Lini Depan Masih Mandul

Persibo Bojonegoro memetik hasil imbang tanpa gol dalam laga uji coba melawan Gresik United (GU) di Stadion Letjen H. Soedirman, kemarin (15/11) sore. Ini adalah hasil seri kedua yang diraih Persibo setelah dalam uji coba sebelumnya tim besutan Sartono Anwar itu ditahan 0-0 oleh Pro Duta Jogjakarta, beberapa hari lalu.

Dalam pertandingan kemarin, Persibo sebenarnya memiliki banyak peluang untuk memetik kemenangan. Termasuk hadiah tendangan penalti pada menit 22. Namun, eksekusi tendangan 11 meter yang dilakukan Busari tidak dapat membawa Persibo unggul atas GU.

Meski hanya bertajuk pertandingan uji coba, laga tetap berjalan keras. Buktinya, wasit Fatkhurrahman acapkali meniup peluit tanda telah terjadi pelanggaran. Bahkan, dalam pertandingan tersebut dua kartu kuning diberikan kepada pemain GU.

Dalam laga kemarin, Persibo juga menurunkan seluruh kekuatan terbaiknya, termasuk dua legiun asingnya, Victor da Silva, yang diplot sebagai stoper dan Abel Ciellow di posisi striker. Namun, semua tidak membantu. Hingga akhir laga kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Asisten Manajer Bidang Teknik Persibo Imam Sardjono mengakui, dalam pertandingan kemarin penguasaan bola banyak dikuasai oleh pemain Persibo. Karena itu, dia sangat menyayangkan banyaknya peluang yang tidak mampu diselesaikan dengan baik menjadi gol. “Kami melihat, kurangnya penyelesaian akhir masih sangat dominan di tim ini (Persibo),” katanya seusai pertandingan.

Karena itu, lanjut Sardjono, hasil pertandingan uji coba ini harus menjadi evaluasi ke depan sebelum Persibo benar-benar tampil dalam kompetisi Divisi Utama. Termasuk membenahi kekurangan tim. “Paling banyak kurang penyelesaian akhir. Jadi, porsi evaluasi yang lebih besar ditujukan di barisan depan,” tambahnya.

Hal senada dikatakan Pelatih Persibo Sartono Anwar. Menurut dia, pertandingan uji coba melawan GU, yang juga tim Divisi Utama, bertujuan untuk mengasah kematangan tim sebelum kompetisi kasta dua di tanah air ini digelar. “Terutama evaluasi di bagian lini depan,” ujar Sartono.

Sartono menambahkan, uji coba ini sengaja dilakukan sebagai evaluasi akhir sebelum terjun di kompetisi Divisi Utama, yang menurut rencana dimulai 25 November nanti.

Laga perdana Persibo dilaksanakan pada 29 November melawan Persigo Gorontalo di Stadion Letjen H. Soedirman. (rij/jpnn)