Kembali ke Sanusi Rahman

Manajemen Persibo Bojonegoro akhirnya menunjuk Sanusi Rahman sebagai pelatih tim berjuluk Laskar Angling Darma tersebut. Pilihan itu merupakan hasil rapat manajemen tim yang diadakan kemarin (21/8). Pertemuan tersebut dipimpin Letkol Inf Dadang Hendrayudha, manajer Persibo, dan dihadiri seluruh asisten manajer tim tanpa terkecuali.

Asisten Manajer Bidang Teknis Persibo Imam Sardjono menjelaskan, Sanusi Rahman merupakan pengganti Gusnul Yakin. “Itu merupakan keputusan rapat manajemen,” tutur Sardjono.

Sebelumnya, penetapan Sanusi sebagai pelatih tinggal menunggu waktu. Setelah menyisihkan beberapa pelatih yang mengajukan lamaran, pada detik-detik terakhir Sanusi tinggal bersaing dengan Rudy William Keltjes. Ternyata, banyak pihak yang menjagokan Sanusi ketimbang Rudy. “Dia memang lebih bisa diterima pemain, suporter, dan masyarakat Bojonegoro,” tambah Sardjono.

Menurut dia, Rudy Keltjes juga pelatih bagus. Namun, kondisi finansial membuat Persibo harus berpikir ulang untuk mengontrak yang bersangkutan.

Kini, lanjut dia, surat pindah Sanusi dari PS Banyuasin sudah diproses. Intinya, klub lama Sanusi tersebut tidak berkeberatan jika si pelatih ditarik ke Persibo. “Karena itu, sudah tidak ada masalah lagi,” tandasnya.

Pria yang juga pengusaha saprodi tersebut menambahkan, setelah rapat itu, manajemen langsung meminta Sanusi berangkat ke Rembang. Sebab, Sabtu besok (23/8) Persibo akan berhadapan dengan tuan rumah PSIR Rembang di ajang kompetisi Divisi Utama.

Bagi Persibo, Sanusi bukan muka baru. Sebab, dia pernah menangani Laskar Angling Darma selama tiga musim berturut-turut, mulai 2003 hingga 2006, sebelum pindah ke Gresik United. Selama menangani Persibo, Sanusi punya prestasi yang cukup lumayan meski bermateri pemain yang pas-pasan.

Prestasi pria asli Makassar itu, antara lain, mengantarkan Persibo jawara Divisi II pada musim 2003/2004 serta membawa Persibo ke babak enam besar Divisi I pada musim 2004/2005. Hanya, saat itu pria yang kerap dipanggil Pak Uci tersebut gagal membawa Persibo yang tinggal selangkah lolos ke Divisi Utama. (ade/jpnn/ko)
(Sumber : Radar Bojonegoro)