Mengenal Lebih Dekat dengan Busari “BJ9” Jhony

Dibandingkan Perry Sah Kollie dan Abel Ciellow, koleksi gol Busari bersama Persibo berbeda jauh. Busari baru mengemas empat gol. Sementara dua pemain asing itu masing-masing sudah melesakkan sepuluh gol lebih. Namun, gol yang diciptakan pemain bernomor punggung sembilan Kamis malam lalu itu terasa istimewa. Sebab, itulah gol yang membuat Persibo lolos ke babak semifinal divisi utama musim ini.

Kemenangan melawan Persidafon tersebut sekaligus menghapus bayang-bayang perlakuan nonteknis di laga terakhir babak delapan besar melawan Deltras besok malam. Setelah mencetak gol, senyum Busari pun mengembang. Abel Ciellow juga ikut suka cita dengan gol Busari itu. Dia mendekati mantan PSS Sleman tersebut untuk melakukan selebrasi bersama.

”Bangga dan senang luar biasa bisa membuat gol yang menjadi penentu Persibo lolos ke semifinal,” ujar penyuka bebek goreng ini.

Meski menjadi pahlawan tim, bungsu dari tiga bersaudara ini tetap merendah. Gol yang diciptakannya dan hasil maksimal yang diraih Persibo, diakui tak lepas dari kerja sama seluruh pemain. ”Tinggal selangkah lagi menuju kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Indonesia, jadi harus terus bermain maksimal,” tutur pemain yang selalu pulang ke Jogjakarta apabila diberi pelatih kesempatan libur tersebut.

Pendukung Persibo di awal musim sempat berharap Busari menjadi ikon baru setelah striker Samsul Arif hijrah ke Persela Lamongan. Namun, harapan itu tak mampu diwujudkan Busari. Cedera engkel yang dideritanya, memaksa striker ini tak bisa tampil maksimal di setiap pertandingan. ”Masih sering terasa sakit,” katanya.

Kondisi itu membuat pemain yang akrab disapa Unyil ini sering dibangkucadangkan pelatih. Meski demikian, dia tak berkecil hati. Setiap diberi kesempatan tampil, Busari mencoba berusaha tampil maksimal.

Meski baru satu musim membela tim berkostum kebesaran oranye tersebut, pemain yang memiliki hobi nonton itu cukup betah tinggal di Kota Ledre ini. Busari masih ingin ingin terus bermain sepak bola dengan mencetak gol sebanyak-banyaknya. Dia kini konsentrasi penuh membawa Persibo lolos ke ISL musim depan.(jpnn)