Pemerintah Harus Dukung Sepak Bola

Pemkab Bojonegoro menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri terkait tindaklanjut rekomendasi hasil kongres sepak bola nasional (KSN) di Malang, 29-31 Maret lalu.

Surat bernomor 426/2021/SJ yang diteken Sekjen Kepmendagri Diah Anggraeni itu ditujukan kepada gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia. Surat tersebut mencantumkan tiga hal. Pertama, rekomendasi kepada pihak terkait agar pemerintah menyediakan anggaran stimulan dari APBN dan APBD untuk menunjang target menuju prestasi. Kedua, Instruksi Presiden kepada semua pihak agar menindaklanjuti dan merespon hasil KSN untuk meningkatkan prestasi sepak bola nasional. Sedangkan pada poin ketiga disebutkan, guna melaksanakan instruksi presiden diminta kepada gubernur dan bupati/walikota untuk membangun dan meningkatkan infrastruktur olahraga multifungsi khususnya sepak bola dari tingkat kecamatan sampai provinsi.

Juga, melaksanakan dan meningkatkan berbagai pertandingan atau kompetisi olahraga khususnya sepak bola secara terencana dan berkelanjutan dengan bekerja sama bersama pemangku kepentingan. Sedangkan yang terakhir adalah adanya pengalokasian dan peningkatan dana pembinaan bagi pembinaan olahraga berpretasi khususnya sepakbola di APBD masing-masing pada setiap tahun anggaran.

“Kami masih mempelajari surat tersebut guna dilakukan penerapan di Bojonegoro,” ungkap Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono.

Dia mengatakan, intinya dengan surat itu memberikan peluang bagi olahraga di Bojonegoro khususnya sepak bola guna lebih berkembang lagi. Sebab, didalamnya juga disebutkan adanya pembangunan infrastruktur olahraga multifungsi termasuk sepak bola. Dan ini bisa menjadi dasar bagi Bojonegoro guna membangun olahraga. “Tentunya semua juga harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Intinya peluang cukup besar untuk mengalokasikan tambahan dana,” imbuhnya.

Sementara itu, mayoritas fraksi-fraksi di DPRD Bojonegoro berharap acara rembuk sepak bola Bojonegoro yang digelar siang ini bisa memberikan hasil bagi pembinaan sepak bola di Bojonegoro. “Intinya paling tidak ada rekomendasi guna pengembangan sepak bola terutama persibo,” kata ketua Fraksi PKS DPRD Bojonegoro, Ali Mahmudi.

Dia mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat guna berbicara Persibo serta kelangsungan Persibo kedepan. Apalagi, lanjut dia, ada petinggi dari PT Liga Indonesia yang akan hadir sehingga akan banyak pelajaran yang bisa diambil dalam rembuk sepak bola Bojonegoro tersebut. “Kalau hanya bicara saja tanpa ada keputusan konkret tentu akan mubazir,” timpal anggota Fraksi Persatuan Nasional, Chisbullah Huda.

Sedangkan Budi Irawanto dari FPDI Perjuangan mengatakan, dengan menghadirkan semua pihak tentunya komitmen bisa dilakukan. “Nantinya setelah ini tidak saling menyalahkan, namun saling berkomitmen membangun Persibo bersama-sama,” tuturnya. (ade/wid/jpnn)

10 Responses to “Pemerintah Harus Dukung Sepak Bola”

  1. rejz
    June 16, 2010 at 10:09 am #

    cari PERTAMAX

    [Reply]

    rejz Reply:

    akhirnya dapat juga hwahahahaha…

    [Reply]

  2. Marcellino
    June 16, 2010 at 10:29 am #

    3 gpp

    [Reply]

  3. Misionaris
    June 16, 2010 at 10:34 am #

    4 maning

    [Reply]

  4. Anoman
    June 16, 2010 at 10:41 am #

    Tak apa lahh 5 besarr

    [Reply]

  5. DI2K_GOMACO SULSEL
    June 16, 2010 at 11:19 am #

    sue ga absen,melu 10 besar lumayan…

    [Reply]

  6. Wong gemblung
    June 16, 2010 at 11:55 am #

    wong ngeluu

    [Reply]

  7. boroKanor
    June 16, 2010 at 12:36 pm #

    duwik’e ojok dikorupsi yooo pakdhe eksekutip n legislatip………..

    [Reply]

  8. vic
    June 16, 2010 at 1:39 pm #

    semangat siank. . mbgun stadion .q nglamar sing dadi mandore cah ,hehe

    [Reply]

  9. -gerri boro sejati-
    June 16, 2010 at 4:21 pm #

    ndang cpt ngrenovasi stadione, gk sah ngmong toq, mben ndang bar ndang ws ngunu lho…

    [Reply]

Leave a Reply