Kontrak Habis, Pemain Persibo Laris Manis

Sejak pertandingan Copa Indonesia berakhir Senin (15/6/2009) kemarin, otomatis para pemain Persibo Bojonegoro free transfer alias bebas diambil.

Bahkan, informasi yang dihimpun beritajatim.com, Kamis (18/6/2009) menyebutkan, beberapa pemain Persibo Bojonegoro saat masih membela kompetisi Divisi Utama dan Copa Indonesia kemarin, laris manis.

Diantaranya adalah Varney Pas Boakay, Herry Prasetyo dan kapten Persibo Iswandi Da’i. Rata-rata mereka didekati oleh tim Indonesia Super League (ISL), mulai dari Arema Malang, Persela Lamongan hingga penghuni baru Persisam Samarinda.

Sumber di internal Persibo Bojonegoro menyebutkan, Herry Prasetyo yang merupakan penjaga gawang utama Persibo Bojonegoro yang juga mantan pemain PON Jatim, telah didekati oleh Persisam Samarinda. Kabarnya, Persisam siap menggelontorkan uang sebanyak Rp 500 juta untuk mendapatkan Herry.

Sementara Varney Pas Boakay telah didekati oleh Persela Lamongan dan ditengarai kontraknya lebih dari Rp 700 juta. Sedangkan Arema Malang kabarnya telah mendekati Iswandi Da’i dan berhembus kabar ada iming-iming Rp 600 sampai Rp 700 juta.

Kabar diatas dibenarkan oleh Asisten Manager Persibo Bojonegoro, Imam Sardjono. Menurutnya, dengan banyaknya tawaran dari klub-klub ISL menunjukkan kalau kwalitas pemain Persibo diperhitungkan. “Secara pastinya kami belum mengetahui, karena memang mereka adalah pemain bebas. Artinya, berhak memilih klub manapun yang ingin dibelanya,” kata Sardjono.

Ditegaskan, kontrak seluruh pemain Persibo yang berlaga di Divisi Utama maupun Copa Indonesia kemarin rata-rata berdurasi satu tahun. Sehingga, saat kompetisi berakhir kontrak mereka juga habis. “Yang pasti, secara manajemen kami belum bisa menjawab,” lanjutnya.

Informasinya, lanjut Sardjono, beberapa pemain Persibo memang diminati oleh beberapa klub besar. Berapa harganya dan apakah sudah ada kesepakatan, pihaknya belum bisa berkomentar banyak. “Kami menunggu saja, yang pasti semuanya tergantung pada manajemen Persibo yang baru nanti dan juga pemain yang bersangkutan,” tambahnya.

Kalau melihat keuangan Persibo Bojonegoro, kemungkinan besar untuk mempertahankan para pemain sangat sulit. Sebab, iming-iming kontrak dan gaji selangit dari klub kaya membuat pemain bisa berlabuh dimana saja.

Informasinya, Persibo hanya bisa menyediakan dana untuk mengontak pemain tidak lebih dari Rp 250 juta. Dengan begitu, bisa saja pemain yang laris manis akan lepas dari pangkuan Laskar Angling Dharma. (dul/kun/bjc/bjc)