Lebih Fokus di Copa Indonesia

Copa IndonesiaPersibo Bojonegoro punya keuntungan. Posisi mereka sudah aman di Divisi Utama. Artinya, Laskar Angling Dharma tak bakal terdegradasi meski gagal masuk 4 Besar untuk promosi ke Liga Super.

Ini memberi keuntungan karena memudahkan Persibo untuk fokus di Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009. Saat tim-tim lawan masih sibuk dengan ambisi meraih trofi Liga atau berjuang agar terhindar dari degradasi seperti Deltras Sidoarjo atau PSMS Medan, sebaliknya Persibo tak memikirkannya. Mereka siap bertarung di 8 Besar memperebutkan tiket ke semifinal.

“Ini menjadi keuntungan tersendiri. Posisi kami sudah aman meski gagal lolos 4 Besar. Kami tinggal fokus di Copa Dji Sam Soe Indonesia,” ujar pelatih Persibo Sartono Anwar.

Persibo dikepung tim-tim Liga Super di 8 Besar. Namun, mereka justru diwaspadai. Pengalaman menyingkirkan tim-tim elit semacam juara Copa Dji Sam Soe Indonesia dua kali Arema Malang dan semifinalis musim lalu, Pelita Jaya Purwakarta menjadi modal tersendiri bagi Persibo. Apalagi, mereka memiliki striker maut Samsul Arif yang menjadi top skorer turnamen.

Kini, siapa pun yang akan bertemu Persibo bakal lebih hati-hati. Bahkan pelatih Sriwijaya FC Palembang Rahmad Darmawan menilai kekuatan Persibo tak bisa diremehkan. “Mereka tampil luar biasa saat menghadapi Pelita Jaya. Padahal, tim saya selalu kesulitan bila bertemu Pelita Jaya,” ujar Rahmad.

Sartono sendiri mengakui Persibo tidak mungkin menghindari pertemuan dengan tim Liga Super. Namun, ia tegaskan siap menghadapi tim mana pun. “Kami sesungguhnya lebih senang bila dianggap remeh. Pengalaman saat menghadapi Arema dan Pelita contohnya. Sebagian pemain lawan cenderung meremehkan kami. Namun, hal itu membawa pengaruh buruk bagi mereka,” jawab Sartono.

Hanya, status sebagai tim Divisi Utama menjadikan Persibo dinilai tetap sulit bersaing menghadapi raksasa Liga Super. Kualitas permainan dan tim tentu masih di bawah mereka. Ini yang disadari sepenuhnya oleh Sartono. “Kami akan mati-matian karena kualitas semua tim di 8 Besar berada di atas Persibo,” tandasnya.(dss/wdi)