Menunggu Sihir Camargo

Paulo Camargo bakal menyusuri jalan terjal dalam menangani Persibo Bojonegoro. Bukan soal latar belakangnya yang kurang sukses bersama Tangerang Wolves di Liga Primer Indonesia (LPI) lalu, tapi karena pondasi tim yang dimilikinya masih sangat rapuh.

Statusnya sebagai mantan pelatih Sao Paolo (Brasil) mungkin sejenak harus ditanggalkan mengingat di Indonesia ia belum begitu sukses. Malah kemungkinan ia membutuhkan sihir untuk bisa mengubah Persibo sebagai tim yang kompetitif di Indonesian Premier League (IPL).

Level Persibo sejauh ini tergolong terendah dibanding klub profesional level satu di wilayah Jawa Timur. Melihat gairah transfer sekaligus keseriusan membangun tim, level Laskar Angling Dharma ini setara dengan Persema Malang yang dilatih Slave Radovski.

Tapi Slave lebih beruntung karena komposisi tim masih bisa dibilang stabil walau ada sejumlah pemain yang hengkang. Sedangkan Camargo, harus membangun Persibo saat tim hanya mempunyai 12 pemain lokal tanpa pengalaman berarti.

“Sangat tidak mudah membangun tim yang mempunyai sedikit pemain. Tapi inilah tantangan seorang pelatih,” tutur pelatih asal Brasil ini kepada media. Berangsur, ia mulai mengumpulkan kekuatan dan telah mengoleksi 21 pemain yang empat di antaranya pemain asing.

Dia berencana menambah enam pemain lagi untuk menyempurnakan komposisi timnya. Sayang upaya itu juga teramat sulit karena yang ditemuinya adalah pemain lokal tanpa pengalaman sedikit pun di kompetisi tertinggi Indonesia.

Sedangkan untuk melakukan transfer juga tak semudah berbicara. Gagalnya upaya memboyong pemain berpengalaman sekilas menjadi bukti nama Persibo belum menjual dan dianggap belum memberikan prospek cerah bagi pesepakbola level atas.

Manajemen Persibo sangat menyadari kendala dan kesulitan yang dihadapi pelatihnya. Selain pamor klub yang belum terang, situasi finansial juga patut menjadi pertimbangan jika ingin mendatangkan pemain berkualitas di atas rata-rata.

“Makanya kami tak terlalu menargetkan yang muluk-muluk untuk pelatih. Butuh proses untuk menjadikan Persibo sebagai klub bergengsi dan kami tengah melakukan itu. Kami hanya berharap Camargo bisa menjadi sosok yang cocok untuk memajukan Persibo,” ucap Ketua Umum Persibo Taufik Riesnendar.

Yang dilakukan manajemen adalah mengikuti upaya yang dilakukan pelatih, sejauh itu bervisi pada pengembangan tim. Manajemen tak pernah menolak pemain yang menjadi rekomendasi Camargo dan sejauh ini ia dinilai cukup kooperatif terhadap daya kontrak klub.

Begitu pula dengan rencana mendatangkan pelatih fisik, manajemen juga tak keberatan karena memang diperlukan. Kemungkinan pelatih fisik tersebut juga didatangkan dari Brasil, melengkapi aroma Samba karena asisten pelatih Wanderley Junior juga berasal dari negara terbesar di Amerika Latin itu.

“Sejauh ini permintaan pelatih masih logis. Jadi kami tidak keberatan sejauh klub bisa memenuhinya. Persibo sebenarnya beruntung mendapat pelatih yang tak banyak menuntut dan memahami kondisi klub,” tandasnya.(bola.okezone.com)

21 Responses to “Menunggu Sihir Camargo”

  1. ezha___xxx
    November 5, 2011 at 8:34 am #

    petromax….

    [Reply]

  2. akbar_cgn
    November 5, 2011 at 8:36 am #

    moga yg terbaek buat persibo .. .

    [Reply]

  3. gema pratama
    November 5, 2011 at 9:19 am #

    tetap optimis..

    [Reply]

  4. aku boromania
    November 5, 2011 at 9:19 am #

    semoga persibo ke depannya lebih mantab lagi

    [Reply]

    Ace-boromania ngalam Reply:

    AMIIN……………….

    [Reply]

  5. afian husain
    November 5, 2011 at 9:32 am #

    memang uang adalah segala-galanya, ingat klub Man City, hrus keluar banyak dana unuk membngun sebuah klub, dan hailnya bisa mempermaukan MU dihadapan penduungnya.

    [Reply]

  6. ELKO
    November 5, 2011 at 9:47 am #

    doa kami..semoga sukses bersama Persibo,tuan Camargo!

    [Reply]

  7. BoJan
    November 5, 2011 at 11:38 am #

    Surabaya (beritajatim.com) – Setelah gagal menjajal Tim Nasional (Timnas) Senior Indonesia, Persebaya terus membidik lawan tanding. Pilihannya jatuh ke Persibo. Rencananya, kedua tim ini akan bertemu, Minggu (13/11/2011).

    Awalnya, Persebaya memang berharap Timnas Indonesia bersedia uji tanding dengan Taufiq dan kawan-kawan. Apalagi, 13 November mendatang, tim asuhan Divaldo Alves ini dijadwalkan launching tim yang diproyeksikan untuk Indonesian Premier League (IPL) musim 2011-2012.

    “Rencananya kita lunching siang hari, lalu sore harinya dilanjut pertandingan lawan Timnas. Tapi karena Timnas tidak bisa, kita sedang cari lawan,” tutur Media Relation Persebaya, Ram Surahman.

    Terpisah, pelatih Divaldo Alves membocorkan lawan yang akan mereka hadapi di acara launching itu. “Tanggal 13 November kita lawan Bojonegoro. Ya, sekaligus launching tim,” ungkap mantan juru taktik Persijap dan Mianangkabau FC ini.

    Agenda uji coba memang sudah dinanti Persebaya. Sebab, saat ini seluruh posisi hampir penuh oleh stok pemain. Hanya lini depan saja yang butuh tambahan. Sebelumnya, Persebaya juga dikabarkan mengikuti turnamen segitiga lawan Arema dan Persema. Tim ini juga dikabarkan uji tanding dengan Persema. Tapi kedua agenda itu batal. [sya/kun]

    [Reply]

  8. boromania nglingi
    November 5, 2011 at 3:21 pm #

    Pancene jer basuki mowo beyo

    [Reply]

  9. Samin
    November 5, 2011 at 6:20 pm #

    Dgn 22pemain yg ada,starting line up smtra..4-2-3-1..goolkeeper?4 bek..mekan nasirov,aris tuansyah,lexe anderson,novan..2gldng brthn,jajang paliama,gustavo ortiz..3glndng serang..edi sibung,samsul arief,habib sukron..1striker jairon feleciano..blm lg 6pemain klu kwalitasx bgs bs dimasukan tgl gnti aj..

    [Reply]

    Mat_KOPLO Reply:

    yang optimis kang managemen kan gak cuma ngukur lapangan tapi juga kantong, ko nek gak sanggup ngadepim lawam yo nganggo strategi sampean 4-2-3-1 4 penjaga gawang 2 back 3 tengah 1 penyerang siiiiipppppppp dah

    [Reply]

  10. Boro Tukang Gosip
    November 5, 2011 at 6:22 pm #

    Launching, Persebaya Jajal Persibo

    Olahraga / / Sabtu, 5 November 2011 16:26 WIB

    Metrotvnews.com, Surabaya: Uji coba lawan Persibo Bojonegoro bakal mewarnai launching Persebaya Surabaya. Derby Jawa Timur itu sebagai ajang pemanasan jelang kick-off massal Liga Prima Indonesia ini bakal digelar di Gelora 10 November.

    Launching Persebaya sendiri dijadwalkan bakal digelar 13 November nanti. “Itu (jadwal) masih sementara. Kita masih terus matangkan persiapan dan kepastian pelaksanaan launching,” terang Ram Surahman, media officer Persebaya.

    Selain pertandingan uji coba, launching akan diramaikan dengan jalan sehat bonek bersama warga kota Surabaya. “Kita sebelumnya bidik Timnas dalam uji coba tersebut. Tapi, timnas ternyata tak miliki agenda uji coba,” ujar Ram.

    Agenda uji coba memang sudah dinanti Persebaya. Sebab, saat ini seluruh posisi hampir penuh oleh stok pemain. Hanya lini depan saja yang butuh tambahan. Sebelumnya, Persebaya juga dikabarkan mengikuti turnamen segitiga lawan Arema dan Persema. Tim ini juga dikabarkan uji tanding dengan Persema. Tapi kedua agenda itu batal. (goal.com/DOR)

    [Reply]

  11. pak rt 09
    November 6, 2011 at 7:41 am #

    jgn cnto manc city,,,, conto ae manc untd’, dkit dwit hasil mlejit

    [Reply]

  12. Asshof
    November 6, 2011 at 7:54 am #

    hemmppp g iso koment

    [Reply]

  13. Enio Tardini
    November 6, 2011 at 8:31 am #

    saya yakin pelatih sekelas mantan SAO PAOLO nanti bisa menghadirkan permainan layaknya tim BRAZIL di liga amerika , siapa tahu disini lahir pemain baru yang mempunyai skill luar biasa seperti CICARITO ataupun LIONEL MESSI

    [Reply]

    Ace-boromania ngalam Reply:

    aemoga jadi kenyataan,. Amiiiiinnnnnnnnnnn……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

    [Reply]

  14. mbah man
    November 6, 2011 at 10:45 am #

    ndang tuku pemain seng apik yoyoooooo

    [Reply]

  15. LuQMaN
    November 6, 2011 at 4:19 pm #

    Tak perlu cari pemain bagus, krn persibo akan melahirkan pemain2 bagus.. ^_^

    [Reply]

    keyla boronita Reply:

    like…………………

    [Reply]

  16. good guest
    November 7, 2011 at 9:34 am #

    tes

    [Reply]

  17. keyla boronita
    November 8, 2011 at 12:23 pm #

    ayo camargo……….keluarkan jurus pamungkasmu…………dengan kekuatan bulan………….!!!!!!!!!!!!

    [Reply]

Leave a Reply