Masih Belum Bisa Menang

Indonesia Super League: Persibo vs Persiwa 1-1
Kemenangan tampaknya masih menjadi sesuatu yang mahal untuk tim debutan Persibo Bojonegoro. Menghadapi tamunya Persiwa Wamena di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (24/10/2010), mereka ditahan imbang 1-1.

Gol untuk Persibo diciptakan oleh Carlos Eduardo Bizzaro pada menit ke-20, sementara gol balasan tim tamu dilesakkan Ferdinand Sinaga 7 menit berselang.

Dengan demikian Persibo masih belum bisa meraih angka penuh dari lima pertandingannya di Indonesian Super League (ISL). Mereka baru dua kali seri dan tiga kali kalah.

Menghadapi Persiwa yang tampil tanpa tiga pemain intinya, Persibo langsung menekan dan berhasil mendapatkan dua peluang di lima menit pertama. Akan tetapi tandukan Eugene Dadi dari dalam kotak penalti melebar, dan tentangan M.Irfan dari luar kotak penalti tidak menemui sasaran.

Sebuah peluang kembali diperoleh “Laskar Angling Dharmo” di menit 14. Memperoleh hadiah free kick, Victor Rodrigues da Silva berinisiatif menjadi eksekutor, namun tendangan kerasnya masih bisa ditepis penjaga gawang Galih Firmansyah.

Terus menekan Persibo akhirnya bisa mengubah skor pada menit ke-20. Bermula dari pelanggaran terhadap Eugene Dadi, wasit Saripudin asal Bandung menghadiahkan tendangan bebas. Carlos Eduardo Bizaro yang melakukan eksekusi sukses menjalankan tugasnya, setelah tendangan keras kaki kirinya bisa menjebol jala lawan.

Namun keunggulan tuan rumah itu tak bertahan lama, karena di menit 27 Persiwa bisa membuat gol penyeimbang. Lemahnya penjagaan pemain belakang menjadikan Ferdinand Sinaga yang melakukan solo run bisa melakukan finishing secara sempurna, setelah tendangan lemahnya mengech kiper Wahyudi.

Setelah Persiwa menciptakan gol penyeimbang, Persibo terus melancarkan serangan. Di menit 36 Samsul Arif yang lepas dari penjagaan memperoleh sebuah peluang, meski akhirnya gagal menciptakan gol karena tendangannya melebar jauh dari sasaran. Dua peluang yang hampir sama datang lima menit terakhir pertandingan babak pertama, namun juga gagal berujung gol karena penyelesaian yang buruk.

Tuan rumah kembali memperoleh peluang enam menit setelah restart. Memanfaatkan umpan datar dari Victor da Silva, Samsul Arif langsung melakukan tendangan keras, namun bisa ditepis penjaga gawang dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Dua menit berselang giliran Eugene Dadi mendapatkannya, namun tandukannya masih tipis di samping gawang tim lawan.

Tak ingin kembali memperoleh hasil buruk, Persibo melakukan perubahan pada menit 54. Muhammad Irfan ditarik keluar dan digantikan legiun asing asal Korea Selatan, Kang Hyun Kim. Perubahan ini langsung membuahkan hasil saat agresivitas pemain anyar tersebut berujung pelanggaran dan menghasilkan hadiah free kick tipis di luar kotak penalti. Sayang, Carlos Eduardo Bizzaro yang melakukan tendangan justru melambungkan bola jauh di atas mistar gawang.

Di menit 68 kedua tim sama-sama melakukan pergantian pemain. Li Hou Yuan pada kubu Persiwa ditarik keluar dan digantikan Alan Aronggear, sementara Eugene Dadi yang dinilai gagal mengembangkan permainan untuk Persibo, digantikan Rudy Widodo.

Di menit 74 sebuah kemelut terjadi di kotak penalti Persiwa. Sayang, Samsul Arif yang akhirnya menguasai bola gagal mengonversinya menjadi gol, setelah tendangannya membentur kaki pemain lawan. Semenit berselang lagi-lagi peuang datang. Kali ini melalui tendangan keras Victor da Silva dari luar kotak penalti, yang kembali tak berujung gol karena hanya membentur mistar gawang.

Di menit 81 Persibo kembali menciptakan peluang. Bermula dari kemelut di depan gawang lawan, Samsul Arif mengirimkan umpan ke Rudy Widodo. Namun, mantan pemain tim nasional itu justru melakukan tendangan yang melebar, meski sebenarnya jala telah kosong ditinggalkan penjaganya.

Dua menit berselang Persiwa membalas, saat Alex Yarangga melakukan tendangan spekulasi jauh dari luar kotak penalti. Meski mengarah tepat di gawang dan gagal dijangkau kiper, bola keluar lapangan setelah sebelumnya membentur mistar.(detiksport)

Susunan Pemain:
Persibo: Wahyudi (GK), Carlos Eduardo Bizzaro, Aries Tuansyah, A.Sumardi (Muhammad Hamzah ’46), Nurhidayat, Jajang Paliama, Victor Rodrigues da Silva (C), Mohammad Irfan (Kang Hyun Kim ’53), Slamet Nurcahyo, Samsul Arif, Eugene Dadi (Rudy Widodo ’68).

Persiwa: Galih Firmansyah (GK), Sasa Salevic, Firly Afriansyah, Yesaya desnam, Joko Kuspito, Imanuel Padwa, Supriyadi (Robert Elopere ’19), Alex Yarangga, Boakay Edy Foday (C), Li Hou Yuan (Alan Aronggear ’68), Ferdinand Sinaga.