Persebaya Ingin Hapus Sejarah Kelam

Persibo Bojonegoro seakan menjadi mimpi buruk bagi Persebaya Surabaya. Dalam dua kali pertemuan di ajang Divisi Utama Liga Indonesia musim 2008-2009, Persebaya selalu kalah. Green Force, julukan Persebaya, berpeluang besar menghapus rekor jelek itu dalam laga grup K babak 16 besar Piala Indonesia di Gelora 10 Nopember, Surabaya, sore ini.

Publik tentu tidak bisa melupakan kenangan pahit saat bentrok dengan Laskar Angling Dharma, julukan Persibo, musim lalu. Dalam dua kali pertemuan, Persebaya selalu keok. Pada laga perdana Divisi Utama di Gelora 10 Nopember tahun lalu, Persebaya berhasil dipecundangi Persibo 1-2. Sementara ketika Persebaya bermain tandang di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, Persibo juga bisa memukul Persebaya 3-2. Bahkan, dalam laga uji coba di Surabaya September 2009, Persebaya juga kalah 1-3.

Pelatih Persebaya Rudy William Keltjes bertekad menghapus sejarah kelam tersebut. Dia mengatakan, anak asuhnya siap bertarung dan memenangi pertandingan. Arsitek tim berusia 57 tahun itu juga tidak terganggu dengan fakta bahwa Persebaya selalu kalah saat melawan Persibo. “Ah, itu kan cerita kemarin. Yang saya tahu, saat ini anak-anak sangat siap mengalahkan Persibo,” katanya kemarin (8/5).

Mantan arsitek PSMS Medan tersebut mengakui bahwa Persibo adalah tim yang sangat bagus. Faktanya, tim asal Kota Ledre itu lolos ke babak delapan besar Divisi Utama musim ini. Persibo menjadi runner-up wilayah III di bawah Persiram Raja Ampat.

Persibo juga memiliki duo pemain asal Liberia yang sedang menanjak penampilannya, yakni Abel Ciellow dan Perry Sah Kollie. Sepanjang musim ini Ciellow dan Kollie sama-sama mencetak sebelas gol. Mereka menjadi yang tersubur di wilayah III.

Namun, dua pemain itu bukan sosok yang ditakuti Rudy. Menurut dia, Juan Marcello dkk bisa meredam agre­sivitas Ciellow dan Kollie. Rudy justru sangat mewaspadai sosok pelatih Persibo Sartono Anwar.

“Dia adalah pelatih idola saya. Sartono adalah pelatih yang jujur, bersih, dan ikhlas. Strateginya juga sangat jitu. Ini yang kami perhatikan,” jelasnya.

Meski demikian, Rudy yakin Persebaya bisa menang. Green Force juga tidak ingin mengulangi hasil buruk dalam laga perdana babak 32 besar melawan Persipro Probolinggo lalu (18/4). Saat itu Persebaya ditahan Persipro dengan skor 1-1.

Rudy menambahkan, kondisi semua pemainnya fit, termasuk lima penggawa asingnya. Hanya, sampai kemarin Rudy masih berdiskusi dengan staf pelatih soal pemain asing yang akan main. Namun, sangat mungkin Marcello, John Tarkpor, dan Jeon Byung-euk yang akan turun. Sedangkan Takatoshi Uchida dan Patricio “Pato” Morales disimpan.

Sementara itu, Sartono mengatakan bahwa timnya akan tampil lepas dalam pertandingan hari ini. Dia berjanji tampil menyerang. Persibo, kata Sartono, akan turun dengan kekuatan penuh. (nur/c9/diq/jpnn)

99 Responses to “Persebaya Ingin Hapus Sejarah Kelam”

  1. dilla
    May 9, 2010 at 11:09 am #

    semoga mimpi manis tetap berlanjut buat persibo…

    [Reply]

  2. Ali 69
    May 9, 2010 at 11:13 am #

    yakin…..
    Persibo 2 : 1 Persebaya

    [Reply]

    Stanly_86 Reply:

    bner kang prediksimu tp sayang kwalek…
    Persibo malah sing kalah…:-(

    [Reply]

  3. b0r0 pudLian "0range Army"
    May 9, 2010 at 11:18 am #

    live rcti

    [Reply]

    ardho Reply:

    jm piro kang

    [Reply]

  4. ardho
    May 9, 2010 at 11:24 am #

    jam piro yo maine kang?

    [Reply]

  5. b0r0 pudLian "0range Army"
    May 9, 2010 at 11:34 am #

    15.30 t0. . .

    [Reply]

  6. Danang
    May 9, 2010 at 11:41 am #

    Sugestiku mengatakan persibo pasti menang dan lolos 8 besar PI

    [Reply]

  7. tipe bunglon
    May 9, 2010 at 11:54 am #

    Allah’humma ya Allah berilah persibo kemenangan tuk hari ini & seteyusna Amin amin amin ya rob’bal a’lamin..
    Berjuang trus persibone wong bojonegoro….

    [Reply]

  8. Vienk‘z »BORO MANIA« Bogor
    May 9, 2010 at 11:58 am #

    PERSIBO 3 : 1 PERSEBAYA

    [Reply]

  9. The Boro "malaysia"
    May 9, 2010 at 11:59 am #

    Persibo pasti menang,
    al fatikhah….

    [Reply]

  10. GoNDRonG__e&
    May 9, 2010 at 12:01 pm #

    Jadwal berubah…!
    Pihak ke amanan surabaya tdk sanggup, kl PERSEBAYA main d mlm hari tkt hal2 tdk d inginkan…!
    Jadi jam : 18-30 wib
    di pindah____¿
    Jam : 15-30 wib sore nanti. Smg aja live RCTI.

    [Reply]

  11. BORO irul_iks@yahoo.co.id
    May 9, 2010 at 12:06 pm #

    Qun fayakun Allahuakbar…3x
    berikanlah kemenangan untk persibo sore nanti n strusnya

    [Reply]

  12. BORO irul_iks@yahoo.co.id
    May 9, 2010 at 12:11 pm #

    Bnr ta kang klo jdwale d ubh jd sore mainy

    [Reply]

  13. b0r0 pudLian "0range Army"
    May 9, 2010 at 12:18 pm #

    prsa.an wez enek kbar kaet dheg wingi l0w lak jdwaL.e d.ubah. . . !

    [Reply]

  14. a.m. itu bantul jogja
    May 9, 2010 at 12:22 pm #

    met brjuang kawan..
    Kami kamu bersaudara..

    [Reply]

  15. b0r0 pudLian "0range Army"
    May 9, 2010 at 12:26 pm #

    saudra salawase. . .

    [Reply]

  16. tanto batam
    May 9, 2010 at 12:35 pm #

    disiarkan gak iki?

    [Reply]

  17. mustof borocyber
    May 9, 2010 at 12:48 pm #

    walpun g bisa mendukung langsung..q disini tetap memakai orange..!
    Disiarno g disiaro podo wae g nduwe tipi q..!

    [Reply]

  18. b0r0 pudLian "0range Army"
    May 9, 2010 at 12:57 pm #

    kmgkinan bsar live rcti. . .
    s0.ale persib vs b0ntang tdi di iklan jm 22.00. . .
    n p.sibo jm 15.30. . .

    [Reply]

  19. bob's
    May 9, 2010 at 1:55 pm #

    [good news] bagi para pecinta persibo dimanapun berada… bagi yang tidak berkesempatan mendukung atau menonton langsung pertandingan PI.. RCTI akan menayangkan secara LIVE pertandingan PI antara PERSEBAYA vs PERSIBO mulai pukul 15:15 sore ini…semoga kita menang sore ini [sadabe]

    [Reply]

  20. SUWARNO cah tani lope PERSIBO
    May 9, 2010 at 1:59 pm #

    Semoga di live RCTI.
    Biar semua orang di muka bumi ini tahu n semakin mengakui bahwa PERSIBO Adalah
    “THE GIANT KILLER”

    salam satu pacul…

    [Reply]

  21. DI2K_GOMACO GP2600
    May 9, 2010 at 2:28 pm #

    nntn bareng sm boro madiun+nganjuk di pt.yasa sulsel…80% boro N 20% bonek

    [Reply]

  22. Stanly_86
    May 9, 2010 at 2:33 pm #

    ayo kang pd ndongo breng” supoyo persibo nti wkt maen menang amin…
    bravo persibo…

    [Reply]

  23. hertha
    May 9, 2010 at 2:39 pm #

    stadione rame, tapi boro ne mung sak ithik…
    tapi penting tetep ketok oranye ne…
    boro…boro…boro…
    pasti menang…
    yakin…

    [Reply]

    Stanly_86 Reply:

    boro nang tribun sebelah ndi kang?…

    [Reply]

  24. Stanly_86
    May 9, 2010 at 2:42 pm #

    d siarno istana g kang?…
    Q posisi krj g isa liat TV…

    [Reply]

  25. telon13+
    May 9, 2010 at 2:47 pm #

    selamat

    [Reply]

    Stanly_86 Reply:

    Selamat opo kang tel0n+13?

    [Reply]

  26. Stanly_86
    May 9, 2010 at 3:02 pm #

    ayo persiboku qm hrs menang tunjukn qm the Giant killer…
    aq yakin qm bisa…
    bravo persibo…

    [Reply]

  27. a.m. itu bantul jogja
    May 9, 2010 at 3:57 pm #

    b0r0mania ada yg hadir gag kawan ?.

    [Reply]

  28. Stanly_86
    May 9, 2010 at 4:24 pm #

    Skor smntr msih 0:0

    [Reply]

  29. Ganasht
    May 9, 2010 at 4:27 pm #

    Py ki

    [Reply]

  30. capt-arlan
    May 9, 2010 at 4:32 pm #

    skoooooorxx braaapa updet lg dunk

    [Reply]

  31. GoNDRonG__e&
    May 9, 2010 at 4:33 pm #

    Bbk pertama usai scor 0-0.

    [Reply]

  32. Swip_g "njArjo"
    May 9, 2010 at 4:42 pm #

    gol

    [Reply]

  33. Swip_g "njArjo"
    May 9, 2010 at 4:42 pm #

    goal

    [Reply]

  34. Swip_g "njArjo"
    May 9, 2010 at 4:44 pm #

    Goal kick mksud’e kang

    [Reply]

  35. Persibo – persebaya 1-0
    supriyono

    [Reply]

    Supatmo Cah Tani @ Bangkle Bulu Balen Bojonegoro Reply:

    Kwalik sing ki :-(

    [Reply]

  36. Persibo – persebaya 0-1
    supriyono

    [Reply]

  37. DI2K_GOMACO GP2600
    May 9, 2010 at 5:05 pm #

    2-0

    [Reply]

  38. boro boro
    May 9, 2010 at 5:08 pm #

    sayang sementara ketinggal 0 : 2 ayo cemangat..!

    [Reply]

  39. Swip_g "njArjo"
    May 9, 2010 at 5:11 pm #

    Ayo Persibo Jangan Loyo

    [Reply]

  40. Swip_g "njArjo"
    May 9, 2010 at 5:13 pm #

    JANGAN MENYERAH

    [Reply]

  41. Stanly_86
    May 9, 2010 at 5:17 pm #

    Kq kalah py to ki mw…
    Sugestine pd mlempeh kbeh…
    Msok mbh jo g iso nembus sby :-(…

    [Reply]

  42. SUWARNO cah tani lope PERSIBO
    May 9, 2010 at 5:19 pm #

    Tetap semangat

    [Reply]

  43. capt-arlan
    May 9, 2010 at 5:21 pm #

    scor scoorr

    [Reply]

  44. DI2K_GOMACO GP2600
    May 9, 2010 at 5:22 pm #

    2-1.ayo persibo bangkit

    [Reply]

  45. Stanly_86
    May 9, 2010 at 5:26 pm #

    Py to kq kalah ki, sugestine kq pd mlempem kbeh…
    M0sok mbh jo g iso mlebu sby ta kq kalah :-(…

    [Reply]

  46. NARODHO
    May 9, 2010 at 5:30 pm #

    Duh Dasilva terlalu lembek…

    [Reply]

  47. FANZ'
    May 9, 2010 at 5:31 pm #

    Kalah ga pa2, sing penting target ISL, 2 game selanjut di usahakan menang

    [Reply]

  48. SALAM
    May 9, 2010 at 5:34 pm #

    Aduh… Persibo kalah dengan Persebaya 2-1, tapi untuk Pesibo jangan sampai patah semangat, Bravo PESIBO lanjutkan perjuanganmu PAHLAWANKU dan tetap semangat…!

    [Reply]

  49. Stanly_86
    May 9, 2010 at 5:35 pm #

    Menit piro wisan?,..
    Y allah persibo menango…:'(

    [Reply]

  50. Adit wib
    May 9, 2010 at 5:41 pm #

    Alhamdulila gak ada keributan ditambak sari.areg2 boromania dsambud dgn baek oleh bonekmania.iso ndlok bal ambe rokokan bareng.
    lawan persib n bontang siap hadir lg,insya allah

    [Reply]

  51. aku
    May 9, 2010 at 5:44 pm #

    semua gol berawal dari kesalahan hamzah. maene korat karit. tp tetep I LOVE PERSIBO.

    [Reply]

  52. Stanly_86
    May 9, 2010 at 5:46 pm #

    Kalah skrg gpp yg p€nting dua laga brikutx vs bandung n b0ntang menang psti jg lolos 8 b€sar PI semagat trus…
    bravo persibo….

    [Reply]

  53. FANZ'
    May 9, 2010 at 5:49 pm #

    Sayap kiri kurang optimal, tp ttp salut permainan tanpa putus asa smp akhir, ini sinyal positif bbk 8 besar
    PERSIDAFON sayape maut

    [Reply]

  54. Stanly_86
    May 9, 2010 at 5:56 pm #

    PI bkn tujuan utama qt. Tp 8 besar divisi utama lolos ISL adlh tujuan utama qt…
    bravo persibo…

    [Reply]

  55. DI2K_GOMACO GP2600
    May 9, 2010 at 5:58 pm #

    akhirnya bs nntn

    [Reply]

  56. Stanly_86
    May 9, 2010 at 6:03 pm #

    Kang g enek r0mbongan ta wkt maen vs b0ntang n bandung?…

    [Reply]

  57. aku
    May 9, 2010 at 6:03 pm #

    tepuk tangan buat BLEDEX’Z orang bojonegoro pendukung persebaya. apakah kalian tidak bangga dengan tim kalian sendiri?

    [Reply]

    b0r0 pudLian "0range Army" Reply:

    issue t0k isine. . .

    [Reply]

    Stanly_86 Reply:

    Isuu,,, py kang boro pudlian?…

    [Reply]

    aku Reply:

    isu ndasem. tenan wi le. mau ono spanduk bledexz bojonegoro warna ijo. mangkel atiku

    [Reply]

    Haryo subeki Reply:

    ora usah mangkel!persibo dan persebaya sama aja!yang penting kita gak dukung lamongan….!

    b0r0 pudLian "0range Army" Reply:

    ndasem. . !

    [Reply]

    Stanly_86 Reply:

    Q bangga dgn persibo walaupun kalah. G kyk qm org dayun bjn tp pendukung persby…
    bravo persibo…
    ISL harga mati…

    [Reply]

    BORO pingir BENgawaN Reply:

    BORO…SAEJAti….
    BUKAN JANJI TAPI BUKTI

    [Reply]

    Haryo subeki Reply:

    dukung siapa aja gak masalah khan persibo dan persebaya saudara….!gitu aja repot…..

    [Reply]

  58. Stanly_86
    May 9, 2010 at 6:34 pm #

    Ndi enek w0ng bledex dayun to?…

    [Reply]

  59. Stanly_86
    May 9, 2010 at 6:46 pm #

    Kurang ajar tnan w0ng ndayun,..
    K0n dadi kabupaten dwe ng0n0 opo melok kab sby ae dr pd dkung p€rsbya…
    Ojo oleh melok kab bjnegoro isin-isini ae hehe :-D…
    bravo persibo goo,,, ISL

    [Reply]

    Haryo subeki Reply:

    ora usah mancing masalah yang penting persibo dan persebaya gak ada masalah…….!

    [Reply]

  60. aku
    May 9, 2010 at 7:00 pm #

    BLEDEX’Z pendukung p.baya, bertobatlah kamu. beralih PERSIBO

    [Reply]

    Stanly_86 Reply:

    Yo kang w0ng bledex tiap persibo maen d bjn boromania kl0 pulg d swiping d jln ry dayun balen…

    [Reply]

    Haryo subeki Reply:

    sweeping bukan karena boromania atau persibo tapi karena ada masalah antar pemuda sebelumnya !mohon di klarifikasi….kita cinta damai…..!kita tetep bangga dengan persibo,apa salahnya kita dukung persebaya karena sejak dulu jg pendukung persebaya…….!dan antara persebaya dan persibo jg gak ada masalah……….!

    [Reply]

  61. Stanly_86
    May 9, 2010 at 7:03 pm #

    Tol0ng yg tw hsil Smntr bandung vs bontang jg cpt” d updet

    [Reply]

  62. FANZ'
    May 9, 2010 at 7:16 pm #

    Wes kang sing sabar ojo memperkeruh suasana yg penting kt ttp dkg PERSIBO
    tak konconi dukung teko pasuruan tgl 18 siap budal

    [Reply]

    Stanly_86 Reply:

    Yo kang smpek tuwek…
    Smpek elek…
    Smpek matek dukung persibo…
    bravo persibo goo… ISL

    [Reply]

    BORO pingir BENgawaN Reply:

    MAS fans…aku njalok no peaN …jarno nek budal iso bareng2..ki noQ 081231223342…

    [Reply]

  63. aku
    May 9, 2010 at 7:19 pm #

    atiku loro bukan gara gara persibo kalah. tp karena bledexz yang gak punya jiwa kebanggan trhadap bojonegoro ‘persibo’

    [Reply]

    Haryo subeki Reply:

    awakmu cik gobloke!antara persibo dan persebaya gak ada masalah…tetap saudara!itu membuktikan antar boromania dan bonek saudara…..

    [Reply]

  64. capt-arlan
    May 9, 2010 at 7:33 pm #

    gk pa2 bru pmnasan

    [Reply]

  65. Anoman
    May 9, 2010 at 7:53 pm #

    Aq budhal Mulih Yo Bareng BONEK!
    TAPI Tetap Memakai KaoS Kebesaran Boromania…
    Angling Dharma tetap dihati!
    kalah menang bukan masalah,sportifitas tetap yg utama!
    BOROCYBER slalu hadir dn tak prnah absen dmnapun PERSIBO berada!

    [Reply]

  66. Cuplli
    May 9, 2010 at 8:14 pm #

    Persijap persiba bantul 0-0

    [Reply]

    bob's Reply:

    0-1 seto nurdianto

    [Reply]

  67. Adit wib
    May 9, 2010 at 8:17 pm #

    Lha kok usrek karepe dwe.styp indvdu brhak memilih tim mana yg dy jago..
    santai wae,g usa gae keributan.malah memperkeruh suasana.
    ojo lali ndlok chelsea vs wigan live tvone jam 10.penentuan juara epl.

    [Reply]

  68. aku
    May 9, 2010 at 8:51 pm #

    KEJUTAN YANG TERTUNDA

    [Reply]

  69. mustof borocyber
    May 9, 2010 at 8:54 pm #

    persib bontang 4.1 gonzales 3

    [Reply]

  70. Gix boromania makassar
    May 9, 2010 at 9:01 pm #

    Itu tandax bledex itu banci,ngisin2ni wong bojonegoro,walaupun q diperantauan hatiq tetap cinta persibo.

    [Reply]

    Haryo subeki Reply:

    sing apik nek ngomong…bledexz gak banci justru itu yang memperlihatkan bahwa persebaya dan persibo saudara…..!soal kalah menang itu sudah biasa bahkan persebaya kalahpun kita supporter bojonegoro jg tetep aman…bener gak?

    [Reply]

  71. Swip_g "njArjo"
    May 9, 2010 at 9:26 pm #

    Maju tEruzZ PERSIBO_KU.
    Go ISL…..!!!

    [Reply]

  72. b0r0 pudLian "0range Army"
    May 10, 2010 at 12:37 am #

    chelsea 8 wigan 0. .

    [Reply]

  73. Stanly_86
    May 10, 2010 at 4:29 am #

    Slmt pg…
    Shubuh-shubuh…
    ayo pd sholat…

    [Reply]

  74. b0r0 pudLian "0range Army"
    May 10, 2010 at 7:28 am #

    ndang p0d0 melek. .

    [Reply]

  75. Iswan_Setia BORO "ORANGE" zhale
    May 10, 2010 at 7:31 am #

    Aq mengenal nama BLEDEX’Z udah lama,,, sjak dvisi 2. Tp baru kali ini aq liat nama BLEDEX’Z berkibar dgn spanduk Hijau.,,, dan bukan Orang’e…
    Aq kira BLEDEX’Z ber identitas BORO, tp trnyata mreka BONEK.
    Apa krna takut…???
    Ataukah mreka mmang ingin EXIS karna anarkisme,,, dgn cara mnjadi Bonek…??

    Tp gpp lah,,, smua org brbeda-beda…

    Aku akan tetap cinta “PERSIBO”,,, terserah apa kata mreka…!!!

    [Reply]

  76. Iswan_Setia BORO "ORANGE" zhale
    May 10, 2010 at 7:36 am #

    Bru prtama kali liat yg nama’a BLEDEX’Z,,, mmbuat hati agak miris…
    Ohw,,, sungguh menyayangkan..!!

    Tapi sing jelas,,, sokmben nek aq ora dadi wong BJN maneh,,, opo maneh aq dadi warga italy,,atau inggris.
    Aq ttp BORO MANIA nyeel…
    Tp mugo” aq dadi wong BJN sak matek’e…
    Amien.

    [Reply]

  77. cah ndayun@jakarta
    May 10, 2010 at 9:58 am #

    jgn menyalahkan kita sebagai pemuda ndayun,,
    g semua jg kyk gt,,, msh bnyk jg pemuda ndayun yg cinta persibo,,,!!!
    menurut saya sah2 aja mereka mau dukung sapa aj,, seperti kita yg fanatik ma arema, persipura, persib atau persija,,,!!
    dulu sebelum persibo lahir sebagian besar pemuda ndayun sudah menjadi suporter fanatik persebaya, datang ke surabaya atau ke jakarta, misal pas final persebaya musuh bandung raya di senayan di jakarata, itu sudah hal biasa bagi kita warga margumulyo dan bukan hal yg luar biasa.
    bagi sebagian dari kita mungkin mereka sudah mendarah daging dengan hidup nya. yg tinggal di surabaya atau yg msh tinggal di margomulyo,,,,!
    AKU BANGGA SEBAGAI anak BLEDEX’Z MEDAJOEN

    [Reply]

  78. bledexz_jakarta
    May 11, 2010 at 12:18 am #

    Betul tuh kang… kita ‘BLEDEX’Z’ cah margomulyo yg ada diperantauan (jakarta) sll berharap kapan bisa menyaksikan PERSIBO main disenayan, betapa bangganya atribut ‘BOROMANIA’ bisa menghiasi tribun GBK.

    [Reply]

Leave a Reply