Jadilah Panpel Persibo Yang Profesional

Dikirim oleh : Purnomo, fphoer (fphoer_ring@yahoo.com)

Akhir-akhir ini banyak kejadian memilukan telah menghiasi berita di media cetak maupun elektronik terkait dengan pertandingan sepak bola Nasional. Kemarin sebagian supporter Persiba Bantul turun ke dalam lapangan, untung saja aparat keamanan dengan sigap dapat menghalau para Oknum supporter tersebut sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak sampai meluas, di Depok juga ada insiden kerusuhan yang terjadi akibat tidak puas dengan kepemimpinan wasit, dan yang terakhir adanya oknum Boromania yang menjebol pintu masuk Stadion dan melakukan aksi pelemparan kepada pemain dan offisial tim Persema.

Ironis memang apabila melihat kejadian seperti itu, sebenarnya peristiwa tersebut tidak akan terjadi apabila panitia pelaksanan pertandingan (Panpel) memang benar-benar siap dalam menggelar sebuah pertandingan, yang dimaksud perangkat pertandingan adalah segala hal yang berhubungan dengan pertandingan sepak bola. Mulai dari Wasit, Petugas Keamanan, Tim medis dan yang lainnya. Dalam sebuah pertandingan harusnya Panpel dapat mengambil keputusan dengan cepat apabila ada insiden atau kejadian kecil yang dapat mengakibatkan pertandingan terganggu. Dengan kesigapan tersebut, diharapkan mampu meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dalam pertandingan.

Rentetan demi rentetan kerusuhan yang menghiasi lembaran pelaksanaan Liga Indonesia seakan-akan menguatkan stigma bahwa sepakbola nasional rentan kerusuhan. Namun pandangan ini ditampik berbagai pihak, terutama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Badan Liga Indonesia (BLI) sebagai otoritas tertinggi sepakbola nasional dan penyelenggara liga Indonesia. Ketua BLI Joko Driyono menyatakan, kerusuhan yang terjadi dalam suatu pertandingan sepakbola tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab BLI. Menurutnya, tanggung jawab BLI hanya untuk menyelenggarakan liga, sedangkan pertandingan sendiri menjadi tanggung jawab panitia pelaksana setempat. ”Saat pertandingan berlangsung, semuanya sudah menjadi tanggung jawab dari panitia pelaksana yang berkoordinasi dengan petugas keamanan. Perangkat pertandingan seperti wasit dan hakim garis juga tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Harusnya baik pemain, klub, dan suporter dapat menghormati keputusan yang dibuat oleh wasit dan hakim garis,” kilahnya.

Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa Panitia Pelaksanan Pertandingan memiliki perananan yang signifikan dalam bergulirnya sebuah kompetisi sepak bola, dapat dibayangkan bagaimana kacaunya sebuah pertandingan sepak bola tanpa dibentuknya panitia pelaksanan pertandingan, Sudah dibentuk panpel yang sedemikian saja masih ada kejadian-kejadian yang mencoreng persepakbolaan kita.

Tentunya sebagai Boromania dan masyarakat pecinta bola memiliki harapan yang besar kepada Panitia Pelaksana Pertandingan agar dapat menjalankan tugas-tugasnya sesuai dengan TUPOKSI yang diemban oleh masing-masing individu “lebih khusus kepada Panpel Persibo” sehingga Panpel dapat menggelar pertandingan-pertandingan dengan baik dan predikat Panpel yang profesional dapat tertancap di benak masyarakat Indonesia.

Dengan mempersiapkan perangkat pertandingan sedemikian rupa, kemungkinan sangat kecil akan terjadi suatu insiden yang tidak diinginkan, karena kaitannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan pertandingan bola telah diantisipasi dan dipersiapkan langkah-langkah penanganannya. Apabila suasana stadion dapat tercipta dengan kondusif supporter dapat menikmati pertandingan dengan enjoy dan menyenangkan. Ingat bahwa tujuan orang berbondong-bondong ke stadion adalah untuk mendukung perjuangan tim pujaannya, bukan berantem atau bertindak anarkis. Memang tidak dapat dipungkiri ada beberapa oknum supporter yang berniat datang ke stadion tidak hanya menyaksikan pertandingan, melainkan ada tujuan lain yang sifatnya negatif. Tetapi kami yakin apabila Panpel dapat bekerja dengan profesional dan menyiapkan perangkat pertandingan secara baik, maka pertandingan sepak bola akan berjalan dengan lancar.

33 Responses to “Jadilah Panpel Persibo Yang Profesional”

  1. guest
    March 8, 2009 at 7:37 pm #

    hehehe… mas phoer profesinya wartawan yah..

    [Reply]

  2. [boboholic]
    March 8, 2009 at 7:39 pm #

    Kinerja panpel persibo “nol”

    [Reply]

  3. [boboholic]
    March 8, 2009 at 7:41 pm #

    Mas pur
    TUPOKSI i opo mas pur?

    [Reply]

  4. Aa Gimin
    March 8, 2009 at 7:44 pm #

    Aa Gimin dataaaaaaaaaaaaaaaaaang…..

    walah panpel sak tetek benge’e gk iso mergawe blas.

    [Reply]

  5. ARIS BOROMANIA SUMBERREJO
    March 8, 2009 at 8:11 pm #

    IYA WAKTU AKU NONTON PERSIBO VS PERSIKU PANPEL KURANG SIGAP DLM ANTISIPASI PENONTON TERUTAMA DI LUAR STADION BANYAK PENONTON YG MEMANJAT TEMBOK SEBELH BARAT DEKAT PINTU MASUK PETUGAS KEAMANAN CUMA DIAM AJA . MAKLUM PANPEL BELOM BERPENGLAMAN SEHARUSNYA BISA BELAJAR DARI PENGLAMAN DONK.

    [Reply]

  6. fphoer
    March 8, 2009 at 8:40 pm #

    @gues
    aq bkn wartwan mas, cm skdar hobi nulis az.
    @ mas bobo
    TUPOKSI kuwi artine Tugas Pokok dan Fungsi

    [Reply]

  7. Aa Gimin
    March 8, 2009 at 8:54 pm #

    Kalau menurt saya, panpel hanya mikirkan uang, tidak mimikirkan keselamatan boromania, masak tadi aja di pintu masuk stadion sblum pertandingan mulai, ada seorang cewek ma anak kecil yang pingsan gara2 kelamaan antri, tau sikap panpel gmn, dia hanya bilang “nak wes pinsang kon opo?”….

    gak kurang ajar…???

    [Reply]

  8. elninu
    March 8, 2009 at 8:56 pm #

    @all
    met malem muua
    @pfoer
    tulisane kug cepet men leh,upu mau lihat sambil nulis
    tapi aku adi kecewa sama boromania yang masuk dengan cara yang gak terpuji(jebol pintu masuk),lempar botol,sandal,jagung…rusuh tok…..panpel,keamanan piye to iki?

    [Reply]

  9. guest
    March 8, 2009 at 9:01 pm #

    hehe…

    dulu pelajaran bahasa indonesianya pasti dpt 9,9

    😛

    [Reply]

  10. Dhi'an
    March 8, 2009 at 9:03 pm #

    @ms fpor
    Wah2x ms fhpor brbakat jd wartawan..
    @bobo
    Waduh bo suaraQ serak entek..
    @gimin
    akhrny tau yg nmx gimin jg?Ha2x
    @mas wida
    Bsk hrs ikt futsal.He2x.Wajib untk yg pny web…

    [Reply]

  11. [boboholic]
    March 8, 2009 at 9:06 pm #

    Tottenham hotspurs rencananya juga bakalan datang ke indonesia

    [Reply]

  12. dias bonero
    March 8, 2009 at 9:09 pm #

    Susah memang sudah menjadi potret persepakbolaan di tanah air kita memang begitu, wasit seperti sudah tidak ada wibawanya padahal kita tahu wasit itu punya kuasa dalam pertandingan kalau wasit bertindak salah sudah ada sangsinya atau badan yang menanganinya, yang jelas pemain, penonton dan oficial/pelatih belum bisa menunjukkan kedewasaannya atau mereka2 itu cuek apa yang dinamakan sportif dan fairplay. Entah sampai kapan…sepakbola kita maju!! pusiiing…pussiiing!!!

    [Reply]

  13. Dhi'an
    March 8, 2009 at 9:10 pm #

    Sbaikny pintu yg d jebol D tembok d tu2p biar aman g d jebol…
    Tul g nad?

    [Reply]

  14. Aa Gimin
    March 8, 2009 at 9:15 pm #

    @ Dhi’an

    Met ketemu juga ya…

    kalau menurutku wasit di indonesia tu apa ya….???wasit katrok2x tok, podo karo aku..

    kita lhat aja wasit yg ada di liga luar negeri sana, pa da yang brani protes keras, apa lagi smpek mukul?

    kalau di indonesia, paling enak sih mukul jidat wasit, salahnya sndiri sih, iya gak?

    [Reply]

  15. elninu
    March 8, 2009 at 9:34 pm #

    @dhian
    iyo bener ditembol ae upu lagi jam setengah telu jebol,ra bayar mlebune ngantemi,mlebu stadion jotosi pemain lawan koyo wes jagoan dewe ngunu lohhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    [Reply]

  16. J_blank
    March 8, 2009 at 9:54 pm #

    @dhi’an
    Mau sampean seng ndi yow..??
    @nglumut
    Hp mu d garap sisok ae,ketok e perlu penanganan kusus wi.
    @nina
    Pye wes entok hp anyar durung?

    [Reply]

  17. SYARIEF
    March 8, 2009 at 9:55 pm #

    @ el ninu
    sing mlebu njebol pintu maeng dudu BOROMANIA, tapi BOROKMANIA.
    Lha piye, wes entuk mlebu gratis neng njero stadion, gak kaosan oranye, nggawe rusuh sisan.

    [Reply]

  18. Mrbowo-pontianakciuy
    March 8, 2009 at 10:28 pm #

    Wah 3x”ko tragis temen yo,wonk bojonegoro gwe rusuh”tiem lg ape mulai naek daun ko mlh gwe kerusuhan,wiz jan bangsat tenan sink anarki” mencoreng nm baek boro mania”yo mugo2 wae cpt sadar wonk2 sing gwe rusuh”bisa jd tertib & tau aturan”

    [Reply]

  19. om john
    March 9, 2009 at 1:11 am #

    met kenal smua. ak om john, cah halte sink saiki berkelana ning jkt. wah sedih tenan ak dngar berita kyo ngene iki. mau ak yo di sms dulurku yen pertandingane persibo rusuh. bener omonge mrbowo-pontianak, kondisi & prestasi tim persibo lagi apik-apike malah dirusak karo hal-hal kyo ngene. op maneh copa arep disiarno langsung tvone, iso2 ora oleh ijin karo polisi gara2 rusuh iki. menang sih menang tapi nek carane koyo ngene malah dadi kerdil ora membanggakan. ayo konco2 boromania cyber, mari kita tularkan virus cinta damai, sportivitas & anti kekerasan dalam mendukung persibo. nek kalah yo kudu ditrimo kalahe, nek menang yo ojo ngasorake musohe, lan ojo gawe hukum dewe2. ayo diwiwiti soko diri pribadi

    [Reply]

  20. Audra Surya Purna Paskibraka
    March 9, 2009 at 5:32 am #

    Pintu masuknya ditambah donk. Biar kagak antree panjang. Kasihan anak2 dan ibu2.

    [Reply]

  21. apri BORO KALTIM
    March 9, 2009 at 5:54 am #

    Q yakin sing gawe rusuh iku dudu boromania. . . .
    Ee kbiasaan sing anarki iku d buang
    Nek bner cinta persibo ayo kt buktikan dg sportiv
    Pe dadi opo nek wes ngnekuwi
    Dadi jagoan tah??
    Sing gawe rusuh le’e sadar iku kampungan

    [Reply]

  22. AnOmAn
    March 9, 2009 at 6:01 am #

    Met pgi..
    Wah,pnonton ilegal sgt2 mengotori nma baek boromania.
    Kmnangn yg apik d nodai ulah oknum2 g brtnggung jwb.
    Ileng rek,ngko nek kenek sanksi,kene dw sing rugi.
    Penonton ilegal,wis jebol lawang,g nganggo kaos oranye,ngantemi nganggo botol sisan!

    [Reply]

  23. AnOmAn
    March 9, 2009 at 6:05 am #

    Boromania ketok apik tnan nek mlebu tv.ayo rek,sesok kamis pdo nganggo atribut oranye.kpan ksdaran’e rek,klo g dmlai dr skrg?oranyekn SLS sat qta msuk tv.nyanyikan yel2 yg smgt!
    Ojo lali tku tiket n no anarchy,no tawuran!

    [Reply]

  24. AnOmAn
    March 9, 2009 at 6:09 am #

    Mntup pintu mlah mnambah antrian yg smkn pnjg mas..
    Klo mnrutq,mnmbah pntu utk msk stdion jg baik.tp prl d ingat,pntu ini bkn utk d jebol,tp utk antri msk stdion dg tertib.
    Prcma donk,px pntu msk,tp g dbwt antrian msuk pke tiket.

    [Reply]

  25. Aa Gimin
    March 9, 2009 at 6:19 am #

    met pagi….

    nak msalah iki seng paling ngerti pak lurah iki….

    Pak lurah nak wes nginiki sopo seng bentoooo….????

    [Reply]

  26. SYARIEF
    March 9, 2009 at 7:06 am #

    @ AnOmAn
    setujuuuuuu…
    lebih baik semua pintu dibuka untuk antrean pintu masuk.
    kalo penjagaanX ketat pasti gak ada pintu yang terjebol lg, selain itu dapat mengurangi antrean yang bisa mengakibatkan dompet melayang atau bahkan nyawa yg ikut melayang.
    ayo dulur, jogo sportifitas, ojo anarkis, ojo tawuran kanggo persepakbolaan Bojonegoro karo Indonesia ke arah sing luwih apik.
    BOROMANIA : “DAMAI BERSAUDARA”

    [Reply]

  27. SYARIEF
    March 9, 2009 at 7:10 am #

    @ BOROMANIA CYBER
    kalo futsal nanti semuanya pakai kaos team oranye, siapa yg jadi lawan kita?
    engko tim sing kalah mblejet (kaosnya dilepas).
    setuju pora?
    ben iso mbedakno tim kawan karo lawan.

    [Reply]

  28. guztav_cisc
    March 9, 2009 at 7:52 am #

    Kmren cg ddpanq tu boromania cyber kbeh a? Lek gbung yok opo crae rek?

    [Reply]

  29. utomo
    March 9, 2009 at 9:14 am #

    Bravo Persibo, sayang Varney dapat kartu merah yang tentu saja sangat merugikan bagi Varney sendiri dan Persibo, serta sangat disesalkan oleh semua pecinta Pesribo.
    Untuk Panpel Persibo memang harus instropeksi agar bisa profesional, saran saya :
    – pintu masuk ditambah khususnya untuk tiket ekonomi, biar tidak berjubel berdesakan, kasihan wanita & anak2
    – penjualan tiket dibuka lebih awal jangan menjelang pertandingan, lebih bagus kalo tempat penjualan tiket tidak hanya di stadion (paling tidak 3 tempat), ini untuk menghindari penumpukan masa yang rawan menimbulkan keributan.
    – agar lebih tertib ditiap pintu masuk harus ada petugas keamanannya.
    – prioritaskan pelayanan penjualan tiket bagi penonton bukan calo. Seperti pada pertandingan kemarin Persibo vs Persema, jam 12.00 penonton sudah berdesakan antri di loket stadion mau beli tiket tapi Panpel belum melayani. Lucunya jam 10.00 an calo sudah merajalela menjual tiket pertandingan. Lha ini kan aneh, loket belum buka tapi calo sudah jual tiket. Atau mungkin calo merupakan bagian dari Panpel ?
    ” Maju terus Persibo kami selalu mendukungmu “.

    [Reply]

  30. ajid
    March 10, 2009 at 10:01 am #

    NO TAWURAN

    NO ANARKI

    JUST GOOD FOOTBALL INDONESIA

    DEWASALAH BOROMANIA

    [Reply]

  31. Madrai
    March 10, 2009 at 11:32 am #

    Aku yakin. Gusnul…eh..Hakul Yaqin, nek sing nggawe rusuh wi dudu boro mania. Nek isih panggah ono sing nggawe rusuh apalagi anarkis ayo ditangkep dewe trus ditakoni wong endi. Nek wong Jonegoro, ditatar di omongi sing apik2 ae. nek udu wong Jonegoro serahno ae mbek Polingsi.

    Opo nggawe sistime Aremania. Sing ngisruh di olok2 “Ndeso…katrok…kampungan” suwe-suwe lak isin dewe.

    Tunjukkan Persibo bisa berprestasi tanpa Anarkis. BRAVO PERSIBO!

    [Reply]

  32. aanzp
    March 10, 2009 at 12:35 pm #

    Calonya tu sbenernya dr anggota DPP Boromania yg cari untung and dimasukkan kas DPP Boromania.padahal tiket sporter disediakan dg harga 12500 tapi ma calo dijual 15000

    [Reply]

  33. rejz.boromania.ngalamraya
    March 10, 2009 at 2:35 pm #

    he9…. akhrnya d posting juga nih uneg2..

    tapi sebelum menuding pihak panpel, lebih gentle kalo kita mau introspeksi diri dulu…
    sebagai BOROmania apa yang telah kita berikan untuk PERSIBO kita??jangan meminta terlebih dahulu…

    jika dilihat memang kerja panpel cukup baik (mereka dengan tegas ngusir orang2 yang tak ber-tiket) tapi jumlah dari panpel itu sendiri juga sangat minim (masak +- 8 orang (asumsi tiap pintu 2 orang) harus ngelayani 15.000 BOROmania???). lebih baik dimanfaatkan aja sarana yang telah ada, misal pintu di sebelah selatan (yang kemaren jebol), daripada d jebol mending d jadikan pintu masuk aja (masak pintu cm di tutup tok??)…

    bukan saya mau mendukung siapa, tapi mungkin saran ini juga bisa dijadikan cerminan diri kita masing2 untuk menjadikan PERSIBO dan BOROmania MAJU!!!!

    FORZA PERSIBO

    [Reply]

Leave a Reply