Lolos atau Malu Persibo v Arema (leg 2, babak 48 besar)

Arema hanya memerlukan hasil seri saat menghadapi Persibo Bojonegoro di Stadion Wilis, Kota Madiun, nanti sore. Hasil imbang bagi Arema sudah cukup untuk mengamankan tiket ke babak 24 besar Copa Indonesia 2008. Sebab, dalam first leg Sabtu lalu (22/11) di Stadion Kanjuruhan, Arema berhasil membungkam Laskar Angling Darmo (julukan Persibo) dengan skor 2-1.

Kendati hanya membutuhkan hasil seri, Persibo bukan lawan yang mudah bagi Arema. Sebab, kolektivitas Persibo cukup mapan. Terbukti, pada laga pertama lalu, Arema sangat sulit menerobos lini belakang Persibo. Bahkan, penguasaan bola selama 90 menit lebih banyak dikuasai Persibo yang notabene levelnya di bawah Arema.

Karena itu, pelatih Arema Gusnul Yakin berharap agar laga di leg pertama lalu tak terulang. Bila itu sampai terjadi, bisa jadi justru Persibo yang lolos ke babak berikutnya. Akibatnya, Arema bakal menuai malu karena mereka adalah tim dari kasta ISL. Untuk lolos, Persibo cukup menang dengan skor 1-0 (prediksi lihat di grafis).

“Perubahan skema sudah saya siapkan. Komposisi pemain juga berubah,” kata Gusnul. Namun, dia tak mau menyebutkan perubahan tersebut. “Jika diketahui lawan, nanti saya yang rugi. Sebab, Pak Sartono (pelatih Persibo Sartono Anwar, Red) merupakan pelatih cerdas,” ujar mantan pemain timnas era 1980 an tersebut.

Gusnul meminta timnya untuk tidak meremehkan lawan. “Sebab, Persibo merupakan tim bagus. Terbukti, pada laga pertama lalu, Arema cukup kesulitan,” kata dia.

Sayang, dalam laga krusial nanti, Arema tak diperkuat kiper utamanya, Dadang Sudrajat. Dadang mengalami patah tulang hidung pada leg pertama lalu. Sebagai penggantinya, Arema mengandalkan Muhammad Yasir.

Di lain pihak, Sartono optimistis timnya bisa mengalahkan Arema. “Kami harus memanfaatkan laga kedua ini. Pemain harus berusaha maksimal untuk meraih hasil terbaik,” ujar Sartono. Namun, Persibo terancam pincang pada laga nanti. Sebab, kondisi striker andalannya, Syamsul Arif, belum fit. Dia mengalami cedera engkel kanan.(fir/abm/jpnn/ko)

Perkiraan Pemain

Persibo: 27-Dwi Adi Nugrahanta (g), 13-Ahmad Aries Tuansyah, 18-M. Ghani Pulhehe, 6-M. Hamzah, 3-Ahmad Sumardi, 22-Morris Power Bayaor, 15-Iswandi Dai (k), 88-Nurhidayat, 10-Abel Gielo, 7-Varney Pas Boakay, 11-Abdul Kholik

Pelatih: Sartono Anwar

Arema: 31-Muhammad Yasir (g), 16-Achmad Jufrianto, 6-Suroso (k), 25-Erik Setiawan, 19-Benny Wahyudi, 11-Achmad Bustomi, 4-Hendra Ridwan, 18-Ronny Firmansyah, 88-Esaiah Pello Benson, 20-Souleymane Traore, 10- Emaleu Serge

Pelatih: Gusnul Yakin
sumber (jawa pos )