Lawan Persibo, Bukan Laga Mudah bagi Persiku

Sukses memetik tiga poin saat meladeni tim tamu PS Mojokerto Putra (PSMP) Rabu (10/2) lalu, tak membuat skuad Persiku berpuas diri. Tantangan berat masih harus dihadapi Agus Santiko dkk saat menjamu tim kuat Persibo Bojonegoro, Minggu (14/2).

Memang, sukses mengalahkan PSMP mendongkrak posisi Persiku di klasemen sementara grup III Divisi Utama musim ini. Tim Kota Kretek naik dari posisi juru kunci atau peringkat sebelas ke posisi sembilan, dengan total poin 12 dari 13 kali pertandingan. Kemenangan 2-0 atas PSMP sekaligus juga membalas kekalahan Persiku pada pertemuan pertama di Mojokerto, yang kala itu kalah tipis 0-1.

Namun begitu, kemenangan Persiku atas PSMP juga harus dibayar mahal. Salah satu pemain belakang Persiku Heru Kusmanto terkena hukuman kartu kuning. Sebelumnya, Heru sudah mengantongi hukuman serupa saat Persiku menjamu PSBI Blitar, Senin (1/2) lalu.

Akumulasi kartu ini jelas bakal menghentikan langkah Heru untuk ikut memperkokoh barisan pertahanan Persiku saat menjamu Persibo. Padahal, bomber Persibo selama ini dikenal cukup produktif.

Dua dari beberapa striker yang dimiliki tim berjuluk Laskar Angling Dharma tercatat sebagai striker paling produktif di grup III. Mereka adalah Abel Cielo yang sudah mengemas sembilan gol dan Perry Sah Kollie yang telah mengemas enam gol. Persibo sejauh ini juga tercatat sebagai tim paling produktif kedua, di bawah pemuncak klasemen sementara Persiram Raja Ampat. Tim besutan Sartono Anwar itu telah mengoleksi 19 gol dari 11 pertandingan.

Tapi hal itu tak terlalu membuat tim pelatih Persiku risau. Apalagi beberapa pemain yang dalam laga sebelumnya sempat absen karena cedera, kemarin sudah terlihat bergabung dalam latihan. Yakni Agus ”Glondong” Riyanto dan gelandang Asing Owang Abong Crepin. Hanya saja, untuk Abong kemarin masih belum full dalam berlatih.

Asisten Pelatih Persiku Hidayat menjelaskan, dalam evaluasinya saat menjamu PSMP lalu, masih banyak kelemahan tim yang harus segera dibenahi. Di antaranya, di babak pertama saat menjamu PSMP, para pemain masih kurang sabar dalam penyelesaian akhir. Sehingga banyak peluang yang tak bisa dimaksimalkan menjadi gol.

Terkait bakal absennya Heru, Hidayat mengatakan bahwa kondisi itu membuka peluang terjadinya rotasi atau perubahan komposisi tim. Posisi Heru kemungkinan diisi Iwan Fadholi atau menarik Murwanto dari lini tengah ke lini belakang. Sementara, untuk posisi Murwanto di lini tengah, bisa diisi oleh Arif Fatchul atau Agus ”Glondong” Riyanto. (kha/aji)