Pembangunan Lampu Stadion Rampung Akhir November

Pembangunan lampu Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro, Jatim, ditarget akhir November, sudah rampung, termasuk pemasangan kursi di tribun.

“Sesuai kontrak batas akhir pembangunan lampu stadion 15 Desember, namun karena faktor persiapan laga Persibo selanjutnya akhir November harus sudah rampung,” kata Kepala Bidang Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bojonegoro, Suparman, Kamis.

Sementara ini, lampu yang sudah terpasang baru 94 tempat lampu, di empat tiang yang tingginya masing-masing 30 meter. Di antaranya 51 unit sudah ada lampunya yang berkekuatan 2.000 watt/lampu. Direncanakan, lampu yang terpasang sebanyak 144 unit.

Menurut konsultan PT Philips Indonesia, Suliyanto, pihaknya masih menunggu konfirmasi kedatangan lampu yang masih kurang dari distributor yang mendatangkan lampu dari Cina.”Sejauh ini kami masih belum tahu kapan lampu yang kurang datang,” jelasnya.

Namun, menurut dia, kalau memang lampu datang akan langsung dipasang, sebab secara teknis pemasangan lampu tidak sulit. Termasuk, pemasangan kursi di tribun, juga ditargetkan akhir November harus sudah rampung.

Menjawab pertanyaan, Suparman mengatakan, kursi yang akan dipasang di tribun, masih dalam proses pemesanan dan diperkirakan dalam waktu dekat ini, sudah rampung.

Kalau memang kursi datang, pemasangan kursi langsung bisa dilakukan. Diperkirakan jumlah kursi di tribun tidak lebih dari 800 kursi, sedangkan di kursi VIP sebanyak 40 kursi.

Dia menjelaskan, untuk paket pekerjaan pemasangan lampu tersebut, merupakan paket tahap kedua dengan alokasi anggaran Rp4,5 miliar dari APBD Perubahan.

Pekerjaan tersebut, meneruskan paket tahap pertama pembangunan lampu stadion yang dianggarkan Rp4 miliar dari APBD 2010. Sedangkan paket pekerjaan pemasangan kursi dialokasikan sebesar Rp300 juta juga dari APBD Perubahan 2010.

“Sejumlah ruangan stadion, masih ada yang perlu dibenahi kembali,” katanya menjelaskan.

Sesuai jadwal Tim Persibo setelah menjalani empat laga tandang, akan kembali menjalani laga kandang, sehingga Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro diharapkan sudah bisa dimanfaatkan laga pada malam hari, tidak hanya sore hari.(antara)