Luciano Leandro Segera Dampingi Sartono Anwar

Lama tak terdengar kabarnya, Luciano Leandro kini kembali ke tanah air dan siap meramaikan kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI). Tentu tidak lagi sebagai pemain, tapi eks pemain Persija dan PSM itu akan merapat ke Persibo sebagai pelatih. Luci – begitu panggilan akrab playmaker asal Brasil ini – akan berbagi tugas dengan arsitek Persibo saat ini, Sartono Anwar.

Sebagai pelatih kepala, asisten pelatih, atau direktur teknik? “Nggak tahulah. Itu yang akan saya bicarakan lebih dulu dengan Sartono,” kata Luci saat bertandang ke kantor LPI di The Energy, SCBD, Jakarta, Senin (11/4) siang.

Luci mengaku sudah lama dikontak LPI untuk menukangi tim yang bermarkas di Bojonegoro itu, tepatnya sekitar Januari lalu. Tapi, karena masih ada urusan di Brasil yang harus diselesaikan, baru kali ini dia bisa datang ke Indonesia.

Eks pelatih Persma dan PSMS ini pun tak sabar ingin segera membesut Akhmad Aries Tuansyah dan kawan-kawan. “Kemarin mereka menang 5-1 ya? Saya tahu Persibo tim hebat. Mereka kan bukan tim baru,” ulas pria kelahiran Ma-cae, Rio De Janeiro, Brasil,1 Februari 1967 itu.

Selain Persibo, Luci menyebut Persema, Persebaya 1927, dan PSM sebagai tim kuat di ajang kompetisi LPI. Harus diakui, tim-tim baru akan sulit bersaing dengan mereka. “Mereka kan sudah lama ikut kompetisi, terus pindah ke LPI. Jadi, wajar kalau tim baru agak kesulitan mengimbangi permainan mereka. Tapi, satu dua tahun lagi kekuatannya akan berimbang,” papar Luci, yang sementara ini menginap di Hotel Sultan, Jakarta.

Luci menyebut prospek Persibo di kompetisi LPI sangat menjanjikan. Tim yang bermarkas di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro, itu punya materi pemain asing dan lokal yang sama-sama bagus.

“Samsul Arif bagus, Carlos Eduardo Bizarro dan Wallacer De Andrade juga bagus,” kata pria yang semasa jadi pemai terkenal dengan rambut gondrongnya itu. Kebetulan Eduardo dan Wallacer adalah pemain yang didatangkan Luci dari Brasil, selain Amaral yang kini berkostum Manado United.

Ferry Kodrat sebelumnya mengatakan, Luciano Leandro adalah orang yang tepat untuk mendampingi Sartono Anwar. “Ia adalah orang yang sangat berpengalaman di sini,” kata CEO Persibo itu. ”Kami harap pengalamannya sebagai pemain, dan kariernya sebagai pelatih Persma dan direktur teknik PSMS, akan berguna untuk Persibo.” (LIN/ligaprimer.co.id)