Perbaikan Stadion Minggu Depan?

Minggu depan pembenahan Stadion Letjend Soedirman Bojonegoro bisa mulai dilakukan. Asal, pemenang tender proyek senilai Rp 2,45 miliar tersebut segera menyetorkan uang jaminan 5 persen.

Demikian diungkapkan oleh Sugyarto, pimpinan proyek (pimpro) perbaikan stadion kepada Radar Bojonegoro kemarin. Menurut dia, saat ini dinas kimpraswil setempat tinggal menunggu setoran jaminan dari PT Dallas Surabaya, yang ditetapkan sebagai pemenang tender tersebut. “Ya tinggal setor 5 persen dari nilai proyek sebagai jaminan saja. Kan sudah gak ada masalah,” katanya.

Setelah jaminan disetorkan kepada dinas kimpraswil, lanjut dia, surat perintah kerja (SPK) segera diterbitkan. Sebab, SPK hanya memerlukan tanda tangan dari kepala dinas kimpraswil.

Terkait fokus perbaikan stadion, dia mengungkapkan sasaran utamanya adalah lapangan stadion. Menurut dia, lapangan stadion di bagian tengah akan ditinggikan 50 centimeter (cm) dari kondisi sekarang. “Sementara yang di tepi akan ditinggikan

sekitar 40 cm dari yang ada sekarang. Tujuannya agar air bisa mengalir kesamping dan mudah pembuangannya,” tuturnya.

Namun, sebelum ditinggikan, lanjut dia, di bawahnya akan dibuat drainase terlebih dahulu. Ini untuk memudahkan penyerapan air yang menumpuk di lapangan saat terjadi hujan.

Dia menjelaskan, selain lapangan, renovasi juga dilakukan pada pagar pembatas lapangan dan penonton. Kedua bagian ini juga akan ditinggikan. Besi pagar dibuat lebih besar daripada saat ini. “Ukuran besi untuk pagarnya adalah 14, sementara tingginya 2-3 meter. Sehingga sulit dilalui,” tegasnya.

Kamar ganti pemain dan wasit, kata Sugyarto, juga bakal diperbaiki agar lebih standar. Yakni, pembuatan sistem pengairan di kamar ganti. Kemungkinan akan dibuatkan semacam sumur kecil. “Selama ini yang jadi masalah kan air saat ada pertandingan,” tegasnya.

Bagaimana dengan papan score dan bangku cadangan pemain? Dia mengatakan, dua item itu tidak termasuk dalam proyek ini. Kemungkian, dua item itu masuk dalam APBD mendatang. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)

No comments yet.

Leave a Reply