Pemkab Bingung Kembalikan Dana

Menjelang batas akhir pemenuhan petunjuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang kasus dana Persibo, Pemkab Bojonegoro tampak sedikit kebingungan.

Sebab, petunjuk BPK mengharuskan adanya pengembalian dana Rp 2 miliar yang diduga kuat tidak ada realisasinya dalam penggunaan anggaran tahun 2008 di Persibo Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Suyoto kepada beritajatim.com, Senin (3/8/2009) menyebutkan, pihaknya telah memberikan kewenangan kepada Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah, Harry Soejarwo. “Langsung saja ke Pak Herry, beliau sudah saya beri mandat,” katanya.

Diterangkan, pihaknya ingin sebelum akhir dari batas yang telah ditentukan oleh BPK, yakni 15 Agustus 2009 atau dua bulan setelah adanya petunjuk, maka harus sudah dipenuhi.

Sementara itu, Kepala Dispenda dan Pengelolaan Aset Daerah, Herry Soejarwo membenarkan, saat ini pihaknya sedang berusaha memenuhi petunjuk BPK.

“Saat ini uang baru terkumpul Rp 380 juta, uang yang diduga kuat diterima oleh beberapa pihak,” ujarnya.

Sehingga, masih ada Rp 1,620 miliar yang harus dikumpulkan dan pihaknya segera membuat penagihan kembali kepada mereka yang menerima uang dari Persibo Bojonegoro.

“Uang telah disetor ke Kasda dan akan dilaporkan ke BPK,” tambahnya.

Ditanya siapa saja mereka yang mengembalikan, Herry enggan membeber. Ia hanya tersenyum dan beberapa kali mengelak dan langsung meninggalkan beritajatim.com tanpa mau memberikan informasi.

“Pada intinya, kita akan segera memenuhi sebelum 15 Agustus mendatang,” tambahnya.

Seperti diketahui, dana Persibo Bojonegoro yang diberikan oleh KONI Bojonegoro pada Maret 2008 lalu ternyata bermasalah. Sebab, total pencairan pertama Rp 5 miliar, hanya diterima manajemen Persibo Rp 3 miliar.

Dari informasi yang berkembang, anggaran Rp 2 miliar yang seharusnya diterima Persibo diberikan kepada pimpinan DPRD dan pejabat Pemkab Bojonegoro. Namun, untuk pelaporan Persibo harus melakukan mark-up agar tetap berjumlah Rp 5 miliar.(air/bjc)

20 Responses to “Pemkab Bingung Kembalikan Dana”

  1. Bob
    August 4, 2009 at 9:04 am #

    Pertamax

    [Reply]

  2. Hamid
    August 4, 2009 at 9:10 am #

    Petromax

    [Reply]

  3. rejz.boromania
    August 4, 2009 at 9:20 am #

    waladalah…. nek wayahe mbalekne dana kok angel bgt ya??? :(

    [Reply]

  4. Novan
    August 4, 2009 at 9:47 am #

    Bpk2 yg menerima uang ayo cpt dikmblikan uange..ato pilih masuk jail

    [Reply]

  5. FANZ
    August 4, 2009 at 11:14 am #

    TOBAT…
    uang itu enak ga usah di kemblkn pak, makan aja…

    [Reply]

  6. Didik Sulsel
    August 4, 2009 at 11:19 am #

    Yg merasa menerima uang dari persibo hrap sgera di kmbalikan,kalo gak sgera di kembalikan paranormal/dukun2 seIndonesia akan santet anda.
    Mandat dari cu2 mbah dukun…
    (;-)…wedhi po ra yo seng gowo duite Persibo)

    [Reply]

  7. dias bonero
    August 4, 2009 at 1:10 pm #

    Paling uenak hidup di indonesia, nyolong ketahuan cuma disuruh mengembalikan!!! itu juga kalau mau!! Gmn kuruptor2 nggak tumbuh subur di negri kita!!!

    [Reply]

  8. Andie
    August 4, 2009 at 1:16 pm #

    Mantav..
    Kok cm suruh ngembalikan kok g d tuntut y? :-(

    [Reply]

    rejz.boromania Reply:

    soale yang nuntut ma yang dituntut sama2 nuntut…

    yang nuntut minta jatah bagian,
    yang dituntut minta jatah bebas..

    [Reply]

    dias bonero Reply:

    Itulah anehnya! bukannya proses hukumnya yg dikedepankan kok malah bingung yg nyolong diminta mengembalikan! lha kalo gitu ketahuan dong yg nyolong kalo mengembalikan? :-)
    Atau yg nyuruh mengembalikan sama yg ngambil sdh ada kerjasama? TST (tau sama tau lah).
    Yang pasti budaya malu sdh tidak ada! yg ada budaya korup!!
    Gimana niiih! wibawa institusi hukum dan para penegak2nya di negri kiita!! jangan2 sama saja!
    Mohon ma’af krn selama ini kita blm tahu berita proses hukumnya sampai saat ini.

    [Reply]

    Bob Reply:

    Tinggal pemimpinnya

    [Reply]

    rejz.boromania Reply:

    blum tau proses hukum karena blom pernah di hukum :p

    [Reply]

    Andie Reply:

    G usah d balekne ae pak danane persibo sing d embat..D enggo mangan sak keluarga nek warunge pak ‘wo lak mantav jaya…

  9. Bob
    August 4, 2009 at 2:02 pm #

    Bojonegoro ayo revolusi
    Menjadi daerah yang lebih baik lagi

    [Reply]

  10. fphoer
    August 4, 2009 at 3:22 pm #

    ItuLah IndoNesia

    [Reply]

  11. Tono
    August 4, 2009 at 4:35 pm #

    HERY SIAP GABUNG PERSIBO

    Manajamen Persibo Bojonegoro meminta semua pemain yang dipertahankan untuk segera datang ke kota Ledre. Para pemain tersebut ditargetkan minggu depan mulai bergabung dengan tim Persibo untuk memulai latihan guna menghadapi kompetisi 2009/2010. “Kita sudah menghubungi sebgaian dari mereka,” ungkap Asisten Manajer Bidang Teknis Persibo Bojonegoro Imam Sardjono, kemarin.

    Selain itu, lanjut dia, sejumlah pemain yang diburu oleh tim berjuluk Laskar Angling Dharma ini juga sudah dikomunikasikan. salah satunya M. Hamzah, menurut Sardjono.

    Hamzah saat dihubungi mengaku akan datang bersama Zulham, pemain yang diburu Persibo. “Sebab, kebetulan keduanya sama-sama dari Maluku,” katanya.

    Pemain lain yang dihubungi adalah mantan penjaga gawang Persibo musim lalu, Hery Prasetyo. Hery sendiri, kata Sardjono, menyatakan siap datang ke Bojonegoro. “Namum kapan dia datang belum bisa dipastikan. Dia hanya ngomong siap datang,” imbuhnya.

    Dia mengungkapkan, dari hasil pembicaraan dengan Hery, terungkap bahwa pemain tersebut belum terikat dengan klub manapun. Karena itu, Hery mengaku siap datang. “Dia juga pemain yang direkomendasikan bertahan,” katanya.

    Begitu juga dengan Abel Cielow Quioh alias Yellow yang saat ini berada di Liberia. Legiun asing ini sudah dihubungi dan siap datang. Sardjono berharap minggu depan Yellow sudah bergabung. “Sebab, dia sudah pra kontrak dengan kita,”. imbuhnya.

    Namun, yang terpenting adalah nanti sore para pemain hasil binaan kompetisi internal Persibo diharap datang ke Stadion Letjen H. Soedirman. sardjono mengungkapkan, meski belum menerima undangan seleksi. berdasarkan surat yang pernah dikirim panpel, dhiharpkan klub asal pemain bisa menghadirkan sekaligus memberitahukan kepada para pemainnya. ” Tapi kita juga kirim undangan untuk seleksi,” terangnya.

    Seperti diberitakan, kemarin sore seleksi pemain lokal Persibo dimulai dari pemain lokal hasil binaan kompetisi internal. Lebih kurang 30 pemain lokal yang ikut serta seleksi tersebut. (ade)

    [Reply]

  12. Andie
    August 4, 2009 at 5:00 pm #

    Terima kasih pak tono beritanya…

    [Reply]

  13. Andie
    August 4, 2009 at 5:07 pm #

    Ngemeng-ngemeng persibo uda brani adakan seleksi brarti dananya 6,5 dah turun p blm y?Ato dana pengengemblian yg d korup itu yg d pakai…?Ato da dana laen…Hanya manajemen yg tau..Qt cm bisa dukung sekuat Qt untk mencapai ISL jk Allah meridhoi…Ammmiiinnn..

    [Reply]

  14. prashommer
    August 4, 2009 at 7:24 pm #

    Weleh wes mambu korupsi iki…

    [Reply]

  15. Sigid JP
    August 12, 2009 at 10:38 pm #

    Uang Rp.2 M iku akeh Coy, mepet-mepet korupsi, suap atau kolusi?

    [Reply]

Leave a Reply