Perjuangan Awal ke ISL

Babak 8 Besar Divisi Utama: Persipasi vs Persibo
Perjuangan Persibo Bojonegoro untuk meraih tiket Indonesia Super League (ISL) musim depan bakal dimulai nanti malam. Tim berjuluk Laskar Angling Dharma ini akan menantang Persipasi Bekasi di laga perdana putaran delapan besar divisi utama grup B di stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Pertandingan tersebut mulai digelar pukul 18.00, maju satu jam dari jadwal semula pukul 19.00. Bagi Persibo dan Persipasi, laga ini merupakan pertemuan pertamanya di kancah sepak bola Indonesia. Sebelumnya, kedua tim tersebut belum pernah bertemu di ajang Liga Indonesia ataupun liga amatir.

Meski belum pernah bertemu, pelatih Persibo Sartono Anwar sudah mengantongi kekuatan calon lawannya. “Kami pernah menyaksikan pertandingan Persipasi di televisi,” katanya kepada wartawan koran ini.

Menurut dia, laga nanti malam menjadi laga pembuka jalan bagi Persibo lolos ke semifinal divisi utama sekaligus bisa masuk ke ISL tahun depan. Karena itu, tidak ada pilihan bagi Aris Tuansyah dkk selain memenangi pertandingan.

Meski tidak bisa diperkuat stopper andalannya Steven Eko Kasangke, Sartono tak terlalu pusing. Pelatih yang suka bertopi itu sudah menyiapkan Slamet Sampurno sebagai pemain alternative. Kemampuan Slamet sudah teruji di ajang Piala Indonesia lalu. Sementara pemain lainnya tidak ada masalah. Mereka siap diturunkan melawan Persipasi.

“Kalau strategi ya umum saja. Kami main normal 15 menit pertama baru setelah itu lihat kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Sartono menilai Persipasi adalah tim kuat dengan kemampuan pemain yang merata. “Asalkan anak-anak main lepas dan tidak demam panggung kami optimistis menang,” kata Manajer Persibo Letkol Inf Taufik Risnendar saat dikonfirmasi terpisah.

Dia mengaku memahami beban berat tim Persibo untuk bisa menang nanti malam. Taufik berharap para pemain bermain dengan menunjukkan kemampuan maksimal.

Menurut dia, jika menang nanti malam, maka jalan menuju semifinal divisi utama akan lebih mudah. Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh wartawan koran ini, ada satu pemain Persipasi yang yang cukup dikenal. Dia adalah striker Arif Kurniawan, pemain Persibo musim lalu. (ade/yan)