Penambahan Bangku Stadion Persibo Telan Rp 2 Miliar

Pemerintah Bojonegoro dan Manajemen Persibo Bojonegoro serius mengembangkan rehablitasi dan penambahan tempat duduk Stadion Letjen Soedirman. Anggaran yang diajukan sekitar Rp 2 miliar untuk tribun timur dan barat.

Anggaran Rp 2 miliar ini bisa dari berbagai sumber, mulai dari konsorsium PT Liga Primer Indonesia atau dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bojonegoro. Namun, untuk penambahan tempat duduk itu, Pemerintah Bojonegoro juga harus memastikan konsistensi kompetisi liga yang bergulir Oktober ini.

Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono mengatakan, soal penambahan kapasitas tempat duduk itu sebagai sesuatu yang mudah. Justru yang akan jadi soal, kata dia, jika tempat duduk Stadion Letjen Soedirman sudah ditambah, bagaimana nanti operasional perawatan, juga konsistensi liga yang bergulir bisa mendatangkan pemasukan tetap. “Kita siap, jika mengeluarkan anggaran untuk ini,” katanya kepada Tempo, Selasa, 4 Oktober malam.

Dia menyebutkan, masalah penambahan kapasitas tempat duduk ini sudah muncul satu tahun lalu, yaitu di awal lolosnya Persibo dari Divisi Utama ke ranah elite sepak bola, yaitu di Liga Super Indonesia (LSI) dan kemudian pindah ke Liga Primer Indonesia (LPI). Dalam perkembangannya, usulan untuk penambahan tempat duduk mulai dipikirkan. Harapannya, Stadion Letjen Soedirman bisa menjadi salah satu aset daerah yang menguntungkan.

Kemudian ketika kembali akan bergulir Liga Profesional, maka rencana untuk penambahan tempat duduk akan dimasukkan di agenda khusus. Nantinya, akan ada pembicaraan dari manajemen Persibo dengan tim dari Pemerintah Bojonegoro. “Model kerja samanya bagaimana, akan kita bicarakan,” ujar Setyo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Adi Candra mengatakan kapasitas tempat Stadion Letjen Soedirman ada 10 ribu orang dan 600 di antaranya untuk kursi VIP. Jika ada rencana tambahan tempat duduk, maka lokasinya di tribun sebelah timur dan barat dengan tambahan kursi 5 ribu atau total 15 ribu tempat duduk.

Avin Tee, Manajer Internal Audit AFC saat berkunjung ke stadion tersebut mengatakan, Stadion Letjen Soedirman cukup bagus, menyangkut pemeliharaan rumput, papan skor yang sudah digital, dan juga pendukung lainnya.(sujatmiko/tempointeraktif)