Mampukah Ikuti Jejak EA Guingamp?

Kejutan-kejutan yang dihadirkan oleh turnamen multidivisi kerap terjadi. Sebuah tim kecil dari divisi bawah sering menjadi batu sandungan klub-klub elit di kasta atasnya. Tengoklah Barnsley di Piala FA musim lalu, yang membekuk Liverpool dan Chelsea. Musim ini Guingamp yang menjadi aktornya di Piala Perancis.

Guingamp? banyak diantara kita yang belum tahu. Guingamp adalah klub penghuni papan tengah kasta kedua Ligue 2 Liga Perancis. Beberapa pekan lalu, klub yang pernah disinggahi dua pilar utama tim Chelsea (Didier Drogba dan Florent Malouda) ini menjadi pembicaraan di Eropa, karena keberhasilannya menjuarai Piala Perancis.

guingamp_juara

Di final mereka membuat kejutan dengan mengalahkan Rennes yang notabene adalah penghuni Ligue 1, kasta tertinggi di Liga Perancis. Sebelumnya, di semifinal mereka juga membungkam Toulouse yang juga berasal dari Ligue 1. Keberhasilan Guingamp mengikuti langkah Le Havre pada 1959 sebagai klub dari Ligue 2 yang menjadi jawara Piala Prancis. Dengan demikian, Guingamp akan berkiprah di Eropa bertanding di kompetisi format baru Piala UEFA, Liga Eropa.

Bagaimana dengan peluang Persibo untuk membuat kejutan lagi di Copa Indonesia? Dua kejutan sudah dibuat tim ini dengan menumbangkan Arema Malang dan Pelita Jaya. Di babak 8 besar ini sudah menunggu sang juara bertahan, Sriwijaya FC. Akankah kejutan ini terus berlanjut? Kita tunggu tanggal 28 Mei 2009 di Stadion Jakabaring Palembang dan 15 Juni 2009 di Stadion Letjend Soedirman Bojonegoro.(bbs/wdi)

Update: Sriwijaya FC vs Persibo Bojonegoro akan disiarkan langsung TVOne, Kamis 28 Mei 2009, Pkl 15.25 WIB.(tvone.co.id)

(Image : www.eaguingamp.com)