Kembali Desak Lelang Ulang Proyek Stadion

Komisi D DPRD Bojonegoro kembali mendesak agar lelang proyek perbaikan Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro diulang. Mereka menengarai lelang proyek Rp 2,5 miliar itu melanggar Keppres 80/2003 tentang pedoman pengadaan barang/jasa pemerintah.

Nasuka, anggota Komisi D DPRD Bojonegoro, mengatakan, pos anggaran yang terdapat pada paket pembangunan stadion tidak sesuai dengan pembahasan panitia anggaran DPRD dan tim anggaran eksekutif. ”Dalam draf APBD memang mengalokasikan Rp 2,45 miliar. Namun, dalam pembahasan disepakati dana itu dikurangi Rp 200 juta,” ujar dia kemarin.

Dengan demikian, kata Nasuka, alokasi anggaran yang tersedia dalam APBD semestinya tinggal Rp 2,25 miliar. Nyatanya, saat panitia lelang dinas kimpraswil menggelar lelang, pagu yang ditetapkan Rp 2,5 miliar. ”Ini melanggar pasal 9 ayat 4 Keppres 80/2003,” jelas pria yang juga anggota panggar tersebut.

Karena itu, Nasuka mendesak agar Bupati Suyoto tidak mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) kepada rekanan pemenang lelang. Bupati diminta membatalkan hasil lelang tersebut dan panitia lelang dinas Kimpraswil menggelar lelang ulang sesuai alokasi anggaran yang tersedia.

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi D Ali Huda membenarkan adanya kesepakatan pengurangan anggaran Rp 200 juta pada proyek perbaikan stadion. ”Setelah saya cross check di risalah rapat, memang ada pengurangan yang dilaporkan panggar dalam sidang paripurna DPRD tanggal 26 Ferbruari lalu,” jelasnya.

Dia sepakat kalau lelang proyek tersebut harus diulang. ”Kami sarankan agar bupati tidak mengeluarkan SPK pada pemenang lelang. Sebab, sejauh ini masih ada masalah yang perlu diselesaikan,” ujarnya.

Lelang yang dilaksanakan Juni lalu dimenangkan PT Landas Putra Cahaya Perdana dengan nilai penawaran Rp 2.327.359.000. Namun, hasil lelang itu sempat diprotes beberapa rekanan lainnya lantaran muncul indikasi kecurangan. Karena penyangga tak datang dalam evaluasi ulang, akhirnya PT Landas Putra Cahaya Perdana tetap ditetapkan sebagai pemenang lelang. (dim)
(Sumber : Radar Bojonegoro)

3 Responses to “Kembali Desak Lelang Ulang Proyek Stadion”

  1. dons
    July 14, 2008 at 11:04 am #

    kalau belum dapat dana gratifikasi mah , anggota dewan pinter cari masalah. Jangan begitu atu kang… rakyat mah taunya stadionnya jadi, jangan diribut ributin mulu.

    [Reply]

  2. dwi cs
    September 2, 2008 at 3:01 am #

    Gak usah kakean cocot pokoe stadion dang cepet dadi titik, bila perlu danae ditambahi sing akeh POKOE GAK PERLU NGURUSI WONG EDAN

    [Reply]

  3. dwi cs
    September 2, 2008 at 3:06 am #

    udah lha bang… gak perlu ngomongin dana terus, kapan selesainya stadion kesayanganku???
    Klo abang pengen uang / jadi artis , minta aja ama BoaapaakMuuuuu ……OK

    [Reply]

Leave a Reply