Persibo Belum Aman

Meski mengungguli tamunya Persedikab Kediri dengan skor 1-0, posisi Persibo Bojonegoro untuk lolos ke Divisi Utama PSSI belum aman. Karena itu, pertandingan kandang terakhir melawan Gresik United (GU) Kamis, 16 Agustus nanti bisa menjadi penentu lolos tidaknya tim Laskar Angling Dharma itu ke divisi utama.

Pada saat Persibo melawan GU nanti dua rival terdekat Persibo, yakni PSIR Rembang dan Persiba Bantul akan bertarung di kandang PSIR. Jika salah satu di antara dua tim itu kalah dan pada pertandingan melawan GU nanti, Persibo menang, maka bisa dipastikan Persibo lolos ke divisi utama.

Namun, jika PSIR Rembang dan Persiba Bantul bermain imbang, meski Persibo menang atas GU nasibnya masih menunggu hasil pertandingan berikutnya.

Sementara itu, laga melawan GU nanti terasa berat bagi Persibo. Sebab, GU dipastikan ngotot karena tim ini juga memiliki kans untuk lolos ke divisi utama, meski tipis. Kans ini terbuka karena dalam laga kemarin GU mampu membungkam tuan rumah Mojokerto Putra dengan skor 0-1. Dengan demikian, GU kini mengemas 29 poin.

Kemenangannya kemarin dipastikan membuat semangat anak asuh Sanusi Rahman tersebut membubung tingi jelang lawan Persibo. Sementara Persibo masih dihadapkan pada cederanya sejumlah pemain pilar.

Buntut cederanya sejumlah pemain pilar, serta ada yang terkena akumulasi kartu kuning, saat menjamu Persedikab kemarin Persibo tampil dengan formasi darurat. Hal ini membuat penampilan tim kebanggaan warga Kota Ledre itu jauh dari yang diharapkan. Bahkan, di bangku cadangan dari enam jatah pemain cadangan yang terisi cuma lima. Ini menambah sulit Persibo dalam menentukan formasi permainan.

Sebenarnya tim dengan kostum kebesaran oranye itu mampu unggul lebih dulu pada menit ke-15 babak pertama. Yakni,. setelah sebuah umpan silang dari sisi kanan diselesaikan dengan sontekan dada oleh Awono. Namun, setelah itu Persibo seperti kehilangan gaya permainannya. Bola-bola lambung umpan dari pemain belakang begitu mudah dipatahkan pemain lawan.

Sementara itu, Persedikab yang posisinya di klasemen sementara jauh di bawah Persibo mampu mengimbangi permainan. Seperti Persibo, Persedikab mempunyai sejumlah peluang mencetak gol, Namun, sampai babak pertama berakhir kedudukan tetap 1-0 untuk tuan rumah. Memasuki babak kedua, untuk mengatasi kebuntuan lini tengah yang menggunakan formasi darurat dengan menempatkan Ronny di tengah, Pelatih Persibo Gusnul Yakin melakukan perubahan. Ronny kemudian digantikan Ali Usman yang belum fit 100 persen setelah sakit. Namun, segudang problem masih mendera di lini tersebut.

Apalagi, dalam pertandingan kemarin dereten pilar Persibo yang cedera kian panjang. Awono yang terpincang-pincang di tengah lapangan pun dipaksa main hingga pertandingan usai.

Sementara pada menit ke-78 Joko Sugiarto harus digotong keluar lapangan setelah berbenturan dengan pemain lawan. Namun, sampai dengan berakhirnya seluruh pertandingan, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Persibo tak berubah.

Pelatih Persedikab Nurbiyanto usai pertandingan menjelaskan, pertandingan berjalan menarik sehinga enak ditonton. Menurut dia, kedua tim memiliki peluang yang sama. “Kami juga punya peluang,” katanya.

Hanya, lanjut dia, anak asuhnya bermain kurang tenang, sedangkan Persibo yang didukung penonton lebih beruntung dari tim yang dipolesnya. “Tapi anak-anak-bermain cukup bagus meski di kandang lawan,”ungkapnya.

Sementara itu, Pelatih Persibo Gusnul Yakin menilai pertandingan tersebut paling berat. Selain absennya sejumlah pilar, posisi Persedikab yang sudah tak menentukan lagi menjadikan mereka bermain lepas. “Sementara kita terbebani harus menang dengan pemain yang ada,” katanya.
(Sumber : Radar Bojonegoro / Website Pemkab Bojonegoro)

3 Responses to “Persibo Belum Aman”

  1. oye
    August 14, 2007 at 10:57 pm #

    maju terus cah!!!

    [Reply]

  2. reza
    August 15, 2007 at 10:33 am #

    semangat cah!!!!
    wis ga usah grogi ngadepi GU. main sing tenang ae, ga usah terbebani. ingat kita main di kandang. do’aku selalu menyertaimu..
    BRAVO PERSIBO, FORZA PERSIBO

    [Reply]

  3. gal
    August 16, 2007 at 6:06 pm #

    hariiiii ini penentuanx!!!!

    [Reply]

Leave a Reply