Mulai Ada Pengembalian

Aliran dana Rp 2 miliar Persibo Bojonegoro yang dipertanyakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mulai dikembalikan. Namun, jumlahnya masih jauh dari harapan. Berdasarkan data yang diperoleh wartawan koran ini, ada sekitar Rp 400 juta yang telah kembali ke kas Pemkab Bojonegoro.

Sekkab Bojonegoro Suhadi Moeljono mengakui bahwa saat ini sudah ada pengembalian dana ke kas pemkab. “Tapi saya tidak hapal siapa-siapa dan besarnya berapa,” katanya.

Dia menjelaskan, pengembalian dana itu tidak dilakukan sekaligus. “Tapi lebih detailnya Pak Herry (Herry Sudjarwo, kepala dinas pendapatan, pengelolan keuangan, dan aset daerah),” pintanya.

Informasi yang diperoleh wartawan koran ini menyebutkan, ada dana Rp 400 juta yang masuk ke kas pemkab dalam empat kali setoran melalui Bank Jatim Cabang Bojonegoro. Penyetor tercatat tiga kali atas nama Tamam Syaifuddin dengan besar total sekitar Rp 250 juta dan sekali dari Maksum Amin Rp 150 juta.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolan Keuangan, dan Aset Daerah Herry Sudjarwo saat dikonfirmasi wartawan koran ini menyatakan, dalam rekening koran memang ada pemasukan dana yang mengatasnamakan Persibo. “Tapi saya nggak hapal,” katanya.

Saat didesak siapa peyetor dana tersebut, Herry tetap belum bisa menjelaskan. Dia menyatakan akan melihat dulu dalam rekening koran. Alasannya, banyak sekali setoran yang masuk ke kas daerah. “Dan oleh Bank Jatim, kita diberikan rekening korannya, karena itu saya nggak hapal,” tuturnya.

Sementara itu, pengakuan mantan Asisten Manajer Persibo Bidang Keuangan Abdul Mun’im yang menyetorkan dana ke rekening di Bank Muamalat atas nama pemkab dibantah Sekkab. Menurut Suhadi Moeljono, pemkab tidak mempunyai rekening yang dinamakan rekening penampung dan disetori dana dari Persibo Rp 1 miliar. “Kita hanya punya satu rekening milik pemkab,” katanya.

Di menjelaskan, satu-satunya rekening itu hanyalah di Bank Jatim. Moeljono memperkirakan rekening yang dimaksud milik perseorangan. “Jadi bukan atas nama pemkab,” katanya.

Mantan kepala Bappeda itu memastikan pemkab sama sekali tidak tahu menahu penggunaan dana Persibo. Menurut dia, setelah dana diberikan ke manajemen Persibo, penggunaan sepenuhnya dana itu menjadi hak dari manajemen tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut. “Jadi kita tak tahu menahu,” ujarnya.

Menurut Moeljono, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, memang ada potensi kerugian negara terkait pengunan dana Rp 2 miliar di Persibo. Dia juga menyatakan masih ada waktu dua bulan untuk melakukan perbaikan terkait hal tersebut. “Surat sudah kita kirim nanti penyelesaiannya bagaimana, terserah manajemen Persibo sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, mantan Asisten Manajer Bidang Keuangan Persibo Abdul Mun’im menjelaskan bahwa setoran Rp 1 miliar itu ditransfernya sendiri ke Bank Syariah Mandiri (bukan Bank Muamalat seperti berita sebelumnya) dari Bank Jatim dengan nomor rekening tertentu. “Saya masih punya buktinya, tapi kalau nama pemilik rekening nggak ada,” ujarnya yang mengaku saat menansfer uang didampingi Letkol Inf Kup Yanto Setyono.

Dia menuturkan, usai menansfer dana tersebut, dia memberitahu Zainurri, mantan kabag Keuangan. Bahkan, dia kemudian bertemu dengan Zainurri. “Dan dia mengakui uangnya sudah masuk dalam rekening yang disebutnya rekening penampung,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KONI Bojonegoro Sahari menjelaskan bahwa penerimaan dana Persibo Rp 12,5 miliar. Dia menyayangkan adanya laporan dari manajemen Persibo yang hanya Rp 11,5 miliar. “Ada empat kali penerimaan,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam APBD tahun 2008 Persibo mendapatkan dana Rp 11 miliar. Selanjutnya pada perubahan APBD, Persibo mendapat tambahan Rp 1,5 miliar. “Sehingga kalau ditotal ada Rp 12,5 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, Tamam Syaifuddin dan Maksum Amin hingga kemarin belum juga bisa dikonfirmasi. (ade/jpc)

43 Responses to “Mulai Ada Pengembalian”

  1. Lusi^_^
    July 4, 2009 at 9:00 pm #

    La kok enak cm kmblikan gt. Y di proses jg to. Nek g gt g kapok2. Aq yo gelem. Dpt uang akeh trz ketauan tak baliko. Trz g ada hukuman apa2 gt. Kpn majue indo nek gene crae.

    [Reply]

    Yuda Ade Reply:

    Mbak-mbak pean ki agresif tenan !!! ngalah-ngalahi mas-mas sing comen biasane!! sabar mbak persibo moga tetep jaya!!! walau di grogoti 2 milyar!!

    [Reply]

  2. masivers
    July 4, 2009 at 9:33 pm #

    Nek ngene carane,,, duwit dorong dibalekno, manejemen dorong dibentuk. wezz wani ANGON wedhus WAE,,……..

    angon…..,,,,angon..,,,,,,

    [Reply]

  3. bobo
    July 4, 2009 at 9:55 pm #

    Balikin 12 milliar !

    [Reply]

    Suro T Reply:

    12 M Duitmu ta bo?

    [Reply]

  4. Topex bvj
    July 4, 2009 at 9:58 pm #

    Sokapan majune persibo….?Orang atas2an itu g ada benar n ju2r.

    [Reply]

  5. oPiE
    July 4, 2009 at 10:26 pm #

    Alhamdulillah uang udah kmbali, walau baru sdkit. Tp lumyan. Perlu d syukuri
    @para korup
    ndang di balek’ne kbh dwek’e. Kuwi ora jtah mu. Jo mesoso. Kenek azab mbuh lho yo.

    [Reply]

    Suro T Reply:

    Klo para korup inget ma yg namanya azab ya gk jd korup..!

    [Reply]

    oPiE Reply:

    Sbnarnya sih mrka ingat. Tp apalah daya uang di depan mata.

    [Reply]

  6. Rama D_COFMA
    July 4, 2009 at 10:33 pm #

    wes dang podo tapuk2xan wae,,, tinimbang bantah2xan,,dang gelot wae,,ra usah ngurusi bal2xan,,tinimbang eyel2xan,,q seng masi,,,!

    [Reply]

  7. athur20
    July 4, 2009 at 10:38 pm #

    @all
    buenas noces komo esta?

    buat yang belum mengembalikan dana yang udah di ambil . harap segera dikembalikan . apa bila tidak segera di kembalikan dalam 1×24 jam . maka anda akan di hantui rasa bersalah seumur hidup anda. itu bila anda masih memiliki hati nurani.

    [Reply]

    Suro T Reply:

    Lebih cpat lebih baek

    [Reply]

  8. arisTelon
    July 4, 2009 at 10:42 pm #

    Insyaflah wahai koruptor

    [Reply]

  9. dias bonero
    July 4, 2009 at 11:11 pm #

    wah enak ya kalo nyolong ketahuan trus dikembalikan,kalo gak ketahuan ya bablas.
    yg jelas gak bisa begitu!!
    proses hukum hrs tetap jln.

    [Reply]

  10. Suro T
    July 4, 2009 at 11:12 pm #

    Kayak judul rahasia illahi…Gmna klo taubatny para koruptor

    [Reply]

  11. Fphoer
    July 4, 2009 at 11:43 pm #

    Meski ntr d kmbalikan 2 M, para koruptor hrz ttp d ksh pelajaraN..

    [Reply]

    hamid Reply:

    pelajaran agama yow

    [Reply]

    FANZ Reply:

    Dudu mid
    tapi bgmn korupsi yg aman!

    [Reply]

  12. Lusi^_^
    July 4, 2009 at 11:57 pm #

    @yuda
    y harus dong kalo g ada yg protes trz sopo. Pokoke aku mau masalh iki kudu tuntas py pun crae.haha. Moga angota2 DPRD yg br lbh baek n membela rkyat kecil. N kasi dana yg bny bwt persbo.hehe. Kita kan bomber sjati jd harus agresif. Emang cuma cow yg boleh agresif?haha

    [Reply]

  13. apri BORO KALTIM
    July 5, 2009 at 2:49 am #

    Jek eneng sing melek ra yow. . .

    Spo wonge sing gondol duwite
    Ndang cpt d balikno lho. . .

    [Reply]

  14. mlaten city
    July 5, 2009 at 6:22 am #

    terkutuk kaliyan wahai koruptor

    [Reply]

  15. bobo
    July 5, 2009 at 6:23 am #

    Zzz…

    [Reply]

  16. Maz'BOWO"
    July 5, 2009 at 7:08 am #

    Hhhmmmmmmmm…,
    semangat pagi…
    Lha ko pdo semangat nek menghujat wonk???
    SUBHANAALLOH….,

    [Reply]

  17. dias bonero
    July 5, 2009 at 9:00 am #

    balikin oh..oh balikin!!
    setelah itu terali besi menunggumu.
    susah dan hampir gak ada nyari wakil rakyat yg bersih!!

    [Reply]

  18. Fphoer
    July 5, 2009 at 9:41 am #

    AstagHfiruLLah

    [Reply]

  19. dyon_az
    July 5, 2009 at 10:00 am #

    para koruptor uripe bakalan nelongso neng ndunyo lan akhirat. . . . . . . . . . . . . . . .
    OJO NEMA-NEMU SAK ANAK PUTUKU KABEH. Hiiiiiiiiiiiiii DOSSSSSO

    [Reply]

  20. dyon_az
    July 5, 2009 at 10:07 am #

    MANAGEMENE kuC gung digawe-gawe ngenteni UDDDDAN ye. . . . . . . .????????
    ndang di gawe to!!!!!!! selak ra UMMMMAN PEMAEN

    [Reply]

  21. masivers
    July 5, 2009 at 10:33 am #

    tat cara supporter bisa maju….!!!!!!

    http://www.youtube.com/watch?v=Iwj_u_7Gkqo

    [Reply]

  22. Didik_Sulsel
    July 5, 2009 at 12:11 pm #

    Piye ki manageman Persibo ga d bntuk2,
    PT.Togos Gopas,Sihar Sitorus penglola PSMS lepas 70% pemainne.sisane di boyong ke Pro Duta Bandung yg jg miliknya.1pmain asing dprtahnkn tp bukn untk PSMS tp untk Pro Duta,sedangkn 2pmain asinge (esteban gullien,leonardo zeda dilepas ke klub lain.ayo menagemane Persibo ndang d bntuk

    [Reply]

    Rama D_COFMA Reply:

    manajemene persibo mati

    [Reply]

  23. Cah mbayem
    July 5, 2009 at 12:20 pm #

    Wis….koyo entut ancene sing nerimo duit iku, hukum kudu ditegakkan, pas duite balik wae
    terus iso bebas dari tanggung jawab..ORA ISO

    [Reply]

  24. Topex bvj
    July 5, 2009 at 1:12 pm #

    Manajemen kox durong di bentuk ngenteni upu yo2,,?Wes g uman pemain apik ki.

    [Reply]

  25. Rama D_COFMA
    July 5, 2009 at 2:46 pm #

    kaet sak iki ijek durung di bentuk2x manajemene,,,mangkane to ojo korupsi nek moh urusan kro polisi salah mu dewe,,,

    [Reply]

  26. bobo
    July 5, 2009 at 4:44 pm #

    Ambil enaknya aja !

    [Reply]

  27. Adhon "X-tidoe
    July 5, 2009 at 5:36 pm #

    eneeeeekkk wae seng koyo ngene…kapan majune..hhmmmfffff…

    [Reply]

  28. FANZ
    July 5, 2009 at 6:14 pm #

    lika-liku kehidupan…
    mereka memilih jalan?
    kita juga memilh jalan?
    dosa itu kalo ada uang kelihatan enakny…
    kita doakan smg wonge sadar dan persibo cepet kebentuk

    [Reply]

    dias bonero Reply:

    Garis hidup dan takdir adalah kehendak Allah.
    Tapi kalau ada yg korupsi kita gak tau mungkin dia khilaf atau rakus, mungkin dia sengaja atau kepepet.
    Yang jelas dia telah ditakdirkan untuk korupsi dan itulah jalan hidupnya, agar kita bisa mengambil hikmahnya. Sungguh Allah maha pengasih dan penyayang kpd umatnya.

    [Reply]

  29. arisTelon
    July 5, 2009 at 7:37 pm #

    Sementara pakai manajemen lama

    [Reply]

  30. tono
    July 5, 2009 at 7:47 pm #

    SEMENTARA PAKAI MANAJEMEN LAMA

    Terkait Pembenukan Tim Persibo
    Manajer Persibo Bojonegoro Letkol (inf) Taufik Risnendar emnargetkan dalam satu atau dua minggu ini pembentukan tim Persibo sudah akan dilakukan.

    “Saat ini kami sedang berkoordinasi denga Pemkab (Bojonegoro),” Kata Taufik kemarin.

    Dia menjelaskan koordinasi tersebut terkait penganggaran Persibo Bojonegoro yang sudah tercatat dapam APBD 2009 sebesar 6,5 m iliar. Koordinasi yang dllakukan, lanjut dia, terkait mekanisme dan proses pencairan anggaran tersebut. Dandim 0813 Bojonegoro itu menuturkan dalam seminggu ini pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pemkab. “Terutama Diknas dan Dinas Pemuda Olahraga dimana anggaran Persibo ada didalamnya,” kata dia.

    Mengenai manajemen tim, dia mengatakan masih akan menggunakan manajemen lama. Meski demikian, bukan berarti manajemen lama paten karena semua diperlukan regenerasi seperti yang diinginkan manajemen lama sendiri.

    “Saya masih menginventarisir berbagai masukan terkait manajemen tim nantinya,” tutur pria asal surabaya tersebut.

    Taufik menjelaskan jika nantinya masalah anggaran termasuk pencairannya sudah jelas, pihaknya baru aka bergerak. Yang pertama, menurut dia, adalah merekrut pelatih sebagai nahkoda Persibo musim depan. “Baru setelah pelatih, akan berkembang ke pemain,” tegasnya.

    Disinggung mengenai pelatih, Dandim Bojonegoro itu mengatakan ada beberapa kemungkinan, meski rekomendasi dari manajemen lama menempatan Sartono Anwar sebagai prioritas utama. Hanya, dia menuturkan juga akan mendatangkan pelatih pembanding. “Tapi ya nanti dulu. Masalah anggaran ini kita selesaikan dulu, ” ungkapnya.

    Taufik menambahkan, saat ini pertemuan dengan manajemen lama masih terus di intensifkan. Hal itu, lanjut dia, sebagai langkah mematangkan rencana membentuk tim Persibo musim depan. “Sebab, yang tahu seluk beluknya kan masih manajemen lama,” imbuhnya.

    Sementara itu, mantan asisten manajer Persibo Bidang Teknis, Imam Sardjono saat diminta komentarnya mengatakan, pembentukan manajer tim adalah wewenang dari manajer. Dia menuturkan, sebenarnya cenderung mulai dilakukannya regenerasi manajemen. “Bahkan kalau ada pilihan saya memilih mundur saja karena sudah hampir sepuluh tahun mengurusi Persibo,” tegasnya.

    Meski demikian, dia menuturkan semua terserah pada manajer tim. Sardjono mengatakan sudah melakukan pembicaraan dengan manajemen tim lain termasuk manajer.” Ya terkait tim Persibo ke depan, “kata pria berkaca mata itu. (ade/an)

    [Reply]

  31. Rama D_COFMA
    July 5, 2009 at 8:54 pm #

    semoga ja cepet terbentuk

    [Reply]

  32. bobo
    July 5, 2009 at 9:11 pm #

    @ maswid
    Gek ndang diposting beritane
    Hehehe… Pizz

    [Reply]

    Suro T Reply:

    Yo hp wes mulai lemot

    [Reply]

  33. Maz'BOWO"
    July 5, 2009 at 9:53 pm #

    Mugi2 kemawon PERSIBO di tangani wonk2 profesional”
    biar melangkah ke ngajeng sansoyo muluz…

    [Reply]

Leave a Reply