Kronologi Kasus SMS Berujung ‘Wasit PKI’

Pelatih Persibo Bojonegoro Sartono Anwar telah memenuhi panggilan Tim Satgas Suap PSSI, Jumat 15 Oktober 2010. Sartono dipanggil terkait isu suap wasit yang terjadi di laga Persibo kontra Persema Malang, 9 Oktober lalu.

Dalam jumpa pers usai memenuhi panggilan Tim Satgas, Sartono kembali menjelaskan jika dirinya dan pihak manajemen Persibo memang telah menerima SMS dari oknum yang mengatasnamakan wasit.

“Jadi sebelum pertandingan kami berbincang-bincang dengan pihak manajemen dan mereka menyampaikan ada penawaran dari oknum wasit untuk membantu pertandingan,” ujar Sartono dalam jumpa pers di Kantor PSSI.

Namun karena alasan tidak punya uang, manajemen menolak. Selain itu kubu Persibo juga siap bertanding dan tak ingin menanggapi hal itu.

Dalam kesempatan itu, Sartono juga menunjukkan SMS yang dikirim dengan nomor 085646426***. Bunyi pesan singkat itu adalah, “Bos, ini Sukasto Persema, ada yang bisa dibantu gak bos, buat pertandingan nanti bos.”

Berawal dari SMS itu, Sartono akhirnya terpancing emosinya saat menemui kejanggalan-kejanggalan dalam pertandingan yang digelar di kandang Persema itu.

Sartono juga sempat mengaku mencoba menelepon nomor itu dan yang bersangkutan mengatakan tengah berada di Surabaya. Namun saat itu mengaku bernama Hadi.

Pada pertandingan itu sendiri, Persibo akhirnya harus kalah 1-0 lewat gol di menit 93, tepatnya lebih dari 21 detik. Padahal Sartono menilai wasit Iis Isya Permana tak punya alasan untuk terus melanjutkan pertandingan.

“Saya saat itu sangat emosi mengingat kerja keras pemain-pemain saya sepertinya tak berguna. Karena itu saya berulang kali mengatakan wasit PKI. Karena mereka saya nilai tidak jujur dan tidak punya agama,” lanjut Sartono.

Namun secara jantan Sartono mengakui kesalahan dan telah meminta maaf kepada PSSI atas ucapannya itu dan siap jika harus menerima sanksi.

Hasil dari pemeriksaan Satgas Suap PSSI akan segera diberikan ke Komisi Disiplin setelah dilakukan pemanggilan wasit yang memimpin pertandingan itu.

Menurut anggota tim satgas Togar Mahanan Nero, para wasit akan dipanggil pada hari Selasa 19 Oktober 2010 nanti untuk dimintai keterangan. (adi/vivanews.com)

7 Responses to “Kronologi Kasus SMS Berujung ‘Wasit PKI’”

  1. axl drughi
    October 15, 2010 at 9:58 pm #

    1 st..

    [Reply]

  2. Pakdhe ÖziL
    October 15, 2010 at 11:23 pm #

    Semoga aman2 saja…hahaha

    [Reply]

  3. ~Cah ngrowo~
    October 16, 2010 at 12:53 am #

    Mbah sar ..Jadilah pahlawan sepak bola indonesia..yg amburadul..mafia wasit sekarat .

    [Reply]

  4. den chez
    October 16, 2010 at 8:23 am #

    Duhhhhhhh, ternyata gara” sms aja.
    Mbah mbahhhh…….

    [Reply]

  5. edy brotal
    October 16, 2010 at 9:27 am #

    WASIT PSSI PKI EMANG BENAR . .
    PUNYA AGAMA TAPI MAKAN UANG HARAM . .
    TAK DUKUNG MBAH SARTONO . .
    NAK PSSI G TERIMO OMONGANKU KI..LHANG DI GOLEKI AKU . .
    RUMAHQ TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO JATIM INDONESIA

    [Reply]

  6. miracel
    October 16, 2010 at 11:13 am #

    Emang dasar
    emang dasar
    emang dasar
    Wasite PKI

    [Reply]

  7. rfrans46@yahoo.com
    October 20, 2010 at 12:56 pm #

    majulah prsibo ku
    SABAR ADLAH JLN KLUAR BAGI ORANG YG TDK BISA MNMUKAN JLN KLUAR
    boro mania yg da djkrta

    [Reply]

Leave a Reply