Lampu Stadion Tinggal Tunggu Masa Sanggah

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bojonegoro memastikan, 15 Agustus nanti pembangunan lampu Stadion Letjen H. Soedirman sudah bisa dimulai. Alasannya, hari ini DPU akan mengumumkan pemenang tender pembangunan lampu stadion untuk tahap pertama senilai Rp 4 miliar tersebut.

Kepala DPU Bojonegoro Andi Tjandra mengatakan, setelah pengumuman pemenang tender merupakan masa sanggah selama satu minggu. Seminggu kemudian, pihaknya akan menerbitkan surat perintah kerja (SPK). Dalam SPK itulah akan ditegaskan kapan pembangunan lampu stadion tahap pertama dimulai. “Tahap pertama pembangunan tiang dan beberapa lampu,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, dalam minggu ini pihaknya juga akan melakukan lelang tahap kedua. Lelang proyek tahap kedua ini adalah berupa pengadaan lampu untuk empat tiang. Nilainya Rp 4,5 miliar. Meski demikian, diharapkan akhir September mendatang semua peranti lampu yang diperlukan untuk stadion sudah harus siap. “Jadi, semua masih sesuai rencana,” tegasnya.

Andi menjelaskan, di luar pembangunan lampu stadion, DPU juga tengah merenovasi stadion. Renovasi dimaksudkan untuk menambah kelengkapan ruangan stadion. Seperti untuk siaran langsung televisi, ruang konferensi press, ruang pengawas pertandingan, dan ruang untuk awak pers saat meliput. Selain itu, juga dilakukan pengadaan tempat duduk bagi penonton VIP. “Paling tidak, untuk proyek ini bisa dilakukan sesegera mungkin. Agar dalam waktu dekat bisa dimanfaatkan Persibo,” imbuhnya.

Pembenahan secara darurat ini dilakukan agar Persibo bisa mengejar persyaratan minimal yang diinginkan PT Liga Indonesia. Upaya ini mendesak dilakukan karena kompetisi ISL (Indonesia Super League) akan dimulai 18 September mendatang. (ade/fiq/jpnn)