Manajemen Persibo Cairkan Dana Hibah

Manajemen Persibo Bojonegoro, Jatim, mengajukan pencairan anggaran sebesar Rp 4 miliar yang di alokasikan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2010.

“Pencairan dana Rp 4 miliar tersebut, kami ajukan lewat KONI,” kata Asisten Manajer Bidang Keuangan Persibo, Abul Mun’im, Senin.

Dia menjelaskan, pencairan dana alokasi bagi Persibo Rp 4 miliar tersebut, sudah bisa dicairkan. Ini setelah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melaporkan sudah mendistribusikan alokasi dana bagi pembinaan olahraga di Bojonegoro lewat KONI.

Sesuai alokasi pembinaan 23 cabang olahraga di wilayah setempat, di dalam APBD dianggarkan sebesar Rp 5,5 miliar. Diantaranya sebesar Rp 4 miliar, merupakan dana hibah bagi Persibo.

Menurut dia, manajemen sangat membutuhkan dana Rp 4 miliar tersebut, selain dimanfaatkan untuk membayar hutang kepada pihak ketiga, juga untuk mempersiapkan pembentukan Tim Persibo Liga Super.

“Kita juga masih harus membayar sisa gaji para pemain, sebab sebagian pemain masa habis kontraknya pada Agustus dan September ini,” jelasnya.

Sementara itu, manajemen baru membayar gaji para pemain hingga Mei, sehingga masih memiliki kewajiban membayar gaji para pemain selama tiga bulan.

Sementara anggaran Persibo sebesar Rp 6 miliar dalam APBD 2009 lalu, hanya dimanfaatkan laga pada babak penyisihan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia. Sedangkan babak delapan besar, manajemen terpaksa meminjam kepada pihak ketiga, hingga akhirnya keluar sebagai juara.

Diperkirakan, anggaran Rp 4 miliar, setelah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan membayar hutang, masih tersisa Rp 2,5 miliar. Dengan sisa anggaran itu, lanjutnya, dimanfaatkan untuk kontrak dengan pemain yang direkrut masuk dalam Persibo Liga Super.

“Dengan sisa yang ada hanya mampu mencukupi kebutuhan tim hingga Oktober mendatang,” katanya mengungkapkan.

Dimintai konfirmasi terpisah, Bendahara Pengcab PSSI Bojonegoro Mashudi menyatakan, sudah menerima pengajuan permohonan pencairan dana dari Manajemen Persibo.

“Yang jelas dalam pekan ini, dana Persibo sudah bisa dicairkan,” ucapnya.(antara)