LPI dan ISL

Oleh : Muhammad Dimas Gilang Fajar Alfarizi

Sekarang yang menjadi trending topic di banyak media masa adalah perdebatan antara LPI dan PSSI (dengan kompetisi ISLnya). Saya hanya ingin mengkaji dari beberapa sisi kompetisi itu berdasar pada semua statement yang sudah dikeluarkan berbagai pihak termasuk PSSI itu sendiri yang saat ini bisa dibilang ‘kebakaran jenggot’.

Mungkin yang paling mencolok disini adalah dari sisi pendanaan. Selama ini ISL sebagai level tertinggi kompetisi¬† Indonesia di bawah naungan PSSI di awal launching gembar-gembor menuju “Liga Profesional”. Setahu saya, yang namanya liga profesional, kita bisa berkaca kepada liga-liga eropa yang sudah termashur. Sebut saja BPL (Barclays Premier League), Liga Spanyol, Liga Italia, dsb. Apakah klub-klub disana menggunakan dana APBD seperti ‘hampir seluruh’ klub di ISL? TIDAK!!! Klub-klub disana bisa berdiri sendiri dengan sokongan dana dari sponsor yang mereka cari sendiri dan mereka kelola sendiri. Apabila ada profit, itu juga masuk kantong klub itu sendiri. Bandingkan dengan yang ada di ISL, memang pada awalnya sebuah tim harus membentuk sebuah Perseroan Terbatas (PT) untuk mengikuti kompetisi tersebut, dan seharusnya pendanaan klub yang sudah merubah diri menjadi PT harusnya bisa mandiri tanpe membebani uang rakyat. Namun yang terjadi di ISL, dana APBD masih menjadi nyawa bagi klub-klub tersebut. Mari kita bandingkan dengan konsep manajemen keuangan yang ditawarkan LPI, sebuah klub diberikan modal awal, dana tersebut dikelola sendiri untuk memenuhi kebutuhan tim tersebut, seluruh profit yang didapat masuk ke kantong klub itu sendiri.

Masih mengenai pendanaan, kita lihat dari sisi sponsor. Selama ini sebuah perusahaan rokok besar menjadi sponsor utama ISL, dana yang dikucurkan melalui PSSI tidak didrop ke klub-klub, bahkan hanya untuk pencairan sebuah hadiah juara (yang saya tahu disini kasus hadiah Persibo Bojonegoro) itupun ditunda-tunda dengan alasan yang kurang jelas.

Sekarang dari sisi materi pemain. Permainan dan kolektivitas tim akan terbentuk jika antara satu pemain dan pemain lain sudah sering bermain bersama dalam jangka waktu yang tidak singkat. Selama ini, yang namanya penggunaan APBD dipastikan turun per tahun dan jumlahnya pun tidak pasti. Maka dari itu, selama ini klub ISL tidak pernah mengontrak seorang pemain atau bahkan pelatih lebih dari 1 tahun. Ini jelas akan mempengaruhi kualitas kompetisi dimana permainan sebuah tim belum bisa terorganisir. Mari kita bandingkan dengan konsep yang ditawarkan LPI, seorang pelaku di lapangan bisa dikontrak untuk beberapa tahun ke depan, sehingga diharapkan kolektivitas sebuah tim akan terbentuk, yang pada akhirnya akan berujung pada sebuah kompetisi yang berkualitas.

Yang menjadi berita paling hangat saat ini di media adalah kenapa PSSI begitu kelabakan dengan adanya LPI? Toh kalaupun itu berjalan beriringan itu tidak akan menjadi masalah. Yang disesalkan adalah sebuah statement dari PSSI adalah “setiap pemain dan pelatih serta wasit yang berlaga di LPI akan dihukum secara tegas dan dicabut lisensinya“. Padahal di Indonesia pun dulu pernah ada dua kompetisi yang berjalan beriringan yaitu di era Galatana dan Perserikatan. Dan yang paling disesalkan adalah sebuah statement bahwa “semua pemain yang berlaga di LPI tidak memiliki hak bermain untuk Timnas Indonesia“. Kalaupun pada akhirnya seorang pemain berkewarganegaraan Indonesia hasil kompetisi LPI ditransfer oleh sebuah tim eropa macam Barcelona atau Man United, apakah PSSI tetap kekeuh tidak memanggil pemain tersebut? Bagaimana nasib seorang Irfan Bachdim (IB#17 Indonesia) dan Kim Jeffry Kurniawan yang memiliki masa depan cerah bagi persepakbolaan nasional tapi memilih bergabung bersama Persema di LPI?

Yang menjadi pertanyaan besar ialah kenapa PSSI begitu kebakaan jenggot dengan adanya LPI? Kalau pada akhirnya itu untuk kemajuan sepakbola di Indonesia, kenapa harus ditentang? Seharusnya PSSI tidak tutup mata tutup telinga dalam menyikapi langkah positif pihak lain yang ikut turut serta membangun industri sepakbola Indonesia. ISL tidak harus bubar dengan adanya LPI, dan LPI juga tidak seharusnya ditentang.

Sekarang Persibo sudah menyatakan sikap memilih LPI sebagai kompetisi yang diikuti. Pertanyaan besar bagi kita pecinta Persibo, mampukah masyarakat Bojonegoro bersiap menyambut sepakbola modern yang ditawarkan LPI?

Mari kita buka mata, buka telinga. Berikan penilaian secara objektif. Mana yang lebih baik, masyarakat yang menentukan.

identitas penulis:

twitter : @dimasalfarizi – Boromania – Mahasiswa IT Telkom Bandung

36 Responses to “LPI dan ISL”

  1. BOROMANIA KUCING LAMUR
    January 3, 2011 at 10:48 pm #

    Mantebbbbssssss!!!!

    [Reply]

  2. amnesia
    January 3, 2011 at 11:09 pm #

    samid i iso nulis ngunu?

    [Reply]

    dimas alfarizi Reply:

    weseetttsss diecee…

    [Reply]

  3. MERAH PUTIH
    January 3, 2011 at 11:48 pm #

    Admin jadwal dan klasemennya dang di update, gk sabar pengen roh jadwal e persibo maen tok LPI . . .

    [Reply]

  4. Tobo
    January 3, 2011 at 11:50 pm #

    SIP..

    [Reply]

  5. Tobo
    January 3, 2011 at 11:53 pm #

    SAKNO MASYARAKAT SING MBYAYAI BAL2an sing gk bermutu..alok gae liane danane .

    [Reply]

  6. BOCA
    January 4, 2011 at 12:21 am #

    btulll…balbalan wes ngentekno APBD akeh,kalahan n suportere nek nang ratan mentungi kendaraan sak penak e udele…boromania tolong di atur kui anggotamu ben gak semena mena .tul nggak…? ojo mung ISL tai asu.sak tenane seneng ISL po Persibo<nek sneng persibo yo kdu di dkung nang ndi wae persibo berlaga.nak seneng ISL yo podo urunan gae mbayari pemain .gelem gak…?

    [Reply]

  7. wong ndeso
    January 4, 2011 at 6:53 am #

    q ngopi wae utang,mending tk gawe mbayari kopi,

    [Reply]

  8. akbar cgn
    January 4, 2011 at 8:28 am #

    i like it. .

    [Reply]

    BORO BUMISAKERA Reply:

    TGL 9 muleh ga ayo bareng budal isuk

    [Reply]

  9. Eri Irawan
    January 4, 2011 at 10:15 am #

    Mantap, Mas Dimas. Setuju!!!

    [Reply]

  10. day_concept
    January 4, 2011 at 10:17 am #

    Mudah2an LPI bisa bekrja lebih Baik dari ISL…
    PSSI bisa Berkaca dari LPI….

    [Reply]

  11. RIZQI BOROMANIA
    January 4, 2011 at 10:34 am #

    PSSI KEBAKARAN JNGOT dikarenakan takut kalu2 kdoknya terbongkar, karena slama ini PSSI tidak peus ngurusin sepak bola…….ia mersa tersaingi dg adanya LPI yng lebih menguntungkan………………………apa sih untungnya mencekal pemain LPI yang tidak boleh masuk timnas…? apagak malu kalu ntar pemain indonesia masuk klub Eropa……. sapa yang bangga kalu pemain indonesia bagus2….warga indonesia khan…? termasuk juga PSSI……..? biasanya sih PSSI itu pinginya enak aja….kalu ada pemain indo bgus…trus ikut NEBENG WAJAH……SEOLAH2 PSSI YG BKIN PEMAIN BAGUS…….DASAR TUKANG COMBROZ NURDIN HALID…..MUDUN2 MBAH DIN

    [Reply]

  12. stenzil
    January 4, 2011 at 10:57 am #

    memang LPI sangat menjanjikan ke depannya… Go LPI… Go LPI… Go LPI….

    [Reply]

  13. Anam Bangilan Kapas
    January 4, 2011 at 1:39 pm #

    jadwal LPI kok gak ada ?

    [Reply]

  14. B@nG-B@nG cah kapas
    January 4, 2011 at 1:46 pm #

    PSSI bangsat…PSSI bangsat…PSSI bangsat.

    [Reply]

  15. cah kepatihan mbok2
    January 4, 2011 at 2:39 pm #

    nurdin emang gak punya hati nurani…. yang ada di otaknya cuman duit dan duit….

    [Reply]

    Londo_ijo Reply:

    Gak punya hati wong penjahat tetep penjahat bromocorah, napi cuma satu kelebihan nurdin otaknya ….. Masih gressss mergo gak tau digawe nek di dol larang kuwi

    [Reply]

  16. dimas alfarizi
    January 4, 2011 at 5:14 pm #

    daripada teriak2 meminta orang dungu untuk turun, lebih baik kita perbaiki internal kita dulu, pasang kuda-kuda untuk menuju Persibo menjadi industri sepakbola profesional

    dana apbd itu bukan untuk membiayai klub, tapi untuk memperbaiki fasilitas olahraga yang akhirnya klub itu nanti juga akan merasakan manfaatnya…

    bener ga sob??

    [Reply]

  17. cah kalitidu
    January 4, 2011 at 9:18 pm #

    msok. . . Kan9. . .?

    [Reply]

  18. cah kalitidu
    January 4, 2011 at 9:22 pm #

    haha…orang dungu,muka tembok bin rai gedhek,opo maneh yo sebutan sing pantez nggo nurdin silit cs?

    [Reply]

  19. PERSIBO ARMY
    January 4, 2011 at 11:38 pm #

    Apa pun keputusan manajemen PERSIBO yang banyak menjadi kontroversi para BOROMANIA ini, yang terpenting adalah hasil ahirnya. Yaitu kemenangan dan kemenangan Per-sepakbola-an bagi INDONESIA pada umumnya dan BOJONEGORO tercinta pada khususnya.
    Wahai saudaraku BOROMANIA, janganlah kita mempertentangkan apa pun itu.
    KEPENTINGAN kita hanyalah terus dan selalu mendampingi PERSIBO yang tercinta ini untuk mencapai KEMENANGAN dan KEMENANGAN….!!
    Ingatlah saudaraku semua,sesibuk apa pun kalian mempertentangkan ini. Tidak akan membantu kemajuan PERSIBO.

    Yang kita tunggu hanya BUKTI keseriusan semua pihak dalam meraih impian-impian besar kita.
    Kita BOROMANIA akan terus mendukung PERSIBO.

    JANGAN MAU TERPROVOKASI DAN TERPECAH BELAH…!!!

    JAYALAH PERSIBO-KU, HIDUP BOROMANIA…!!!

    [Reply]

    dimas alfarizi Reply:

    tugas kita adalah sebagai pemain ke 12, tidak lebih

    [Reply]

  20. sudarto(kunci)
    January 5, 2011 at 12:03 pm #

    PSSI juga bisa maju,…dengan syarat,.. Nurdin mata duitan dan antek-anteknya di buang dari muka bumi.aku yakin itu.

    [Reply]

  21. radja
    January 5, 2011 at 3:21 pm #

    kalo dari kecil makan jangan Bong,gedene dadi gak duwe isin. soale raine dadi gedek…

    [Reply]

    paijo Reply:

    Diberi makan semen aja biar jadi cor – coran kan lebih kuat …
    kwkwkwk …

    [Reply]

  22. khadot cah miri
    January 5, 2011 at 6:04 pm #

    bakri vs aripin, seru rek.

    [Reply]

  23. boro puserbumi/sembung
    January 5, 2011 at 10:21 pm #

    nurdin bangsat..!Wedi nek pundi2 duwite berkurang

    [Reply]

  24. REGNARO_Xtidoe
    January 6, 2011 at 1:03 am #

    ayo boro dukung persibo jo sampek loro(2)…..
    sampek tuwek….sampek elek…..sampek matek….DUKUNG persibo!!!!!!!!!

    [Reply]

  25. REGNARO_Xtidoe
    January 6, 2011 at 1:12 am #

    BORO gk salah bgitu jga MANAGEMENT…..tp smuax btuh FAIR biar smua jlas n kbersamaan dlm PERSIBO & BORO ttap tjaga ato lbih erat n SATU. INGATLAH…..kami BORO tlah bkorban waktu, materi & all out bwt PERSIBO bahkan nyawa BORO dkorbankan…..cz kmi cinta, kmi punya ikatan emosional & kami punya hati……PERSIBO memiliki kami………
    MANAGEMENT OJO EGOIS & AROGAN,….

    [Reply]

  26. Boro Kanor
    January 6, 2011 at 11:58 am #

    matane lho…..!!!
    samid simpak

    [Reply]

    dimas alfarizi Reply:

    saha ieu?

    [Reply]

  27. kentir_xtidoe
    January 6, 2011 at 5:07 pm #

    mantefffffff…bosss

    [Reply]

  28. Cah Jonegoro
    January 7, 2011 at 11:45 am #

    Satu Kata LPI…. Lanjutkan… Revolusi Sepakbola Nasional

    [Reply]

  29. galant
    January 12, 2011 at 8:51 pm #

    cip tak’ DukuNkm.,.,.,.,.,.,^_^

    [Reply]

  30. LA.MANIA
    January 25, 2011 at 8:05 am #

    PANCEN PERSIBO KERE,N WEDI KARO LA.MANIA

    [Reply]

Leave a Reply