Persibo 1 vs Persela 0 : Persibo Singkirkan Persela

Persela Lamongan harus menerima kenyataan. Tim yang berstatus sebagai juara bertahan Liga Jatim Piala Gubernur itu harus pulang lebih awal pada perhelatan tahunan ini. Pil pahit tersebut harus diterima tim yang bermarkas di Stadion Surajaya tersebut, karena pada laga ketiga Grup I di Stadion Kanjuruhan, Malang, kemarin (22/5), mereka menyerah 0-1 dari Persibo Bojonegoro.

Kekalahan tersebut, membuat Persela harus puas menduduki posisi juru kunci di Grup I. Sebab, dari tiga kali main, Persela hanya mampu mengumpulkan 3 angka dari sekali menang dan dua kali kalah.

Sedangkan Persibo melejit menjadi pimpinan klasemen dengan raihan 5 poin dari dua kali seri dan sekali menang. Peringkat kedua diduduki Mitra Kukar dengan 4 poin dari sekali menang, sekali seri dan sekali kalah. Tuan rumah Arema Malang menduduki posisi ketiga meski mengumpulkan nilai sama dengan Mitra. Itu karena tim arahan Bambang Nurdiasnyah tersebut kalah selisih gol dari Mitra.

Pelatih Persela M Basri, menagku cukup kecewa dengan kegagalan Persela lolos ke babak selanjutnya. “Kami kurang beruntung pada laga penentuan ini. Padahal, inisiatif serangan lebih banyak pada kami,” papar pelatih yang telah mengikuti kursus lisansi A tersebut. “Anak-anak belum padu, penyelesaian pun tak maksimal. Akibatnya, kami harus menerima kenyataan ini,” sesalnya.

Pada laga Persela kontra Persibo tersebut, Laskar Joko Tingkir (julukan Persela, Red.) memang lebih banyak membahayakan gawang Persibo yang dikawal Dwi Kuswanto. Absennya penyerang andalan mereka, Marcio Souza karena akumulasi kartu, sebenarnya tak memengaruhi daya dobrak John Scarlet dkk. Persela yang memang unggul secara kualitas teknis pemain, mendominasi jalannya laga.

Sayang, karena terlalu asyik melakukan penyerangan, tim asal Kota Soto tersebut lalai mengamankan pertahanan. Akibatnya, pada menit ke-55, legiun asing Persibo asal Kamerun, Abel E. Quron berhasil menceploskan bola ke gawang Persela. Dia mengecoh bek Persela, Sunar Sulaiman sebelum menyarangkan bola ke gawang tim yang dimanajeri Bupati Lamongan M. Masfuk itu. “Ini adalah kemenangan yang patut disyukuri. Kami sukses mengalahkan juara bertahan sekaligus menjadi juara grup,” ujar Gusnul Yakin, pelatih Persibo. (nar/idi/jpnn/ko)
(Sumber : Jawapos)