Penonton LPI Lebih Banyak Ketimbang Saat ISL

Manajemen Persibo Bojonegoro menglaim jumlah penonton Liga Primer Indonesia (LPI) lebih banyak dibanding saat gelaran Liga Super Indonesia (LSI). Selain itu, para penonton relatif tertib dan wasit lebih netral.

Menurut Sekretaris Panitia Pelaksana Persibo, Doni Bayu, dalam dua kali gelaran kandang laga LPI di Stadion Letjen Soedirman, penjualan tiket cukup memuaskan. Yaitu saat Persibo menjamu Batavia Union pada Minggu (9/1) dan dilanjutkan Persibo melawan Tangerang Wolves pada Sabtu (29/1) lalu.

Rata-rata setiap gelaran kandang, Panitia Pelaksana menyediakan sekitar 8.834 tempat duduk. Dengan rincian 8.000 untuk ekonomi dengan harga tiket Rp 15 rubu orang dan sebanyak 834 kursi di VIP seharga Rp 50 ribu. Dari dua pertandingan, jumlah tiket yang terjual di atas 70 persen. “Cukup untung,” kata Doni Bayu kepada Tempo, Mingu (30/1) siang.

Selain itu, lanjut Doni, penonton yang datang juga relatif terkoordinasi, rapi dan mudah diatur. Dicontohkan, penonton di kelas ekonomi—dari total 10.000 tempat duduk (tetapi panitia hanya menyediakan tiket 8834), tidak mempersulit aparat keamanan. Kemudian, netralitas wasit yang cukup terjaga. Diharapkan, gelaran LPI ini bisa menjadi contoh positif, mulai dari penonton, hakim garis dan wasit utama.
Komisaris Utama PT Persiapan Persibo Bojonegoro, Imam Sardjono mengatakan dari antusias penonton Persibo Bojonegoro cukup bagus. Prinsipnya, bahwa pemain Persibo bisa bermain bagus sepanjang gelaran LPI ini, dijamin dukungan akan tetap penuh.

Masalahnya, jika gelaran pertandingan hanya seperti ini (tampilan Persibo selama tiga kali di laga LPI), tentu kurang memuaskan. Karena, kemungkinan akan kalah dan tersalip prestasinya dengan para tim sepak bola lainnya di LPI. “Saya teus terang kurang puas, tampilan Persibo,” tegas Imam Sardjono pada Tempo, Minggu siang.
Selama tigga kali main, Persibo menang dua kali dan kalah satu kali. Yaitu saat menderita kekalahan di kandang sendiri dimana Persibo ditekuk Batavia Union 0-2 tanpa balas. Kemudian Persibo menang tipis 1-0 atas Bandung FC dan Persibo menang 2-0 atas Tangerang Wolves. “Masih biasa-biasa,” imbuhnya.

Untuk itu, manajemen akan meminta pelatih Sartono Anwar untuk terus mengevaluasi pemainnya. Apalagi gelaran LPI ini baru tiga kali main dari total 39 kali main. Padahal, tim ini mematok setidaknya masuk di tiga besar atau paling buruk lima besar di klasemen LPI tahun ini.(tempointeraktif.com)