Persiapan Capai 80 Persen

Persiapan tim Persibo Bojonegoro menghadapi Piala Indonesia maupun babak delapan besar kompetisi Divisi Utama sudah mencapai sekitar 80 persen.

“Ya secara teknik, fisik maupun kerja sama tim,” kata pelatih Persibo, Sartono Anwar.

Dia menuturkan, hal tersebut merupakan hasil evaluasi latihan yang dilakukan tim pasca babak penyisihan grup beberapa waktu lalu. Menurutnya, tim yang akan dihadapi di Piala Indonesia adalah tim yang levelnya diatas Persibo. Dia menuturkan, Persik Kediri dan Persitara yang berada satu grup merupakan tim yang levelnya satu tingkat diatas Persibo. “Karena mereka berada di Superliga, sementara kita di Divisi Utama,” tutur pelatih kawakan itu.

Mantan pelatih timnas itu mengatakan, ada strategi khusus yang saat ini terus diasah. Dia menjelaskan strategi tersebut adalah strategi menghadapai lawan yang levelnya lebih tinggi. Strategi yang dimaksud adalah strategi berani lelah. Dia menjelaskan untuk berani lelah ini tidak boleh dilakukan satu atau dua pemain saja. “Tapi harus semua pemain. Intinya adalah kekompakkan tim. Ini memang lazim dilakukan sebuah tim dan kami hanya mengasahnya saja,” tutur mantan pelatih PSIS Semarang itu.

Menurutnya, menghadapai tim dengan teknik tinggi dan level diatas Persibo harus mengutamakan kekompakkan. Karena itulah, dia sudah meminta seluruh pemain dan elemen Persibo lainnya tetap menjaga kekompakkan.

Sementara itu, asisten pelatih Persibo Bambang Pramuji menjelaskan selama di Blitar tim Persibo akan menginap di Hotel Patria. Sedangkan untuk laga di Kediri, dia menuturkan belum ada keputusan. “Kami tunggu konfirmasi dari panitia lokal disana,” tutur mantan pemain Persibo itu.

Bambang menjelaskan, tim Persibo akan berangkat ke Blitar Kamis (15/4) lusa. Selanjutnya, Minggu (18/4) akan bergeser ke Kediri dan Selasa (20/4) balik lagi ke Blitar. “Karena itu kondisi pemain harus tetap dijaga,” imbuhnya.

Sementara itu, sore kemarin skuad Persibo masih melakukan latihan rutin di Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro. Latihan tersebut dipimpin langsung pelatih Sartono Anwar. Menu utama latihannya adalah game dan taktik yang diselingi fisik. (ade/wid/jpnn)