KITAS Pemain Asing Persibo Belum Aman

Dari lima pemain asing yang dimiliki oleh Persibo Bojonegoro, ternyata semuanya belum jelas keberadaan Kitasnya. Hanya tiga pemain yang sebelumnya ikut bermain di Indonesia Super League (ISL) yang telah beres. Seperti Eduardo Bizarro, Kang Hyun Kim dan Eugene Dadi.

Sedangkan dua pemain baru yang direkrut saat bergabung di Liga Primer Indonesia (LPI), seperti Medieros Wallancer dan M Albicho, sejauh ini belum diketahui pastinya.

Hal itu juga dibenarkan oleh salah seorang pengurus Laskar Angling Dharma, Taufiq Risnendar, kepada beritajatim.com, Kamis (10/2/2011). Dijelaskan, jika sejauh ini pihaknya kurang mengetahui semuanya. Karena, ada yang mengurusi sendiri mengenai izin kerja dan tinggal di Indonesia. “Memang sejauh ini, pihak PSSI terus mencari celah dan kesalahan di LPI,” tambahnya.

Menurut Taufiq, sebenarnya PSSI tidak perlu bersikap seperti itu. Dan pihaknya belakangan ini memang mendengar hembusan cukup kencang terkait dengan masalah Kitas. “Kalau pemain kita, rata-rata sudah tidak ada masalah. Sebab, mereka sudah cukup lama dan pernah ikut di ISL juga,” tegasnya.

Namun, untuk Wallancer dan Albicho, pihaknya mengaku akan mengecek terlebih dahulu. Semoga saja tidak masalah, karena mereka memang rekruitment baru. “Jika nanti belum kelar, maka kami akan merapatkan dengan pengurus lain di PT Pengelola Persibo Indonesia (PPI).

Seperti diketahui, jika pihak imigrasi mengancam akan melakukan tindakan tegas kepada para pemian asing di LPI, khususnya mengenai keberadaan Kitas. Jika terbukti illegal, maka tidak menutup kemungkinan akan dikenakan deportasi. Walaupun pihak LPI mengaku telah mendapatkan jaminan dari Kemenpora jauh-jauh hari. (dul/kun/beritajatim.com)