan, Victor da Silva tampil dengan jantan. Berangsur-angsur tim berjalan normal seperti yang direncanakan.

Selain sudah menemukan karakter permainan, pemain anyar milik Laskar Angling Dharma sudah jauh lebih baik. Striker Eugene Dadi dan gelandang Kang Hyun telah memberikan gairah tersendiri di tim yang baru promosi ke Liga Super Indonesia (LSI) ini.

“Saya selalu yakin tim ini akan berkembang. Pemain punya semangat untuk menang walaupun hasilnya belum maksimal. Saat menghadapi Arema kemarin (Minggu), kekalahan memang karena lawan lebih baik. Tapi permainan kita juga membaik,” kata pelatih Sartono Anwar.

Dua gol di Stadion Kanjuruhan dihargai sangat tinggi. Sebab gol tersebut bermakna sebuah harapan bagi tim oranye untuk lebih produktif. Maklum, di tiga pertandingan sebelumnya mereka hanya mampu menciptakan satu gol kala ditahan imbang Persiba Balikpapan di Stadion Brawijaya Kediri.

Selain memberikan apresisasi terhadap tim secara umum, Sartono memuji dua pemain asing barunya yakni Eugene Dadi dan Kang Hyun. Dadi mengalami grafik peningkatan cukup berarti dibanding manghadapi Persema.

Walau tak mencetak gol, aksinya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pertahanan Singo Edan. Sedangkan Kang Hyun memberikan gairah di lapangan tengah dengan permainan yang penuh semangat dan tak mengenal lelah.

“Sekarang tugas kita adalah mempertahankan penampilan yang seperti itu. Kalau minimal bisa bermain seperti di Kanjuruhan, saya yakin kita bisa mendapatkan poin di pertandingan selanjutnya. Apalagi kita akan bermain di kandang,” ujar pelatih yang baru saja dipanggil PSSI ini.

Pada partai selanjutnya, Persibo masih bertarung di Stadion Brawijaya Kediri yakni menjamu Persiwa Wamena (24/10/2010), yang disusul lawan Persipura Jayapura, tiga hari berikutnya. Di pertandingan inilah harapan membubung tinggi.

Apalagi anak-anak Bojonegoro kembali bisa diperkuat bek Eduardo Bizarro yang absent di Kanjuruhan karena akumulasi kartu kuning. Lini tengah juga bakal lebih padat dengan perkiraan kembalinya gelandang Cucu Hidayat. (far/okezone.com)

56 Responses to “Kekalahan yang ‘Menggembirakan’”

  1. joko kalem
    October 19, 2010 at 9:25 am #

    aq slalu mndukungmu persibo,,moga prtandingan kedepan lbih baik dn bsa meraih hasil yg smpurna…persibo is the best.

    [Reply]

  2. Boro ITS
    October 19, 2010 at 9:32 am #

    kapan main nang SLS iki?
    mosok main nang kediri terus? Hmmm…

    [Reply]

  3. boro kidul stadion
    October 19, 2010 at 9:32 am #

    jawaban yg pantasss . . . .
    Aku senang dan puass dengan permainan persibo kemaren. . .dan tak menyesali kekalahan yang..ada.
    Cukup tunjukkan permainan yg penuh sportifitas…

    [Reply]

  4. boro kidul stadion
    October 19, 2010 at 9:33 am #

    kekalahan yg mempunyaii nilai tinggi..

    [Reply]

  5. aqiem_boromania sby
    October 19, 2010 at 9:34 am #

    io TP LINI PERTAHANAN PATUT DIPERBAIKI,2 dr 4 gol murni kesalahan AANG S,sing klah skill mbe ridwan..nek eduardo iso maen,,mngkin beda critanya..TP SALUT BUAT PERSIBO…G GENTAR LWAN JUARA ISL…MAJU TERUZ LASKAR ANGLING DARMO

    [Reply]

  6. amnesia
    October 19, 2010 at 9:44 am #

    one love one soul persibo

    [Reply]

    NJARJO 16 Reply:

    Opo iku ?

    [Reply]

    Axl drughi Reply:

    Bobo marley…wkwkwk

    [Reply]

  7. NJARJO 16
    October 19, 2010 at 9:53 am #

    Sampun saras tho om ngadmin ?

    [Reply]

  8. khadot cah miri
    October 19, 2010 at 9:57 am #

    apapun hasil dr tiap pertandingan, aku tetap cinta P E R S I B O

    [Reply]

  9. ika boronita
    October 19, 2010 at 10:01 am #

    mju trz persiboq q sllu mendkungmu.

    [Reply]

  10. telon13+
    October 19, 2010 at 10:15 am #

    semoga

    [Reply]

  11. frustrasi
    October 19, 2010 at 10:41 am #

    Kalau main tandang lebih baik memakai strategi bertahan dan serangan balik karena main terbuka lebih beresiko karena menghadapi pendukung tuan rumah mayoritas yg hampir 100% adalah beban mental yg paling berat.

    [Reply]

  12. boromania
    October 19, 2010 at 10:46 am #

    kalah tow,wonk Aris+Aang guuuuuuooobLok……..,

    Aris terutama mosok Roman gowo baL.de’e mlah ndelok tok………..

    Trus neh wayah kene enthuk tendangan bebas,sing dadi pgr betis ora pmain Arema tok.
    pemain persibo yow kudu enek,siji2 ndah gk po2.
    cma’ kanggo mastekNo…..nek pgr btisE ra maju terus.msok cah nek kene enthuk T.bebas mesti kenek pemainE Arema terus………………

    [Reply]

    boro 1922 Reply:

    bener mas setuju,..

    [Reply]

    amnesia Reply:

    nek kwi diguwak seng maen kwe?
    malah ajorr

    [Reply]

  13. dudul
    October 19, 2010 at 10:49 am #

    melu mawon

    [Reply]

  14. syzis vrizas
    October 19, 2010 at 11:10 am #

    lini depan + tengah sudah sangat bagus , sing mburi NYENYEK TUN …

    [Reply]

  15. conthong
    October 19, 2010 at 11:18 am #

    tim kacangan….. ga tau menang kok bangga n senang… wkakakakakak…
    dasar tim amatir… ga pantas jd kontestan ISL…..

    [Reply]

    bojesz boro Reply:

    sek to, penting ki nek wes petok tik_mu, lagek nggacor ….

    [Reply]

    boromania orens Reply:

    ojo nyocot thok
    timmu lho opo?
    ojo2 tim mu g ISL
    hahahahaha
    keat2

    [Reply]

    RIZQI BOROMANIA BALEN Reply:

    para pecinta PERSIBO,,,jgn khwatir,PERSIBO pasti bisa,mohon Doa Restunya aja dari para Boromania,,,untk yg tidak suka dg Persibo,janganlah suka menghina,,,yaqinlah suatu saat Tim kebanggaan anda pasti akan seperti yang kau hina……pahaaaaaaaammm……

    [Reply]

    Bonek D'Genshter Reply:

    Conthonk mbokne ancok koen tungkak cocotmu cangkeman ae,g seneng g usah comment asu!!Boromania GOODLUCK….

    [Reply]

  16. boro 1922
    October 19, 2010 at 11:28 am #

    matamu yo,asu kon iku,..

    [Reply]

  17. Sin boro ngraho
    October 19, 2010 at 11:34 am #

    Conthong:mksich ats hina’anxa mgkn tiem anda sdh dwsa tp syank jiwa sprter anda msh ky’ank kcil yg blm prnh bljr span sntun.slm dmae brsaudra from bromania ujung kulon…bwt bromania smwxa,dmae it indh dlor..

    [Reply]

  18. hendri
    October 19, 2010 at 12:17 pm #

    mskipun prsibo klah lwan arema tp aq shlut 5 prmainanx samsul dkk….
    maju truz persibo dpertndingan brikutx hruz mnang…..

    [Reply]

  19. kecamatan nyar
    October 19, 2010 at 12:24 pm #

    persibo koyo real madrid di bawah asuhan jose morinho….awal LIGA kalem-kalem disik mlakune…tapi suwe suwe tambah panas tambah jos…….tapi bedane nek real madrid gak tau kalah persibo akeh kalahe….wkwkwkwk

    [Reply]

  20. D boro
    October 19, 2010 at 12:47 pm #

    Gol nurhdyat & SA9 sangat berkelas, kurnia mega sampe g percya gwag nya jebol..

    [Reply]

    bojesz boro Reply:

    SA9 tak akoni kui murni kecerdasan seorang samsul, ra rugi samsul nek bojoneogoro bojonegoro yo ra rugi duwe samsul

    [Reply]

  21. Boro gerdu seng
    October 19, 2010 at 1:43 pm #

    Buat conthong slm sprtivitas ya. anda g ush mnghina PERSIBO .jgn sprti ank TK.yg nmanya prmainn ada mnang/klh.asal anda tau rs fanatisme itu sdh wjr .mngpa anda hrs sewot.

    [Reply]

  22. tari-tari^an boronita cepu
    October 19, 2010 at 2:03 pm #

    Mas conthong low dh ktmu team anda qt liat saja cp yg pantas menang! Q doain Moga suporter tetangga sebelah bs mkin dewasa

    [Reply]

  23. Axl drughi
    October 19, 2010 at 2:07 pm #

    Contong @ persija vs persela kui pertandingan antar RT ra menghibur blass..wkwkwk wes kalah,tim e maine koyo tembelek kingkong,ngono jek nggacor wae..wkwkwk

    [Reply]

    NJARJO 16 Reply:

    Tembelek kingkong apane blobok kebo lor, misanane yo. Podo ae yo he…he…he…

    [Reply]

  24. triyono cah ngasem
    October 19, 2010 at 3:16 pm #

    Salut utk perjuangan persiboku meski kalah tp ak bangga.Sportivitas dalam pertandigan adalah keindahan dalam suatu pertandingan olah raga…Jaga terus permainan ngototnya….tatap masa depan lebih ccerah…..untuk stadion kite gimana kbrnya?semoga yang bersangkutan tidak tidur atau omdong….Bravo persiboku……

    [Reply]

  25. boRo "boNdo loRo"
    October 19, 2010 at 3:50 pm #

    saudaraku boromania n boronita…kita jgan hanya blang “aku mendukungmu persibo”,,tp, kita harus memadati std brawijaya, kita harus bisa mndukung persibo semaximal mungkin,..

    Mksih saudaraku…

    [Reply]

    NJARJO 16 Reply:

    Pengene yo ngono om… Nek posisi nok karawang ngeneki yo cuma iso ndongo. Sok tak tunggu lwn pelita.
    Tuk saudaraq boro…
    Buktikan yel ”dimana kau berada disitu kami ada karna kami BOROMANIA”

    [Reply]

  26. NJARJO 16
    October 19, 2010 at 4:22 pm #

    Like this

    [Reply]

  27. Arema lovers
    October 19, 2010 at 4:30 pm #

    persibo main luaaaarrrr biasa…!!! samsul salah satu striker terbaik.. joss..
    salam 1 jiwa

    [Reply]

  28. Boromania bakung
    October 19, 2010 at 5:24 pm #

    Conthong @ semua butuh proses gak langsung menang an, pelan2 tp pasti, kalah menang, seri d syukuri. O. . . Wong og ra nduwe isen ra nduwe udel

    [Reply]

  29. Plat AB
    October 19, 2010 at 6:10 pm #

    PERSIBO
    Persatuan Sepakbola Indonesia Belum Oentoeng

    [Reply]

    rejz Reply:

    hehe apik singkatane mas, tp mugo2 ndang cepet mujur ben iso lanjut berkiprah di ISL 😀

    [Reply]

    Plat AB Reply:

    nek mentok ra iso berkiprah ng ISL…jgn khawatir,liga joss msh welcome..hehehe

    [Reply]

    amnesia Reply:

    wegah lek

  30. boro soulmate
    October 19, 2010 at 6:37 pm #

    sempuRna

    [Reply]

  31. telon13+
    October 19, 2010 at 6:38 pm #

    selamat malam

    [Reply]

  32. fphoer
    October 19, 2010 at 6:49 pm #

    tour kediri

    [Reply]

  33. NJARJO 16
    October 19, 2010 at 7:32 pm #

    Kalah terhormat…
    Menang yo terhormat…
    3 poin mutlak…

    [Reply]

  34. "TANJUNG"
    October 19, 2010 at 7:59 pm #

    Sbtlx persibo blknge dh bgs,tuk mematahkn serangn petama kali seorang glndng destroyer,cma seorang jajang bekerja sendirian,coba klu pasang 2glndng destroyer,aq yakin hslx psti mng..4-2-3-1
    Wahyudi,sumardi,aris,pizzaro,nurhdyt,jajang,cucu,da silva,samsul,kim/snc,dadi..

    [Reply]

  35. "KING"
    October 19, 2010 at 8:08 pm #

    Tanjung..aq s7 bgt..sebagus2nya bek,klu tnghe g bs menahan serangn psti kedodoran,lawan leluasan mengumpan k dpn cz glndng destroyernya kuwalahan..coba 2 destroyer,lini bek sedikit tertutupi..catatan da silva bkn tipikal destroyer

    [Reply]

  36. ika boronita
    October 19, 2010 at 9:12 pm #

    mbah sar bka web ni pa gk ya?? Kl s’andainya bka web mungkin saran dr tanjung bs jd bhan evaluasi bwt mbh sar!

    [Reply]

  37. rizal
    October 19, 2010 at 9:36 pm #

    jajang maen’e uapik polllllll,,,bnr2 salut aq…….
    samsul striker berkelas….sayange saifudin lembek….
    Arema Vs Persibo ibarat pertandingan Jerman vs Argentina….

    [Reply]

  38. Aremania Ellite
    October 20, 2010 at 1:01 am #

    Semoga PERSIBO di pertandingan selanjutnya bisa menang lawan persiwa n persipura, saya kira kelemahan PERSIBO trletak di lini belakang, tengah & depan mulai kompak

    [Reply]

  39. Boro gerdu seng
    October 20, 2010 at 7:04 am #

    Untk mbah sar,jgn tkut breksperimen/mncba, tlng pnjga gwng cb di psng whyudi sp tau bw hoki.syfdin jg bgs tp slma ini rsanya kq blm bw kbrntngn.yg nmnya fktor nsib/tqdir ttp ada lho

    [Reply]

  40. sugianto
    October 20, 2010 at 7:41 pm #

    permainan persibo memang sangat bagus terutama tuk lini tengahx, tp sayang lini dpn blm tajam jd carilah striker asing yg muda dan punya semangat juang yg tinggi… bravo persibo…..!!!!!

    [Reply]

  41. Rivaldy angdika syah putra
    October 23, 2010 at 8:47 am #

    Persibo mmang Qanaah ya. Klah aja masih dianggap menggembirakan. Cuma sayang satu, penyampilan Syaifudin musim ini agak menurun dibanding waktu membela Persibo musim 07 (saat itu Persibo juara div. 1). Digantin sama titisannya Herry Prasetyo. Sekarang Herry pergi dan Syaifudin kembali menjaga gawang Persibo. Saran saya istirahatkan dahulu Syaifudin dan masukin Dwi Kuswanto ke line up utama lawan persiwa nanti

    [Reply]

  42. Bonek D'Genshter
    October 23, 2010 at 3:14 pm #

    Chonthonk jacuk koen,nek g seneng g usah comment nang kene,tungkak cocotmu koen asu!!Bwt PERSIBO GOODLUCK…..ayo rek orange kan brawijaya kediri seng kompak ngono lho!!

    [Reply]

Leave a Reply