Oleg – Ji Chung Angkat Koper

Dua dari empat pemain asing yang mengadu nasib di Persibo Bojonegoro, kemarin (23/7) dipulangkan. Dua pemain itu adalah yang berposisi striker. Yakni, Oleg Staruskuy dari Ukraina dan Ji Chung, dari Korea Selatan.

Oleh dan Ji Chung baru kali ini mengadu nasib di Persibo (dan Indonesia). Akan tetapi, manajemen Persibo memilih memulangkan keduanya, karena dinilai belum sesuai dengan kebutuhan tim. Dan dipulangkannya Oleg dan Ji Chung, sekarang tinggal menyisakan dua pemain asing yang masih mengadu nasib di Persibo. Keduanya sama-sama berposisi Stopper. Yakni, Didier Koutouzi asal Kamerun dan Park Chul Hyung asal Korea Selatan.

Didier Koutouzi sendiri sebenarnya sudah beberapa kali bermain di Indonesia. Selain di PS Tembilahan Kep. Riau, sebelumnya Didier pernah bermain di Persiku dan PSIS Semarang. Sedangkan Park Chul Hyung baru setengah musim lalu bermain di Persema Malang. “Keduanya (Oleg dan Ji Chung) dipulangkan karena belum sesuai dengan kebutuhan tim Persibo,” kata Pelatih Persibo Sartono Anwar. Untuk posisi striker, lanjut dia, pihaknya membutuhkan pemain yang benar-benar mempunyai kemampuan dan naluri mencetak gol yang tinggi.

Kita ingat di musim lalu ketika Peribo Bojonegoro menjuarai Divisi Utama, Persibo mempunyai striker asing sekelas Perry Sah Kollie. Selama di Divisi Utama pemain tersebut mencetak 11 gol bagi Persibo. Namun, dalam rekomendasi, baik dari manajemen maupun pelatih, naman Perry S. Kollie tidak termasuk yang dipertahankan untuk bermain di ajang ISL musim depan.

Karena itu, Sartono masih ingin mencari striker yang benar-benar berkualitas dan haus gol. Untuk menunjang hal itu, Sartono masih akan meminta didatangkan pemain asing lagi untuk kemudian di seleksi. Dia tidak memberikan target harus dari Asia. Pemain non Asia pun tak masalah. “Mana yang cocok dulu lah”, ungkapnya.

Bagaimana dengan dua pemain, Didier dan Chul Hyong? Sartono mengatakan, keduanya masih akan dilihat kemampuanya dalam beberapa kali latihan. Hingga minggu depan kemampuan keduanya akan dipantau. “Karena kita juga butuh pemain di posisi stopper dalam ISL musim depan,” tegasnya. (ade/rdr)