Manajemen Kirim Surat Protes Kepada Komdis LPI

Manajemen Persibo Bojonegoro mengajukan protes ke Komisi Disiplin Liga Primer Indonesia (LPI) berkaitan dengan permainan kasar pemain Bogor Raya, Rasyid Latuamuri.

Permainan kasar Rasyid mengakibatkan striker Persibo Muhammad Albicho, 23 tahun, mengalami geger otak.

Penasehat Persibo Letnan Kolonel Taufik Risnendar menjelaskan, surat protes sudah disusun tim manajemen Persibo. Surat tersebut akan dikirim melalui PT Persiapan Persibo, perusahaan yang menaugi Persibo, untuk kemudian dilanjutkan kepada Komisi Disipilin (Komdis) LPI di Jakarta.

”Surat protes dibuat sebagai bentuk pembelajaran dalam hal menjunjung tinggi sportivitas sepakbola di Tanah Air,” kata Taufik yang juga Komandan Kodim Bojonegoro kepada Tempo, Selasa siang (8/2).

Dengan membuat surat protes, kata Taufik, bisa ditarik sejumlah pelajaran. Pertama, para pemain yang masuk di dunia sepak bola professional perlu berhati-hati saat bertanding. Kedua, LPI sebagai wadah baru, harus bisa mengedepankan sepak bola Indonesia yang bersih, enak ditonton dan tidak kasar.

Taufik berharap pelajaran-pelajaran penting itu bisa dijadikan dasar oleh Komdis LPI dalam memberikan tindakan atau sanksi kepada pemain maupun klub yang bergabung dalam LPI. Dengan demikian, tujuan LPI untuk menciptakan fair play dalam persepakbolaan Indonesia bisa terwujud.

Taufik mengingatkan bahwa Albicho mengalami luka serius di kepalanya. Permainan kasar yang dilakukan pemain Bogor Raya cenderung berbahaya. “Boleh saja bermain keras, tapi harus terarah, terukur, dan professional. Jangan sebaliknya, kasar dan kerap bermain kayu. Itu harus dihindari,” ujarnya.

Taufik meminta Komdis LPI memberikan hukuman yang setimpal terhadap pemain Bogor Raya. Dengan demikian, dimasa mendatang, tim yang bergabung di LPI mampu bersaing secara sehat.

Cidera berat yang dialami Albicho, striker debutan baru Persibo terjadi saat Persibo berhadapan dengan Bogor Raya, Senin sore (7/2). Pertandingan yang berlangsung di Stadion Cibinong itu berakhir seri, 1 – 1.

Pemain asal Suriah itu dipastikan harus menjalani operasi. Luka robek sekaligus retak di kepala sepanjang du centimeter sangat serius. Mantan pemain U-23 Suriah ini dilanggar pemain Bogor Raya Rasyid Latuamuri. Bahkan, Albicho sempat tak sadarkan diri beberapa saat.

Albicho akan dioperasi di Jakarta. Saat ini pihak Persibo sedang menghubungi keluarganya di Suriah untuk meminta izin operasi. “Kami sudah menyiapkan pelaksanaan operasi bagi Albicho,” ucap Komisaris Utama PT Persiapan Persibo Bojonegoro Imam Sardjono kepada Tempo, Selasa siang (8/2).(tempointeraktif.com)