Lagi, Persibo Surati BLI

Minta Keringanan Hukuman
Persibo BojonegoroPanpel pertandingan Persibo Bojonegoro kembali mengirimkan surat kepada Badan Liga Indonesia (BLI). Surat kedua ini sebagai usaha untuk mendapatkan keringanan hukuman atas laga home Persibo versus Perseman Manokwari yang tak boleh disaksikan penonton dan denda Rp 20 juta.

Hukuman dijatuhkan BLI, karena panpel dianggap tak mampu menjaga keamanan dalam laga antara Persibo melawan Persema Malang dalam lanjutan kompetisi Divisi Utama wilayah timur di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro, 8 Maret lalu. “(suratnya, Red) Sudah kita kirimkan kembali,” ungkap Ketua Panpel Persibo Kapt Inf Hendy K. kepada Radar Bojonegoro kemarin (27/3). Setelah dikonfirmasikan, surat itu sudah diterima oleh sekretariat BLI.

Danramil Balen itu mengungkapkan, dalam surat kedua yang merupakan susulan surat pertama itu, pihaknya mengklarifikasi mengenai tidak bolehnya banding atas keputusan yang dijatuhkan BLI ke panpel. “Sebab, kami sebagai panpel tidak menemukan peraturan yang menyatakan tidak boleh banding,” jelasnya.

Hanya, lanjut dia, semua keputusan memang tergantung oleh BLI sendiri. Meski begitu, panpel telah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat keringanan hukuman dari BLI . “Kalau ditanya optimistis atau tidak (mendapat keringanan hukuman, Red), kita tetap optimistis,” tegasnya.

Menanggapi isu akan diadakannya pertandingan Persibo tanpa penonton di Madiun, Hendy menyatakan, semua belum dilakukan. Sebab, pihaknya masih menunggu keputusan dari BLI terkait surat kedua panpel. “Kita belum putuskan apa-apa terkait hal itu,” tandasnya.

Yang paling penting, tambah mantan Danramil Kota Bojonegoro itu, surat jawaban dari BLI segera turun. Sehingga, apapun hasil yang diputuskan, panpel bisa mempersiapkan diri dengan baik. “Karena itu, kita jangan berandai-andai dulu lah,” imbuhnya.

Terpisah, Asisten Manajer Bidang Teknis Persibo Imam Sardjono enggan berkomentar soal hal itu. Dia menyarankan lebih baik menunggu keputusan dari BLI dulu. “Kita tunggu sajalah nanti bagaimana dan kita siap dengan keputusan itu,” ungkapnya.

Sementara itu, kemarin sore Persibo menggelar uji coba melawan Persedikab Kediri di lapangan Sekolah Model Terpadu (SMT), Desa Sukowati, Kecamatan Kapas. Uji coba itu dimenangi Persibo 2-0 (1-0). Kedua gol Persibo masing-masing dicetak oleh Nurhidayat menit 25 dan Morrys P. Bayour menit 56. (ade/rb)