Pembentukan Tim Persibo Dimulai Pekan Ini

Persibo Bojonegoro memulai rencana membentuk tim untuk persiapan Liga Super Indonesia mulai pekan ini. Beberapa pemain lokal dan asing akan menjalani serangkaian tes sebelum direkrut untuk memperkuat Persibo musim depan. Manajemen Persibo memberi kewenangan luas bagi pelatih untuk menentukan skuad.

Menurut Pelatih Persibo Sartono Anwar, sebelum dibentuk, dirinya akan memulai seleksi pemain pada Senin (5/7/2010). Seleksi yang akan dilaksanakan di Stadion Letjen Soedirman ini bakal diikuti enam pemain baru. Seluruhnya merupakan pemain lokal. Seleksi perdana ini belum diikuti lima pemain asing yang berminat bergabung dengan Persibo.

“Besok kami sudah memulai latihan. Selain itu, seleksi perdana juga akan dilakukan yang diikuti enam pemain baru. Untuk pemain asing, paling cepat akhir pekan ini mereka mengikuti seleksi,” ujar Sartono, Minggu (4/7/2010).

Setelah seluruh proses seleksi selesai, menurut pelatih berusia 63 tahun ini, pembentukan tim bisa segera dimulai. Mereka yang terpilih akan didaftarkan ke PT Liga Indonesia untuk dicatat sebagai pemain Persibo di Liga Super Indonesia musim depan. Separuh dari skuad Persibo nanti adalah muka lama saat Persibo berlaga di Divisi Utama.

Sementara itu, Manajer Persibo Letnan Kolonel (Inf) Taufik Risnendar akan memberi kewenangan penuh kepada Sartono dalam urusan rekrut pemain. Menurut dia, pihak manajemen dan pengurus sama sekali tidak akan mencampuri urusan strategi dan racikan pemain. Sikap semacam inilah yang membuat sebuah tim menjadi harmonis tanpa ada campur tangan manajemen di lapangan hijau.

“Kami memang memberi kewenangan penuh bagi pelatih. Pelatih bebas menentukan siapa-siapa saja yang akan direkrut untuk musim depan. Kami tidak akan mencampuri apa-apa yang menjadi urusan pelatih,” ucap Taufik.(kompas)