Menghitung Peluang ke Divisi Utama

Pada putaran pertama lalu,Persibo mampu menduduki posisi runner up klasemen grup III.Posisi itu merupakan garis batas terbawah bagi anggota divisi I yang ingin lols ke divisi utama. Apakah persibo bisa lolos ataukah akan tetap berada berada di divisi I tahun depan, kita memang harus menunggu hasil putaran kedua kompetisi ini usai.

Namun,tidak ada salahnya menghitung perkiraan angka keramat bagi tim di grup III agar bisa lolos ke divisi utama. Untuk menghitung angka keramat, tentu patokannya adalah nilai yang dikumpulkan juara grup, yakni PSIR Rembang.

Saat ini,PSIR memiliki nilai 18 sama dengan Persibo.Namun PSIR memiliki surplus gol lebih baik,yakni enam gol. Sementara Persibo, hanya memiliki surplus lima gol.Di putaran kedua nanti, PSIR memliki jatah lima kali pertandingan home dan emapat kali laga away. Selama putaran pertama lalu, PSIR selalu sukses meraih poin penuh. Menilik sejarah itu,maka jatah lima home diperkirakan dapat meraka sapu sehingga PSIR mengumpulkan 33 poin. Sementara dari jatah empat laga away,kesebelasan asal Kota Rembang ini diprediksi mampu mencuri dua poin,sehingga total poin di akhir kompetisi menjadi 35. Nah,angka itulah yang dianggap sebagai angka keramat untuk lolos ke divisi utama.

Bagaimana dengan peluang Persibo? Di putaran kedua nanti, Persibo dapat jatah empat laga home.Dari empat laga itu, dua di antaranya menghadapi tim berat,yakni PSIR dan Persiba Bantul. Jika mulus melewati partai itu, Persibo akan mengumpulkan 30 poin. Sementara dari lima laga away, pertandingan melawan Persipro Probolinggo di awal putaran kedua akan sangat menentukan. Jika mampu menang, Persibo akan mengumpulkan 33 poin. Sisa dua poin untuk menebus angka keramat di perkirakan dihasilkan dari laga melawan Persepar Palangkaraya dan Persipon Pontianak.

Lalu bagaimana dengan peluang Persiba yang juga ngotot ke divisi utama? Dengan 17 poin, Persiba juga mempunyai peluang.Jika mereka menyapu empat laga home, Persiba akan mendapatkan tambahan poin menjadi 29.Sama dengan Persibo, Persiba kemungkinan mengandalkan poin dari laga away ketika melawat ke kandang Persipar dan Persipon. Jika dua partai itu bisa dimaksimalkan, Persiba akan mengumpulkan 35 poin,sama dengan perolehan Persibo. Namun, jika salah satu berakhir seri, maka Persiba hanya,akan meraih poin 33.

Gresik United yang saat ini mengantongi 17 poin juga berpeluang lolos ke divisi utama. Jatah empat laga home jika dimaksimalkan akan menjadikan tim ini memiliki modal 29 poin.Menjelang putaran kedua berakhir, Gresik United di perkirakan bisa mencuri poin di kandang Persedikab Kediri dan Mojokerto Putra yang tak lagi ngotot. Jika itu terjadi,tim polesan Sanusi Rahman dapat mengumpulkan 33 poin.

Itu semua adalah perkiraan hitungan tim-tim yang berpeluang lolos ke divisi utama.Karena perkiraan,semuanya belum pasti. Bola itu bundar dan segala kemungkinan masih bisa terjadi di putaran kedua nanti.
( sumber : catatan TONNY ADE IRAWAN Wartawan Radar Bojonegoro / http://www.bojonegoro.go.id/baru/index.php?pModule=info_olahraga&pSub=detail&pAct=view&id=65 )

3 Responses to “Menghitung Peluang ke Divisi Utama”

  1. paserbumi
    June 25, 2007 at 6:07 pm #

    persibo ……. mari berjuang bersama persiba untuk masuk ke divisi utama

    [Reply]

  2. sweedia
    June 26, 2007 at 10:56 am #

    mari kita sama-sama buktikan bahwa yg terbaiklah yg berhak tampil di Divisi Utama 😀

    tetep kita junjung fairplay

    [Reply]

  3. yanto_garas
    July 9, 2007 at 4:43 pm #

    mari warga bojonegoro kita dukung PERSIBO menghuni tahta persepakbolaan di tanah air ini,,, masuk di devisi utama.

    [Reply]

Leave a Reply