Persibo Boleh Main di Kandang

Harapan publik di Kabupaten Bojonegoro untuk menyaksikan tim kesayangannya bermain di kandang sendiri akhirnya kesampaian. Setelah kedatangan tim verifikasi kemarin siang sampai sore hari, Badan Liga Indonesia (BLI) mengesahkan Stadion Letjen H Soedirman, sebagai home ground Persibo Bojonegoro di Indonesia Super League (ISL) 2010/2011.

Data yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, Kamis (4/11/2010) menyebutkan, kepastian itu diperoleh setelah menejemen Persibo Bojonegoro mendapat faksimili dari PT Liga Indonesia. Pada surat bernomor 0200/A-02/BLI-3.1/XI/2010 tertanggal 3 November 2010 dan ditandatangani langsung oleh CEO BLI Joko Driyono menyebutkan, ada dua item yang menyebutkan bahwa BLI menyatakan stadion kebanggaan warga Bojonegoro tersebut layak untuk menggelar laga kandang.

Hanya saja, kelayakan tersebut dengan catatan ada beberapa perbaikan-perbaikan sebelum tanggal 10 November atau sehari sebelum pertandingan digelar melawan Bontang FC. Di antara perbaikan yang dimaksud dan ada pada rekomendasi BLI adalah pembenahan di ruang ganti pemain, ruang wasit, ruang pengawas pertandingan, ruang medis, ruang press confrence dan tempat kamera master TV.

Tidak hanya itu saja, rumput lapangan harus dipupuk, meratakan lapangan, bench pemain, tempat wasit cadangan, lampu stadion, scoring board dan pembenahan lorong pemain menuju ke lapangan. “Pada intinya, kami bersyukur bisa bertanding di rumah sendiri,” kata menejer Persibo Bojonegoro, Letkol Inf Taufiq Risnendar.

Diterangkan, selain melakukan serangkaian percepatan pembenahan, Laskar Angling Dharma selaku tuan rumah harus dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Termasuk tim tamu, pengelola stadion, aparat keamanan dan Pengprov PSSI Jatim,” sambungnya.

Ditanya persiapan sejauh ini? Taufiq menjelaskan, pada intinya pihaknya tidak mempermasalahkan. Sebab, selama ini manajemen, panpel dan Pemkab Bojonegoro sudah siap, jika sewaktu-waktu pertandingan di gelar di Kota Ledre.

Panpel Rapatkan Barisan
Setelah dipastikan bermain di kandang sendiri, Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro, saat menjamu Bontang FC, panpel langsung merapatkan barisan. Koordinasi dengan beberapa pihak pun mulai dilakukan.

Setelah itu, manajemen dan juga panpel langsung mengundang sejumlah elemen untuk rapat di mess Persibo Bojonegoro di Jl. Untung Suropati. “Memang benar, semuanya telah kami persiapkan dengan matang dan panpel siap menggelar pertandingan,” kata Sekretaris Panpel Persibo, Donny Bayu Setiawan, kepada beritajatim.com.

Dikatakan, panpel juga telah melayangkan izin keamanan ke Polres Bojonegoro dan memproses secara langsung ke Polda Jatim. Tidak hanya itu saja, segala sesuatu mengenai pembenahan-pembenahan di stadion dan perangkatnya, telah dikoordinasikan dengan Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

“Pada intinya, kami bersyukur dan siap melaksanakan pertandingan pertama di kandang pada musim Indonesia Super League (ISL) 2010/2011,” tegasnya.(dul/but/beritajatim.com)