Perburuan Top Scorer, Lokal Berkuasa

Copa IndonesiaDi ajang kompetisi Indonesia Super League (ISL), pemain asing boleh berkuasa di daftar atas pencetak gol. Namun, hal itu tidak berlaku di pentas Copa Dji Sam Soe Indonesia (CDSSI) musim ini. Dua pemain lokal, Samsul Arif (Persibo) dan Rahmat “Poci” Rivai (Persitara), mantap memimpin daftar top scorer dengan masing-masing menorehkan delapan dan tujuh gol. Kans keduanya memboyong gelar sepatu emas amat besar karena sebagian besar pesaing timnya sudah gugur di ajang CDSSI.

Memang ada beberapa nama pemain yang memperkuat klub-klub kontestan babak 8 besar CDSSI yang bisa menyodok ke atas daftar pencetak gol. Namun, dengan tingkat persaingan yang kian ketat, mereka diragukan bisa dengan mudah menambah pundi-pundi gol. Bomber asing asal Persijap, Pablo Frances, yang sudah mengoleksi lima gol menyebut kecil peluangnya bisa mencetak banyak gol tambahan.

Kalaupun ada pemain yang patut diwaspadai bisa menyalip di tikungan, mereka adalah dua striker lokal, Rahmat Affandi (PSMS/ empat gol) dan Boaz Solossa (Persipura/ tiga gol). Produktivitas keduanya belakangan tengah menanjak, khususnya Boaz, yang menjadi salah satu kandidat kuat top scorer ISL. “Saya nothing to loose saja, bisa mencetak tambahan gol bagus, tidak pun tak menjadi soal. Lawan kami di babak 8 besar, PSMS, tim kuat, mereka tak mudah ditaklukkan. Begitu pula di semifinal nanti, kami sudah dinanti Persija atau Deltras,” kata Boaz.

Walau berada dalam posisi di atas angin, baik Samsul maupun Poci tak mau jumawa. Bagi mereka, menjadi yang tertajam di CDSSI merupakan prioritas kedua.

“Yang terpenting bagi saya adalah membawa tim kecil Persibo menjadi juara CDSSI musim ini. Saya ingin memberi kebahagiaan kepada masyarakat Bojonegoro sebagai penebus kegagalan kami promosi ke ISL,” ujar striker yang dipantau BTN untuk memperkuat timnas U-23 itu.

Poci pun senada. Dia lebih termotivasi mempersembahkan gelar juara bagi Tim Laskar Si Pitung sebagai pembalasan prestasi jeblok klub di ISL. “Saya tidak munafik, siapa pun ingin menjadi top scorer. Tetapi, prestasi pribadi saya kesampingkan terlebih dahulu,” kata bomber asal Ternate itu. (Ario Yosia/Sahlul Fahmi/Gatot Susetyo/* )

Daftar Pencetak Gol CDSSI
8 Gol Samsul Arif (Persibo Bojonegoro)
7 Gol Rahmat Rivai (Persitara Jakut)
5 Gol Pablo Alejandro Frances (Persijap Jepara), Cristian Gaston Castano (Persiba Balikpapan)
4 Gol Danilo Fernando (Deltras Sidoarjo), Varney Pas Boakay (Persibo Bojonegoro), Rahmat Affandi (PSMS Medan), Jimmy Suparno (Persela Lamongan), Mauro Gaston Benito (Persikabo Bogor)
3 Gol Johan Juansyah (Persijap Jepara), Leonardo Zada Martins Dineli (PSMS Medan), Boaz T. Salossa (Persipura Jayapura), Germain Bationo (Mitra Kukar Kartanagera), Dicky Firasat (Persela Lamongan), Ezequiel Gonzales (Persiba Bantul), Hilton Mauro Moreira (Persib Bandung)

*Tabloid Bola, Selasa 19 Mei 2009