Muka Baru Ikut Latihan

Latihan Persibo Bojonegoro untuk persiapan menghadapi Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 resmi dimulai kemarin (5/7). Latihan perdana di Stadion Letjend H. Soedirman itu diwarnai hadirnya pemain dari luar klub.

Mereka di antaranya Warsidi, mantan stopper Persija Jakarta dan Arema Malang; Herry Yahya, pemain yang terakhir memperkuat PS Sumbawa; dan Sumardi. Nama yang disebut terakhir adalah mantan pemain Persibo di era divisi utama lalu.

Latihan para pemain Persibo dipimpin pelatih kepala Sartono Anwar. Dia didampingi dua asistennya Alan Hafiludin dan Bambang Pramuji. Sejumlah pemain yang direkomendasi manajemen Persibo juga hadir dalam latihan tersebut.

Mereka di antaranya Jajang Paliama, Victor da Silva, dan Nurhidayat. Kiper Herry Prasetyo dan gelandang M. Irfan tidak ikut latihan kemarin meski keduanya sudah tiba di Bojonegoro. “Herry Prasetyo dan M Irfan masih istirahat di mes,” kata Bambang Pramuji.

Sementara bek kanan Hamzah, striker Busari, stopper Slamet Sampurno dan Aris Tuansyah belum menampakkan diri di mes. Mereka absen di latihan perdana.

Sartono Anwar kepada wartawan koran ini menuturkan, dirinya sudah menerima konfirmasi akan kedatangan beberapa pemain seleksi. Namun, dia enggan membeberkan nama-nama pemain seleksi tersebut. “Nanti kalau datang kan tahu sendiri,” ujarnya.

Dia menuturkan, latihan awal biasanya belum banyak pemain yang hadir. “Ya ini yang baru datang,” katanya.

Sartono menjelaskan, pemain yang datang tersebut bakal diseleksi dulu. Jika memang pemain itu tidak sesuai kebutuhan, maka mereka segera dipulangkan. “Sebab kita sudah berada di level superliga, jadi kualitas pemain harus lebih baik,” ujarnya.

Dalam latihan kemarin, Sartono meminta para pemain lebih dulu melakukan pemanasan. Setelah itu, mereka diminta melakukan game. Sartono memilih mengawasi para pemain dari tepi lapangan. Dia jarang memberikan instruksi. (ade/yan/jpnn)