Melaju ke Final

Semifinal Divisi Utama: Persibo vs Persiram 1-0
Persibo Bojonegoro memastikan diri masuk ke Superliga musim depan dan babak final Divisi Utama. Hal itu didapat setelah mereka menundukkan Persiram Raja Ampat dalam fase semifinal dengan skor tipis 1-0, Kamis (27/5/2010) di stadion Manahan, Solo.

Gol Laskar Angling Dharma dicetak oleh M Irfan pada awal babak pertama, tepatnya menit ke 6. Gol tersebut membuat anak asuh Raja Isa tersentak dan sempat kebingungan.

Gol tersebut berawal dari umpan Nur Hidayat dari sebelah kiri. Bola diumpan langsung ke Busari ke tengah dan langsung diberikan ke Irfan. Dengan skill tinggi, Irfan melewati tiga pemain belakang Persiram dan akhirnya melepas tembakan kearah gawang dan bola sempat menerpa tiang sebelah kiri Joice Sorongan. Namun, bola tersebut membentur badan kiper dan langsung masuk ke jala Persiram dan gol.

Unggul satu membuat Victor Da Silva dkk bersemangat untuk menggandakan kemenangan. Abel Ciello dan Busari, serta Pierre Sah Kollie terus membombardir pertahanan lawan.

Namun, Raja Isa dengan cekatan melakukan instruksi kepada pemainnya untuk tidak lengah. Hingga babak pertama berakhir, serangan Persibo terus mengalir dan beberapa kali kemelut di pertahanan Persiram belum bisa dimanfaatkan oleh para pemain persibo.

Babak kedua baru berjalan satu menit, Persibo mengancam gawang Persiram melalui striker, Perry Sah Kollie. Sayang tendangan Perry yang bebas di depan gawang masih bisa digagalkan bek Persiram. Pada paruh kedua laga, hujan deras masih mengguyur stadion Manahan. Akibatnya bola sulit dikontrol, dan lapangan menjadi licin.

Berbeda dengan babak pertama, Persibo lebih sering menyerang dan membuat pada babak kedua. Tak hanya merepotkan pemain belakang Persiram, serangan Laskar Angling Dharma membuat kiper Joyce Sorongan kelimpungan.

Hingga pertandingan usai, skor 1-0 tetap bertahan. Hasil ini membuat Persibo lolos ke Superliga musim depan. Selain itu mereka juga berhak melaju ke babak final Divisi Utama.

Pelatih Persiram Raja Ampat Raja Isa mengaku tidak kecewa karena pihaknya tidak menargetkan kemenangan, melainkan lolos masuk Liga Super Indonesia. Sementara Pelatih Persibo Sartono Anwar mengatakan, timnya lebih beruntung dengan mematahkan serangan-serangan yang dilancarkan Persiram.(wdi/bbs)