Misi Berat

Piala Indonesia: Bontang FC vs Persibo
Tugas berat harus diemban tim Persibo Bojonegoro saat menghadapi Bontang FC di babak 16 besar Piala Indonesia nanti malam. Tim kebanggaan Kota Ledre itu tidak hanya sekadar dituntut menang. Tetapi, margin gol kemenangan juga harus lebih dari tiga gol.

Kemenangan 3-0 itupun masih bergantung hasil pertandingan antara Persebaya Surabaya versus Persib Bandung. Jika Persibo mampu menang 3-0, sementara Persib kalah atas Persebaya, Persibo-lah yang lolos ke babak delapan besar. “Kami baru saja meeting dan hasilnya pertandingan tetap dilakukan malam hari,” ungkap Bambang Pramuji, asisten pelatih Persibo, kemarin (12/5).

Dia mengungkapkan, dalam meeting kemarin, Persib sebenarnya ngotot meminta laga melawan Persebaya digelar bersamaan waktunya dengan duel Persibo versus Bontang FC, meski di tempat yang berbeda. Namun, permintaan itu ditolak. Dengan demikian, hal itu cukup menguntungkan bagi Persibo yang akan menjalani pertandingan paling akhir. Sebab, peluang Persibo untuk lolos atau tidak, bisa diketahui lebih dulu. “Meski menjadi keuntungan tersendiri, kita tetap harus bertanding secara maksimal,” ujarnya.

Pertemuan melawan Bontang FC merupakan pengalaman pertama bagi Persibo. Bontang tergolong tim yang tidak terlalu tangguh, karena tim besutan Fachry Husaini ini menjadi bulan-bulanan Persebaya dan Persib. Bontang FC kalah melawan Persib dan Persebaya.

Karena itu, Persibo tentu tidak ingin kehilangan muka. Anak asuh Sartono Anwar akan tampil all out demi meraih kemenangan dan menghindari juru kunci klasemen grup K.

Dalam laga nanti malam, Persibo akan menurunkan pemain yang tak jauh berbeda seperti saat menahan Persib 1-1. Sementara Aris Tuansyah dan Jajang Paliaman dipastikan belum bisa tampil karena masih dalam pemulihan.

Sartono Anwar mengakui, misi ini cukup berat. Namun, dia mengaku cukup lega, karena mental para pemain dalam kondisi bagus setelah menahan seri Persib. Sebab, hasil seri membuka peluang Persibo lolos ke babak delapan besar Piala Indonesia.

Sementara itu, Aris Tuansyah dan Steven Eko Kasangke kemarin dipulangkan ke Bojonegoro oleh manajemen. Sebab, kondisi kedua pemain tersebut sangat tak mungkin dimainkan melawan Bontang FC nanti malam. “Keduanya akan menjalani terapi di Bojonegoro,” ujar Asisten Manajer Bidang Teknis Persibo, Imam Sardjono.

Dia menjelaskan, cedera yang dialami Aris relatif lebih ringan. Diharapkan, dengan terapi intensif Aris sudah bisa main di babak delapan besar Divisi Utama. Sementara kondisi Steven Eko lebih berat. Namun, dia berharap Eko dapat tampil di babak delapan besar Divisi Utama. “Keduanya adalah pemain vital bagi kami, sehingga tenaganya sangat kami butuhkan,” imbuhnya. (ade/fiq/jpnn)